Tanpa disadari, banyak sekali orang yang masih menerapkan posisi duduk yang salah, terutama ketika bekerja. Apakah kamu juga salah satunya? Hati-hati, kalau dilakukan dalam waktu yang lama, kebiasaan yang satu ini dapat merusak postur tubuh, lho.

Sebenarnya, duduk sendiri bukanlah aktivitas yang mengganggu kesehatan, sama seperti berdiri maupun rebahan. Namun, duduk dapat memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan, jika kamu melakukannya dalam posisi yang tidak tepat, serta duduk terlalu lama.

Biasanya, posisi duduk yang salah – berarti tidak memperhatikan faktor jarak yang tepat. Atau, bisa juga kamu salah mengatur posisi kursi dan meja, sehingga kurang seimbang. Selain itu, posisi kepala dan mata juga berpengaruh lho – dalam hal ini, mungkin saja posisi keduanya ketika melihat layar tidak sejajar.

Kalau kamu sering menerapkan posisi duduk yang salah, hal tersebut harus segera diperbaiki! Sebab, ada sejumlah efek buruk yang dapat ditimbulkan, yang paling sering dialami – yaitu, nyeri sendi, dan punggung maupun pundak yang mudah pegal.

Lantas, apa saja sih dampak buruk lainnnya yang bisa ditimbulkan akibat menerapkan posisi duduk yang salah? Dan, bagaimana cara untuk mengatasi nyeri sendi akibat posisi duduk tersebut?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Duduk Dengan Posisi Salah Bisa Sebabkan Ragam Gangguan Ini!

Credit Image - alodokter.com

Tidak hanya pegal-pegal, maupun nyeri sendi saja, namun menerapkan posisi duduk yang salah dapat menyebabkan beragam dampak buruk lainnya. Apalagi, jika kamu duduk dalam waktu yang cukup lama. Ini wajib diwaspadai ya!

Memang, mungkin sebenarnya kamu menyadari bahwa duduk dalam posisi yang kurang tepat dan dalam waktu yang lama – tidak baik untuk kesehatan. Tapi seringkali hal ini dilakukan, karena adanya tuntutan pekerjaan. Jadi, boro-boro mau olahraga, terkadang mau makan siang saja terasa tidak sempat, kan?

Tapi, sudah saatnya kamu segera mencari solusi, lho. Sebab, jika dibiarkan terus-menerus, posisi duduk yang salah dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti:

  • Nyeri leher dan bahu
  • Metabolisme melambat
  • Kolesterol
  • Gangguan fungsi sendi, ligament, otot, saraf dan tendon, serta tulang belakang
  • Stres
  • Nyeri punggung bagian bawah
  • Kesemutan, mati rasa, dan lemas

Selain itu, studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa duduk dalam jangka waktu yang lebih dari 4 jam setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian hingga 50%. Bahkan, risiko terkena penyakit jantung juga dapat meningkat hingga 125%! Sangat berbahaya, bukan?

 

Lakukan Gerakan Peregangan Untuk Mengatasinya!

Credit Image - pmjnews.com

Kamu tidak inginkan kebiasaan posisi duduk yang salah membuahkan malapekata di kemudian hari? Untuk menghindari risiko sejumlah dampak buruk di atas, ada berbagai gerakan peregangan yang mudah dilakukan lho, yaitu:

  • Silangkan satu sisi lengan bahu sebaliknya. Untuk peregangan yang lebih kuat, kamu dapat mendorong siku menggunakan lengan yang lain. Nantinya kamu akan merasakan regangan pada sisi lengan bagian luar dan bahu. Tahan selama 30 detik, lalu ulangi 2-3 kali pada setiap lengan.

 

  • Sambil duduk, bawa kedua lengan ke belakang seperti hendak memeluk kursi. Pastikan kamu bisa menggenggam kedua tangan ya. Kemudian, untuk peregangan tambahan – tegakkan punggung dan majukan dada. Lakukan setiap peregangan selama 30 detik dan ulangi sebanyak 5 kali.

 

  • Untuk meregangkan punggung, kaitkan kedua tangan dan angkat tinggi-tinggi. Kepala dan telapak tangan yang dikaitkan menghadap ke atas. Duduk tegak dan dorong telapak tanganmu ke atas semaksimal mungkin. Kamu akan merasakan adanya regangan pada otot punggung. Pastikan bahu tidak kaku dan jaga tetap rileks. Tahan selama 10 detik, ulangi sebanyak 5 kali.

 

  • Silangkan kaki yang satu di atas kaki yang satunya lagi. Kemudian, belokkan tubuh ke sisi kaki yang berada di atas. Misalnya, jika kamu menyilangkan kaki dengan kaki kanan di atas, maka belokkan tubuh ke arah kanan. Kamu juga bisa menggunakan sisi tangan kursi untuk peregangan yang lebih maksimal. Tahan selama 30 detik, ulangi 3 kali pada masing-masing sisi.

 

  • Silangkan satu sisi lengan ke arah belakang dan tekuk siku. Lengan bagian bawah akan mengarah ke luar. Untuk peregangan maksimal pada otot tricep – berikan dorongan maksimal. Tahan selama 30 detik dan ulangi 3-5 kali pada setiap lengan.

 

Lakukan Pula Peregangan Jari dan Pinggang!

Credit Image - intisari.grid.id

Hal ini juga dapat dilakukan untuk bantu mengatasi rasa pegal maupun nyeri ketika menerapkan posisi duduk yang salah, ljo. Adapun peregangan jari dan pinggang yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Buat posisi lengan lurus ke depan, lalu buka telapak tangan, dan ibu jari menunjuk ke atas
  • Lipat ibu jari ke dalam telapak tangan kamu, lalu rekatkan jari lainnya ke kepalan tangan
  • Gerakkan jari-jari seperti meremas. Setelah 2-3 detik, kembali ke posisi awal dan ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan

Sementara, untuk mengurangi rasa linu pada pinggang dan pinggul, cobalah berbaring telenlang sembari memposisikan tangan di samping tubuh. Kemudian, cobalah mengangkat kaki kiri dan kanan secara bergantian tanpa menekuknya. Kalau terasa sulit, kamu dapat menggunakan bantuan tali atau handuk untuk menarik kaki agar bisa tegak lurus ke atas ya.

 

Nah, itulah sejumlah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat posisi duduk yang salah. Nah, peregangan di atas bisa diteapkan di mana saja – tanpa harus memerlukan tempat yang luas, lho!

 

 

Featured Image - faktualnews.co