Tahukah kamu bahwa berkarir sebenarnya tidak hanya terkait dengan kualitas diri seseorang? Tentunya, dalam memiliki jenjang karir cemerlang, dibutuhkan hal lebih dari itu. Seorang pekerja mesti bisa membangun hubungan kerja – atau disebut juga networking. Sudah pasti, hal tersebut bisa memberikan berbagai manfaat baik dalam dunia kerja.

Mungkin saja, sebagian besar darimu sudah membangun hubungan kerja yang baik – entah dengan atasan, rekan kerja, hubungan kerja di luar kantor seperti saat mendatangi event tertentu, atau bahkan dengan klien.

Lalu, sudah tahukah kamu mengapa banyak orang yang ingin sekali punya banyak hubungan kerja? Memangnya, apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dari hal tersebut? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Dapat Membantu Satu Sama Lain

Credit Image - arisbudiman.com

Manfaat pertama dari hubungan kerja – yang mungkin sudah kamu ketahui, yaitu dapat saling membantu satu sama lain. Ketika sudah punya hubungan yang baik dengan rekan kerja di kantor, ada kemungkinan besar kamu akan saling bahu-membahu di kemudian hari.

Misalnya, kamu membutuhkan rekomendasi positif dari rekan kerja – dan begitu pula sebaliknya, ketika sudah punya hubungan kerja yang baik, pasti sudah tidak ragu lagi untuk saling membantu satu sama lain. Setuju, kan?

Selain itu, hubungan kerja di luar kantor juga dapat membantu menunjang karir, lho. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, kamu akan saling membutuhkan di kemudian hari, baik dalam mencari lowongan kerja – atau membangun proyek bersama.

 

Bertukar Ide: Manfaat Lain yang Bisa Diperoleh dari Hubungan Kerja

Selanjutnya, manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari memiliki hubungan kerja baik, yaitu kamu dapat bertukar ide dengan orang yang sedang diajak berbicara. Dilansir dari Career Addict – hal ini dapat membantu meraih karir impian ke depannya, lho. Sebab, semakin sering bertukat ide, maka semakin banyak pula wawasan yang dimiliki.

Jadi, tidak hanya dari kursus online maupun internet saja – namun, ilmu dan pengetahuan pun bisa diperoleh dari hubungan kerja yang baik. Dari obrolan dengan orang sekitar, bisa pula muncul ide baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan olehmu!

 

Membantu Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Credit Image - glints.com

Manfaat hubungan kerja yang baik lainnya adalah mampu membantu menumbuhkan rasa percaya dalam diri. Sudahkah kamu membuktikan hal yang satu ini? Ya, semakin efektif networking yang dibangun, maka semakin kuat pula rasa percaya diri yang muncul dari waktu ke waktu.

Wah, sudah pasti, manfaat yang satu ini akan membantu banyak hal dalam pekerjaan ya. Mulai dari ketika melakukan presentasi kerja, interview, menangani proyek baru – atau, berbagai kegiatan lainnya yang berkaitan dengan komunikasi.

 

Dapat Membuka Peluang Baru

Memiliki hubungan kerja memang dikenal sebagai salah satu cara ampuh untuk mendapatkan kesempatan baru. Dari sekian banyaknya orang yang kamu kenal, tentu ada peluang yang bisa didapatkan – sehingga, jenjang karir pun semakin meningkat.

Misalnya, ada seseorang yang tertarik dengan keahlianmu, sehingga kamu ditawarkan untuk membuka peluang baru dengan orang tersebut – seperti, membangun start-up atau bisnis lainnya. Sangat menyenangkan, bukan?

Inilah salah satu dari manfaat luar biasa yang dapat diperoleh dari hubungan kerja. Ingat, kamu tidak akan pernah tahu kapan peluang baru akan muncul – kalau tidak berasal dari networking yang sudah dibangun.

 

Memberikan Hal Positif, Termasuk Dalam Urusan Pekerjaan

Credit Image - esensi.co.id

Ketika bekerja, pernahkah kamu merasa jenuh – atau bahkan merasa tak kuat, dan ingin segera resign? Perasaan yang satu ini memang wajar dialami kok. Nah, dari hubungan kerja yang sudah dibangun – kamu dapat melakukan sharing kepada orang terdekat mengenai hal yang sedang dirasakan.

Tanpa ragu, mereka pun akan segera memberikan nasihat-nasihat, yang tentunya dapat membuatmu merasakan hal-hal positif dalam dunia kerja. Untuk itu, tetap jaga hubungan kerja dalam jangka panjang ya – agar karir profesional pun dapat ditunjang secara maksimal!

 

Itulah kelima manfaat yang dapat diperoleh dari memiliki hubungan kerja yang baik. Jadi, apakah kamu sudah memilikinya? Jika belum, yuk segera bangun networking secara maksimal – yang dapat bantu jenjang karir semakin cemerlang.

Nah, selain itu, jangan lupa untuk terus dukung karir dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat ya. Direkomendasikan untuk konsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active!

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk membantu mengoptimalkan stamina tubuh agar tidak mudah lelah.

Selain itu, tentunya kandungan Vitamin C dalam Enervon Active dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, terutama di masa pandemi.

 

 

Featured Image - indozone.id