Duduk bekerja seharian di depan komputer bisa membuat otot menjadi kaku dan dapat membahayakan kesehatan. Untuk menghindari berbagai potensi masalah kesehatan ini, kamu perlu mengetahui seperti apa posisi duduk yang benar selama bekerja. Posisi duduk yang baik dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menghindari sakit punggung, hingga meningkatkan kepercayaan diri.

Bagaimana posisi duduk yang benar?

Menemukan posisi duduk yang benar mengharuskanmu untuk mengikuti beberapa langkah sederhana. Selain itu, kamu bisa mengulangi langkah- langkah ini untuk membantu tubuhmu beradaptasi dengan posisi duduk yang baik. Berikut langkah- langkah yang harus kamu lakukan:

1. Sesuaikan kursimu

Credit: Liputan6

Gerakkan kursimu ke atas atau ke bawah sampai kaki kamu sejajar dengan lantai dan lutut bahkan dengan pinggul. Selain itu, lenganmu juga harus sejajar dengan lantai. Kakimu harus mencapai lantai. Jika tidak, gunakan kursi atau sandaran untuk mengangkat kaki agar kakimu tidak menggantung.

Letakkan siku di samping dan rentangkan kedua tangan sehingga membentuk huruf L. Lengan yang diletakkan terlalu jauh dari tubuh bisa menambah tekanan pada otot di lengan serta bahu.

2. Letakkan kaki di lantai

Credit: Warta Kesehatan

Pastikan berat badanmu menyebar secara merata di seluruh pinggul. Tekuk lututmu pada sudut yang tepat. Kakimu harus rata dengan lantai. Jika kamu menggunakan hak tinggi, lebih baik jika kamu melepasnya terlebih dahulu. Jika kaki tidak bisa mencapai lantai, kamu bisa menggunakan sandaran kaki. Hindari duduk dengan kaki yang disilangkan, karena hal ini dapat mengurangi aliran darah serta menyebabkan ketegangan otot.

3. Jarak layar dan pandangan

Credit: Fimela

Dari posisi duduk, posisikan layar langsung didepanmu. Rentangkan lengan dan sesuaikan jarak layar cukup jauh. Selain itu, sesuaikan seberapa tinggi layar komputermu. Bagian atas layar komputer harus tidak lebih dari dua inci di atas tingkat mata kamu. Layar komputer yang terlalu rendah atau tinggi dapat membebani leher dan juga matamu.

Kamu juga bisa menyesuaikan tinggi layar komputer dengan menggunakan buku sebagai tumpukan komputer. Sesuaikan tebal buku dengan tinggi layar komputer yang pas untukmu.

4. Posisikan keyboard dan mouse dengan benar

Credit: Hello Sehat

Keyboard harus berada tepat didepan komputermu. Sisakan 4-6 incu di antara ujung keyboard  dan meja sehingga pergelangan tangan memiliki ruang untuk beristirahat saat kamu mengetik.

Jika keyboard tinggi dan kamu harus memiringkan pergelangan tanganmu untuk mengetik, carilah sandaran tangan yang empuk. Bantalan pergelangan tangan dapat membantu memposisikan tangan rata dengan posisi keyboard mu. Ketegangan saat mengetik dapat menyebabkan kelelahan otot dan rasa sakit.

Selain itu, posisikan mouse sejajar dengan keyboard dan harus mudah untuk dijangkau. Saat kamu menggunakan mouse, pergelangan tanganmu harus lurus. Lengan atas harus berada di sampingmu dan tangan harus sedikit di bawah siku kamu. Posisi ini membantu mencegah ketegangan pada pergelangan tangan.

5. Letakkan benda yang sering digunakan dalam jangkauan

Credit: IDN Times

Benda yang sering kamu gunakan seperti stapler, telepon, notes, atau lainnya sebaiknya di letakkan dekat denganmu saat sedang duduk. Peregangan saat kamu mengambil benda- benda tersebut dibutuhkan untuk melatih otot.

6. Gunakan headset

Credit: Brilio

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di telepon dan mengetik atau menulis, sebaiknya gunakan mode loudspeaker pada ponselmu. Namun, jika tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan headset. Hal ini dilakukan untuk mengurangi terjadi kaku pada otot, nyeri, dan bahkan kerusakan ligamen akibat menekuk leher untuk menopang ponsel.

Istirahatkan tubuhmu secara berkala

Credit: Hello Sehat

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan lelah pada otot. Untuk mencegahnya, berikan sedikit waktu untuk istirahat. Kamu bisa berdiri sebentar dan regangkan tubuhmu. Atau kamu bisa berjalan- jalan sebentar. Misalnya ke toilet atau isi air minum. Hal ini berguna untuk kembali melancarkan aliran darah setelah duduk terlalu lama. Dan jika bisa, beristirahatlah untuk meregangkan tubuh setidaknya 1-2 menit setiap 30 menit sekali.

 

Featured Image - Hello Sehat