Meskipun merayakan lebaran di rumah, tentu saja kamu masih tetap mengonsumsi berbagai makanan bersantan, olahan daging, hingga camilan kue kering. Memang, sejumlah makanan tersebut paling sulit untuk ditolak – apalagi, hanya ada saat lebaran saja. Apakah kamu setuju?

Namun, harus berhati-hati, mengonsumsi makanan tinggi kolesterol selama lebaran – tentunya dapat memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh, lho. Bahkan, tak jarang pula hal ini bisa membuat sistem imun tubuh melemah, sehingga kamu menjadi mudah terserang penyakit.

Perlu diingat bahwa di masa pandemi Covid-19, penting sekali untuk menjaga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima. Dengan demikian, risiko terinfeksi virus pun lebih rendah ya. Lantas, cara apa saja sih yang mesti dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga usai lebaran?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini ulasan lengkapnya. Silahkan baca sampai habis ya!

 

 

Tetap Konsumsi Makanan Bergizi

Credit Image - mhomecare.co.id

Hal pertama yang paling mudah, namun efektif untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Diketahui, makanan merupakan sumber energi dan nutrisi untuk tubuh – asalkan, kamu memilih jenis makanan yang tepat.

Selain itu, makanan yang bernutrisi tinggi dapat menjaga organ tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mendukung sistem kekebalan – terutama, asupan yang tinggi akan Vitamin C, Vitamin B Kompleks, maupun mineral berupa Zinc.

Jadi, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral tersebut, misalnya jeruk, jambu biji, pepaya, daging merah, telur, ikan, brokoli, dan bayam.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh usai lebaran juga termasuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, lho. Tak hanya dapat menghilangkan dahaga, minum air putih yang cukup – juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan tubuh, serta membantu produksi pembentukan plasma darah.

Air putih juga berperan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh, serta membantu mengeluarkan sisa-sisa zat yang tidak diperlukan. Nah, jika kamu kekurangan cairan – organ tubuh tidak bisa berfungsi secara efektif, termasuk sistem kekebalan.

Tapi, kebutuhan air setiap orang berbeda- beda, tergantung dengan usia atau aktivitas yang dilakukan. Kisaran air yang harus dipenuhi anak- anak dan orang dewasa setiap hari adalah 1200 ml hingga 2000 ml – atau setara dengan 8 gelas per harinya.

 

Miliki Tidur yang Berkualitas

Credit Image - money.kompas.com

Sebagian dari kamu pasti sudah tahu bahwa tidur yang berkualitas – menjadi hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk meningkatkan sistem imunitas. tidur merupakan waktu yang tepat bagi organ tubuh untuk beristirahat, sekaligus melakukan regenerasi.

Lantas, bagaimana jadinya kalau tubuh kekurangan waktu istirahat? Meski diwaspadai, kebiasaan ini dapat membuat tubuh tidak berfungsi secara optimal, dan akibatnya sistem kekebalan pun akan ikut melemah.

Biasanya, ketika puasa hingga lebaran waktu tidur cenderung berantakan. Agar tidak terjadi terus-menerus, cobalah untuk mengatur kembali waktu tidur dan bangun ya. Lalu, hindari juga berbagai aktivitas yang dapat mengganggu kualitas istirahat, seperti menggunakan gadget, atau makan di jam yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

 

Rutin Berolahraga

Ingin kesehatan tubuh semakin terjaga sehabis lebaran? Jangan lupa, untuk tetap melakukan olahraga secara rutin ya! Ketika puasa dan libur lebaran – mungkin kamu mengambil libur berolahraga, nah hal ini seringkali membuatmu malas untuk memulai kembali.

Untuk membangkitkan kembali semangat berolahraga, cobalah perlahan bangun kembali motivasi. Ingat, olahraga merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. Disarankan, untuk melakukan kegiatan fisik ringan selama 30-60 menit – setidaknya sebanyak 305 kali dalam seminggu.

Olahraga dapat bantu merangsang produksi hormon dopamine yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati, sehingga kamu merasa lebih bahagia. Selain itu, hormon tersebut juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

 

Lengkapi Dengan Konsumsi Multivitamin

Credit Image - sehatq.com

Agar kesehatan tubuh semakin terjaga, selain menerapkan sejumlah tips di atas – kamu juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi multivitamin. Lalu, suplemen apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat minum multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan vitamin lengkap, yaitu yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat mengoptimalkan proses metabolisme, lho. Sehingga, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi – dan tentunya tahan lebih lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh gampang capek ya!

Konsumsi Enervon-C baik yang dalam bentuk tablet dengan kandungan 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan mampu berikan perlindungan ekstra terhadap tubuh, apalagi buatmu yang sudah sering bepergian ke luar rumah.

Dan, untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Itulah kelima tips yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh usai lebaran – termasuk bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, sudahkah kamu menerapkan sejumlah kiat di atas?

 

 

Featured Image - genpi.co