Tahukah kamu bahwa kebiasaan di pagi hari memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati? Ya, rutinitas mulai dari bangun tidur, hingga hendak pergi beraktivitas dianggap dapat membantu membuatmu aktif dan produktif, asalkan kebiasaan yang dilakukan merupakan hal positif!

Sayangnya, masih ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika bangun tidur. Tak jarang, hal ini dapat membawa dampak buruk pada kesehatan, termasuk pada daya tahan tubuh, lho. Kamu tak ingin kan imun menurun akibat melakukan berbagai rutinitas yang kurang baik usai bangun tidur?

Nah, untuk itu ada sejumlah rutinitas yang wajib kamu hindari setelah bangun tidur. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Mengucek Mata, Kebiasaan yang Mesti Dihilangkan

Credit Image - halodoc.com

Kebiasaan bangun tidur pertama yang perlu kamu hindari, yaitu mengucek mata. Tanpa disadari, hal yang satu ini memang seringkali dilakukan. Apakah kamu salah satunya? Padahal, kebiasaan ini dapat membuat virus, kuman, maupun bakteri yang mungkin menempel di tanganmu – berpindah, dan mengontaminasi bagian mata.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membuat kulit di sekitar mata bertambah tua. Mengingat, kulit di sekitar mata sangat tipis dan rentan keriput. Lebih baik, memerciki mata dengan air, kemudian lap hingga kering – untuk membuat mata terasa lebih segar.

 

Segera Sikat Gigi Usai Bangun Tidur

Beberapa orang mungkin cenderung langsung menyikat gigi setelah bangun tidur – yang bertujuan untuk menghilangkan bau mulut. Sayangnya, hal ini membuatmu tidak akan menyikat gigi lagi usai sarapan.

Padahal, seharusnya sikat gigi dilakukan sesudah sarapan, atau sehabis mengonsumsi minuman bewarna, seperti teh. Dilansir dari Kompas – seorang ahli gigi menyarankan untuk menyikat gigi setelah 30 menit usai mengonsumsi makan atau minuman bewarna. Kalau segera sikat gigi, justru enamel gigi dapat rusak, lho.

 

Menekan Tombol Snooze

Credit Image - kumparan.com

Sepertinya, kebiasaan bangun tidur yang satu ini juga sering dilakukan banyak orang ya. walaupun sudah memasang alarm di pagi hari – tak sedikit yang memilih untuk menekan tombol snooze, kemudian kembali pergi tidur.

Memang sih, kebiasaan ini terlihat menggoda – ya, siapa sih yang tidak ingin punya waktu tidur sedikit lebih lama? Setiap orang pasti menginginkannya. Namun, sebenarnya menunda waktu untuk bangun justru memiliki banyak kerugian, termasuk mengganggu siklus tidurmu.

 

Melewatkan Waktu Sarapan Juga Jadi Kebiasaan Buruk

Berikutnya, ada pula yang sering melewatkan sarapan – padahal, kebiasaan bangun tidur yang satu ini penting untuk memberikan energi tubuh, lho. Tentunya, sarapan pun dapat membantu produktivitas semakin meningkat. Jadi, coba hentikan kebiasaan melewatkan sarapan!

Agar tubuh semakin berenergi, cobalah untuk memilih menu sarapan yang mengandung protein dan serat. Keduanya, dapat membantu proses metabolisme, sekaligus membuatmu kenyang lebih lama. Dengan demikian, kamu dapat semakin aktif dalam menjalani hari.

 

Tidak Konsumsi Air Putih

Kebiasaan buruk lainnya usai bangun tidur, yaitu tidak minum air putih. Hati-hati, hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan, lho. Mengingat, air putih punya peran penting untuk rehidrasi tubuh – usai tidak mendapat asupan cairan ketika kamu terlelap.

Tidur selama 8 jam membuat tubuh tidak terhidrasi. Wajar jika ketika bangun tidur, orang mengalami rasa haus. Untuk itu, kamu sangat disarankan langsung meminum satu gelas air putih ya. Tujuannya, untuk menggantikan cairan yang hilang ketika tidur.

 

Nah, agar kesehatan tubuhmu semakin terjaga – selain menghilangkan sejumlah kebiasaan buruk usai bangun tidur tersebut, pastikan kamu juga sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian, yang dapat membantu tingkatkan stamina tubuh.

Vitamin dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi sumber makanan sehat, seperti buah dan sayur – serta rutin minum multivitamin, lho.

Untuk multivitamin, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Tentunya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi – yang lebih tahan lama. Jadi, bisa bikin kamu semakin produktif seharian nih!

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Dan, untukmu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu menghilangkan sejumlah kebiasaan buruk usai bangun tidur di atas, dan segera ganti dengan rutinitas yang lebih sehat!

 

 

Featured Image - honestdocs.id