Berakhirnya bulan Ramadhan, disambut dengan perayaan hari raya Idul Fitri sebagai momen kemenangan. Perayaan ini biasanya dilengkapi dengan berbagai macam jenis makanan dan minuman, mulai yang bercita rasa manis sampai gurih. Tentunya, sejumlah kudapan tersebut sangat menguggah selera ya.

Usai berpuasa satu bulan penuh, bukan berarti kamu boleh langsung makan sembarangan, lho. Mengapresiasi diri dengan makan sebebasnya – bukanlah hal tepat yang dilakukan saat lebaran. Karena, justru kesehatan tubuhmu akan terganggu.

Alangkah baiknya, kamu tetap menerapkan pola makan yang sehat selama merayakan hari lebaran. Selain itu, terapkan pula batasan – agar tidak makan secara berlebihan. Nah, tak hanya itu saja, ada sejumlah tips lain yang dapat dilakukan, untuk menjalani pola makan sehat saat lebaran.

Penasaran apa saja tips tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Yang Pertama, Buatlah Target

Credit Image - doyanresep.com

Hal pertama yang mesti dilakukan, yaitu buatlah target. Seperti diketahui, makanan tinggi lemak, protein, dan karbohidrat – sudah pasti akan tersedia di rumah saat merayakan hari lebaran. Wah, sejumlah makanan tersebut, sepertinya sulit untuk ditolak, kan?

Namun, bagi yang punya kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes – atau justru sedang dalam program diet, sebaiknya batasi konsumsi beberapa jenis makanan tersebut dan usahakan untuk menahan diri. Jadi, buatlah target makanan yang boleh kamu konsumsi – dan batasi asupan yang lainnya!

 

Tahan Napsu Makanmu

Sudah menjadi tradisi, ketika hari raya Idul Fitri makanan akan berlimpah, bahkan ada berbagai jenis makanan yang akan kamu temukan di rumah. Hal ini tentu membuatmu ingin mencoba semua kudapan tersebut. Sebenarnya, boleh saja kok mencicipi – asal jangan berlebihan ya.

Ketika merasa ingin menyantap semua hidangan yang tersedia – cobalah untuk menahannya dengan mengalihkan pikiran dan fokus. Misalnya, kamu dapat mengobrol dengan keluarga, atau melakukan aktivitas bersama sanak saudara. Sehingga, napsu makan pun dapat terkendali, dan kesehatan tetap terjaga selama lebaran.

 

Makan Secara Perlahan dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Credit Image - id.berita.yahoo.com

Banyaknya hidangan saat lebaran, membuatmu menjadi lebih sering ngemil – hingga mencoba berbagai makanan yang tersedia. Untuk itu, sebelum makan, ada baiknya mengisi piring dengan makanan yang benar-bbenar ingin dikonsumsi. Ingat, ambil makanan dengan jumlah yang sesuai, kemudian makan secara perlahan.

Jika kamu sudah menghabiskan makanan tersebut, jauhkan piring kosong supaya tidak muncul keinginan untuk mengisi ulang piring – tentunya, dengan mengambil makanan yang lain. Dengan menerapkan tips ini – makan berlebihan pun dapat dihindari, lho.

 

Jangan Lupa, Tetap Makan Sayur!

Walaupun banyak kudapan nikmat selama lebaran, tapi bukan berarti kamu boleh melupakan asupan sayuran ya. Seperti diketahui, sayur dapat memberikan rasa kenyang dengan cepat, sebab mengandung serat tinggi. Hal ini juga dapat bantu menghindari makan secara berlebihan saat lebaran.

Tapi, sebaiknya pilihlah sayuran yang tidak diolah dengan santan – namun, jika tersedia yang bersantan, maka batasi konsumsinya ya. Secara alami, santan memang tidak mengandung kolesterol, namun kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi – jadi, tetap dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan.

 

Makan Menggunakan Piring Kecil

Credit Image - food.detik.com

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan piring kecil – untuk bantu pertahankan pola makan yang sehat selama lebaran, dan tentunya menghindari makan secara berlebihan. Meski terlihat sepele, namun tips yang satu ini sangat efektif.

Makan dengan menggunakan piring kecil akan membuatmu makan dalam porsi yang sedikit pula. Selain menghindari risiko perut begah, hal ini juga dapat mencegah kolesterol naik, lho. Jadi, sudahkah kamu menerapkan trik makan tersebut?

 

Hindari Pula Minuman Manis

Selain aneka makanan yang tinggi akan lemak dan kolesterol – hidangan minuman manis, seperti soda dan sirup biasanya akan selalu tersedia selama perayaan hari lebaran. Sudah pasti, kudapan yang satu ini juga paling sulit untuk dihindari ya. Apakah kamu setuju?

Sebenarnya, sah-sah saja mengonsumsi minuman manis, asalkan dalam jumlah yang cukup. Lagi-lagi, kamu mesti menjaga konsumsi minuman manis agar tidak terlalu banyak. Sebab, jenis minuman ini tinggi akan gula – yang dapat menyebabkan terjadinya penimbunan kalori, lho.

 

Tetap Lengkapi Kebutuhan Vitamin dengan Konsumsi Suplemen

Credit Image - helpguide.org

Ingin kesehatan makin optimal di momen lebaran? Pastikan kamu juga sudah mencukupi kebutuhan vitamin harian yang dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen.

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C tablet mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kemudian, kandungan Vitamin B Kompleksnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi – dapat diubah menjadi sumber energi. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lemas ya!

Nah, untukmu yang ingin perlindungan ekstra – direkomendasikan minum Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan, bagi kamu yang punya rutinitas padat, disarankan mengonsumsi Enervon Active, yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk membantu jaga stamina agar tidak mudah lelah – serta menjaga daya tahan tubuh.

 

Nah, itulah ketujuh tips yang dapat kamu terapkan untuk mempertahankan pola makan sehat selama momen lebaran. Jadi, apakah kamu sudah melakukan sejumlah trik di atas?

 

 

Featured Image - qraved.com

Source - haibunda.com