Olahraga diketahui dapat membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Selain dapat menjaga imun tubuh, melakukan mudah merasa lelah saat melakukan berbagai aktivitas harian.

Selain itu, rutin berolahraga juga dapat menghindarimu dari berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan sejumlah penyakit berbahaya tidak menular lainnya. Siapa sih yang tidak ingin punya tubuh sehat? Pastinya, kamu pun menginginkannya ya.

Meski demikian, sejumlah manfaat olahraga tersebut dapat diperoleh – jika kamu juga sudah menerapkan berbagai hal penting lainnya. Dengan memperhatikan hal-hal ini, maka dampak baik berolahraga pun dapat kamu rasakan secara maksimal, lho.

Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika kamu berolahraga? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Kenali Kondisi Tubuhmu Penting Dilakukan

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Hal pertama yang mesti diperhatikan, yaitu cermati dan perhatikan kembali kondisi tubuhmu. Jika kondisi tubuh sudah baik, maka boleh lanjut berolahraga. Tapi, bagaimana jika tubuh sedang dalam tidak fit dan sedang merasa lelah?

Ada baiknya tunda kegiatan berolahraga ya. Lalu, lakukan kembali di lain waktu. Ingat, hindari memaksakan diri untuk tetap berolahraga ketika sedang tidak enak badan. Alih-alih mendapat manfaat baik, kamu malah bisa jatuh sakit, lho!

 

Tetap Monitoring Denyut Jantung

Kamu sangat disarankan untuk memantau denyut jantung, terutama bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung. Hal ini salah satunya bisa dilakukan secara manual saat bangun tidur. Caranya, pegang pergelangan tangan, rasakan, dan hitung denyut nadi selama semenit.

Rentang denyut nadi akan berbeda pada setiap orang. Untuk itu, kamu perlu mencari rata-rata denyut jantung dengan menghitungnya selama satu menit di tiga waktu berbeda dalam sehari. Mulai sekarang, yuk terapkan hal yang satu ini!

 

Kenali Kapan Harus Berhenti

Credit Image - timesindonesia.co.id

Meski berbagai kondisi tubuh sedang dalam keadaan normal, bukan berarti kamu tak perlu lagi untuk waspada, lho. Kewaspadaan mesti harus diperhatikan ketika sedang melakukan aktivitas fisik. Misalnya, dalam kondisi tertentu, kamu disarankan untuk berhenti dari olahraga yang sedang dilakukan.

Berikan tubuh waktu untuk beristirahat, kemudian minum air putih. Jika kondisi tak membaik, maka putuskan untuk mengakhiri sesi olahraga, lalu cari bantuan medis demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Tetap Berpegang pada Tujuan Awal

Sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang seringkali melawan rasa tidak nyaman ketika berolahraga. Misalnya, meski kepala terasa pusing, tapi beberapa orang masih lanjut berolahraga, karena durasi waktu yang sudah tinggal sedikit lagi. Dan masih banyak lagi tanda-tanda yang diabaikan.

Meski demikian, hal tersebut wajib dihentikan – dan jadikan sebagai kebiasaan! Lebih baik, ingat kembali tujuan awalmu berolahraga, yaitu mencari sehat. Jika olahraga dilakukan dengan tujuan kesehatan, maka seseorang harus lebih menyadari kondisi tubuhnya.

 

Rutin Konsumsi Multivitamin Untuk Meningkatkan Stamina

Credit Image - alodokter.com

Rutin mengonsumsi multivitamin lengkap – memang dapat bantu menjaga energi, sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh tetap baik, sehingga kamu tak mudah jatuh sakit. Tapi, multivitamin seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi?

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C maupun Enervon Active dua kali sehari secara rutin ya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi yang sudah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah!

Dan, bagi yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas!

 

Nah, itulah kelima hal penting yang mesti diperhatikan dalam hal berolahraga. Dengan demikian, kegiatan fisik pun dapat berjalan maksimal, dan manfaat yang rasakan semakin optimal!

 

 

Featured Image - bigstockphoto.com

Source - cnnindonesia.com