Apa hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Biasanya, di zaman serba teknologi seperti sekarang ini – banyak orang yang langsung segera membuka handphone usai bangun dari tidurnya. Jika kamu yang termasuk melakukan hal tersebut, yuk coba hentikan dan tukar kebiasaan tersebut dengan hal yang lebih baik.

Tidak langsung membuka handphone setelah bangun tidur merupakan hal yang baik diterapkan, lho. Sebab, segera malas bergerak alias mager.

Nah, kebiasaan mager tersebut seringkali dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit tidak menular yang tentunya berbahaya, seperti obesitas dan gangguan jantung. Untuk itu, agar gaya hidup sehat dapat diterapkan dalam keseharian – coba lakukan berbagai kebiasaan baik lainnya di pagi hari, terutama setelah bangun tidur ya.

Lantas, apa saja sih kebiasaan yang sebaiknya dilakukan di waktu tersebut? Biar nggak penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Awali Hari Dengan Mendapat Asupan Sinar Matahari

Credit Image - zurich.co.id

Dilansir dari Kompas, paparan sinar matahari pagi mampu merangsang tubuh memproduksi Vitamin D, lho. Berada di bawah sinar matahari setidaknya selama 10 sampai 15 menit per hari – dapat menghasilkan 1.000 sampai 3.000 IU Vitamin D. Hal ini juga baik untuk menjaga imun tubuh, terutama di masa pandemi.

Namun, kebutuhan Vitamin D – yang diperoleh dari paparan sinar matahari setiap orang berbeda ya, tergantung pada jenis kulit, usia, dan terkait kondisi khusus – seperti kehamilan dan ibu menyusui. Selain dapat menjaga imun tubuh, Vitamin D juga dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam usus.

Tak kalah penting, mendapat paparan sinar matahari di pagi hari usai bangun tidur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu melawan penyakit jantung.

 

Melakukan Aktivitas Fisik, Seperti Jalan Kaki

Ingin melakukan kebiasaan usai bangun tidur yang bisa membuat tubuh semakin berenergi? Kamu dapat lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki. Kebiasaan yang satu ini dapat membantu membakar kalori, apalagi jika dilakukan secara rutin.

Selain itu, jalan kaki dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, sehingga dapat membantu mengurangi lemak pada perut. Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh, seperti meningkatkan metabolisme – dengan membakar kalori ekstra, sekaligus mencegah terjadinya kram otot seiring bertambahnya usia.

 

Segera Minum Air Putih Usai Bangun Tidur

Credit Image - halodoc.com

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur, ternyata dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh yang menupuk di malam hari. Minum air putih dalam keadaan perut konsong pun juga dapat membuatmu lebih segar sepanjang hari, lho.

Tak hanya itu, kebiasaan baik yang satu ini juga dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru. Bahkan, minum air putih setelah bangun tidur – dapat meningkatkan metabolisme hingga 24 persen, jadi cocok bagimu yang sedang melakukan diet!

 

Sarapan Dengan Menu Tinggi Protein

Protein merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkan dalam jumlah tinggi bagi tubuh manusia. Dilansir dari Kompas, para ahli merekomendasikan asupan protein harian sekitar 46 gram untuk perempuan, sementara sebanyak 56 gram bagi laki-laki.

Jika asupan protein sudah tercukupi dari pagi hingga malam hari, maka ada sejumlah manfaat baik yang dapat kamu peroleh, lho. Mulai dari imun tubuh yang semakin kuat, otot lebih mudah terbentuk, stres berkurang, hingga tulang juga menjadi lebih kuat.

Untuk itu, cobalah memulai harimu dengan mengonsumsi sarapan tinggi protein – agar sejumlah manfaat baik di atas dapat kamu rasakan!

 

Konsumsi Multivitamin Untuk Menjaga Energi dan Stamina

Credit Image - ngovee.com

Tahukah kamu bahwa dengan memenuhi kebutuhan vitamin – bisa membantu menjaga energi dan stamina sepanjang hari? Ya, Vitamin C dan Vitamin B Kompleks dikenal dapat membantu proses metabolisme sehingga tubuh bisa memperoleh energi untuk beraktivitas.

Selain dari sumber makanan, kedua vitamin tersebut juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti produk dari Enervon, lho.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan Vitamin B kompleks akan menunjang proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi – yang pastinya lebih tahan lama.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan!

 

Jadi, sudahkah kamu menerapkan sejumlah kebiasaan baik tersebut setelah bangun tidur? Jika belum, yuk segera terapkan agar hari lebih aktif dan produktif!

 

 

Featured Image - nova.grid.id