Meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai, namun sudah banyak orang yang harus melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk bepergian ke luar kota. Sebelum pandemi melanda, kegiatan yang satu ini – sepertinya wajar sekali dilakukan, bahkan tak memerlukan pertimbangan yang berarti.

Tapi sayangnya, hal tersebut kini membutuhkan banyak pertimbangan. Selain memiliki risiko tinggi, bepergian ke luar kota – juga memiliki sejumlah hal yang tidak dapat dikontrol, dengan demikian penularan dapat terjadi di mana saja.

Lantas, bagaimana kalau terpaksa harus bepergian ke luar kota di masa pandemi Covid-19? Setidaknya, ada lima cara yang dapat kamu lakukan dan diterapkan secara disiplin. Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

Pikirkan Dengan Matang Terlebih Dahulu

Credit Image - travel.kompas.com

Sebelum memutuskan untuk bepergian ke luar kota di masa pandemi, ada baiknya kamu pikirkan dengan matang terlebih dahulu. Ingatlah, bahwa virus corona dapat menyebar melalui droplets dan udara – ketika kamu melakukan kontak dekat dengan orang lain.

Pikirkan jenis transportasi yang akan digunakan, atau tempat penginapan yang akan dipilih. Sejumlah hal tersebut wajib dipikirkan secara matang – sebab, aktivitas yang kamu lakukan selama perjalanan dapat meningkatkan risiko tertular dan menyebarkan virus.

Yang terpenting, patuhi larangan pemerintah untuk bepergian, terutama ke zona merah, selalu cek angka kasus Covid-19 di area tujuan, dan lakukan perjalanan hanya karena alasan darurat saja!

 

Jika Memungkinkan, Vaksinasi Penuh Dahulu

CDC merekomendasikan untuk menunda perjalanan sampai kamu sudah mendapatkan vaksinasi penuh terlebih dahulu. Meskipun sudah vaksin, tetap pilih opsi perjalanan yang lebih aman, guna melindungi diri sendiri, keluarga, dan orang di sekitarmu dari virus corona.

Tapi ingat, vaksin juga tidak dapat membuatmu kebal dari penularan virus, lho. Jadi, pastikan kamu tetap menjalani protokol kesehatan secara lengkap dan disiplin, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin.

 

Pilih Transportasi yang Aman

Credit Image - halodoc.com

Ketika memutuskan untuk bepergian, pastikan kamu sudah memilih jenis transportasi yang aman. Disarankan, menggunakan mobil pribadi – yang dianggap jauh lebih aman daripada transportasi umum lainnya di masa pandemi.

Selain jumlah orang yang tidak terllau banyak, kamu dapat memastikan bahwa yang berada di dalam mobil – merupakan anggota satu rumah. Lalu, hindari berhenti terlalu sering selama perjalanan, untuk menghindari risiko terjadinya penularan.

Jika kamu harus bepergian dengan transportasi umum, seperti bus, kereta, maupun pesawat – terapkan jaga jarak, pertimbangkan untuk bukan di waktu sibuk, hindari menyentuh berbagai permukaan benda, rutin mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer, dan buka jendela – jika memungkinkan.

 

Ingat, Tak Semua Penginapan Sudah Aman dari Covid-19!

Sebelum memilih tempat penginapan, periksa terlebih dahulu dengan cerman – apakah tempat tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan yang baik. Lebih aman, kalau kamu tinggal di rumah persewaan – dengan orang yang tinggal satu atap denganmu.

Jika ingin mengunjungi rumah anggota keluarga, pastikan orang yang kamu kunjungi tersebut sudah divaksin penuh terlebih dahulu.

Sebisa mungkin, hindari menginap di hotel yang terlalu ramai, mengunjungi rumah keluarga atau teman yang belum divaksinasi, atau menyewa tempat tinggal dengan orang-orang yang bukan keluarga satu rumah.

 

Selalu Konsumsi Multivitamin Untuk Berikan Perlindungan Ekstra

Credit Image - alodokter.com

Ketika bepergian, ada baiknya kamu membawa perbekalan vitamin – berupa suplemen atau multivitamin yang dapat membantu menjaga kebugaran dan imunitas. Dengan demikian, tubuh tidak rentan terserang virus.

Tapi, suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon secara rutin.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki aktivitas padat – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

 

Apakah dalam waktu dekat kamu akan segera bepergian di tengah pandemi? Jangan lupa untuk menerapkan sejumlah cara di atas agar tetap aman dari penularan virus!

 

 

Featured Image - etiqa.co.id

Source - instagram.com/@pandemictalks