Virus corona penyebab Covid-19 merupakan penyakit yang dapat menyerang hampir seluruh organ tubuh manusia, termasuk saluran pernapasan. Umumnya, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai kondisi yang berbeda-beda di setiap pasiennya.

Ada yang pasien memiliki penyakit penyerta yang bisa memperparah kondisinya.

Berkaitan dengan gejala, biasanya pasien akan mengalami berbagai indikasi, dimulai dari demam, batuk, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri otot, diare, hingga mengalami anosmia – atau, hilangnya kemampuan untuk mencium.

Meskipun pasien hanya mengalami gejala ringan, namun bukan berarti boleh lengah! Pasien mesti tetap waspadai terhadap sejumlah gejala yang bisa memburuk, dan akhirnya menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Yang paling wajib diwaspadai, keparahan akibat virus corona kebanyakan disebabkan oleh badai sitokin – kondisi di mana sistem kekebalan tubuh justru kembali menyerang sel-sel yang sehat. Dengan demikian, kesehatan pasien pun akan semakin memburuk.

Kebanyakan orang yang terinfeksi Covid-19, mengalami gejala yang sama di awal masa infeksi. Tapi, tingkat keparahannya kemungkinan besar baru terlihat pada hari kelima, khususnya bagi pasien yang memiliki risiko tinggi.

Mewaspadai perburukan kondisi pada pasien Covid-19 memang penting dilakukan, adapun sejumlah indikasi infeksi virus semakin memburuk – yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Sakit Pada Bagian Dada

Credit Image - health.detik.com

Tanda pertama yang mesti diperhatikan – dan, menjadi indikasi infeksi Covid-19 dalam tubuh semakin memburuk, yaitu timbulnya rasa sakit pada bagian dada. Namun, mengapa kondisi yang satu ini bisa terjadi?

Meskipun virus dapat menyebabkan komplikasi paling banyak pada saluran pernapasan dan paru-paru, peradangan yang meluas, kesulitan bernapas, dan kekurangan oksigen dapat menyebabkan nyeri dada dan kerusakan paru-paru yang mematikan.

 

2. Batuk Yang Terasa Menyakitkan

Credit Image - popmama.com

Jika pasien mengeluhkan batuk yang terasa menyakitkan – wajib waspada! Sebab, ini merupakan salah satu tanda infeksi virus corona sudah semakin memburuk. Jika pasien mengalami kondisi ini, segera kunjungi fasilitas kesehatan yang memadai.

Pada infeksi sedang hingga berat – virus corona dapat menyebabkan banyak peradangan dan penyumbatan, yang kemudian dapat mengganggu fungsi vital, serta menyebabkan batuk secara terus-menerus. Batuk yang dialami pasien Covid-19, umumnya terasa keras, sekaligus dapat mengiritasi tenggorokan. Jadi, batuk ini dianggap bersifat kering dan tidak menghasilkan dahak.

 

3. Mengalami Sesak Napas

Credit Image - halodoc.com

Indikasi perburukan infeksi Covid-19 berikutnya, yaitu pasien mengalami gejala sesak napas. Dalam kasus ini, pasien mesti mendapat penanganan darurat, serta diberikan ventilator untuk membantu pernapasan.

Sesak napas merupakan kondisi yang disebabkan oleh kekurangan oksigen – dan terbilang sulit untuk diatasi. Hal ini terjadi ketika virus mulai menyebar dengan cepat, kemudian menghalangi jalan masuk darah dengan oksigen ke bagian paru-paru. Selanjutnya, kadar oksigen akan turun, dan menyebabkan masalah pernapasan.

Dalam beberapa kasus, kekurangan oksigen secara ekstrim juga bisa menyebabkan kondisi happy hypoxia.

 

Ketiga indikasi perburukan infeksi Covid-19 dalam tubuh di atas memang wajib diwaspadai. Jika mengalami salah satu kondisi di atas, segera kunjungi fasilitas kesehatan – sehingga, penanganan secara tepat bisa segera dilakukan!

 

 

Featured Image - sumbersehat.com

Source - detik.com