Selama pandemi, menggunakan masker ketika bepergian merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Bukan tanpa sebab, masker dapat membantu menghalau virus – yang mungkin saja dapat masuk melalui bagian hidung dan mulut. Selain itu, masker juga bisa menghindari virus menyebar melalui udara, ketika seseorang yang terinfeksi bersin, batuk, maupun berbicara.

Saat ini, terdapat sejumlah jenis masker, baik masker medis, maupun masker kain. Agar perlindungan terhadap tubuh semakin optimal – maka, penggunaan masker pun dianjurkan untuk disesuaikan dengan situasi yang sedang dihadapi.

Tapi, yang perlu diingat, perlindungan yang diberikan oleh masker dapat semakin baik ketika dibarengi dengan sejumlah protokol kesehatan lainnya.

 

 

Ada Banyak Jenis Masker, Mana yang Sebaiknya Digunakan Ya?

Credit Image - cnbcindonesia.com

Sebuah penelitian dari jurnal Science oleh Cheng et al., tahun 2021 – menyebutkan bahwa efektifitas masker dalam mencegah penularan sangat bergantung pada banyaknya virus di udara. Untuk itu, pastikan sudah menggunakan masker sesuai kondisi yang dihadapi!

Jika berada di tempat dengan konsentrasi virus rendah, seperti di ruang terbuka, atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik – maka disarankan untuk memakai masker kain, namun hindari yang terlalu tipis, atau terbuat hanya 1 lapisan saja. Atau, bisa juga menggunakan masker disposable.

Kemudian, ketika berada di tempat dengan konsentrasi virus yang tinggi, seperti tempat perawatan pasien Covid-19, menggunakan masker ganda, terdiri dari masker kain dan disposable, atau gunakan masker KN95 maupun KF94.

Yang perlu diketahui, hindari menggunakan masker KN95 maupun KF94 ketika memiliki rambut wajah yang lebat – sebab dapat memengaruhi kekedapan masker, punya masalah kesulitan terkait saluran pernapasan, dan hindari pemakaian kedua masker ini dilapis dengan masker lainnya.

 

Soal Masker Ganda, Bagaimana Cara Tepat Penggunaannya?

Credit Image - sehatq.com

Saat ini, pemakaian masker ganda juga direkomendasikan. Tapi, bagaimana cara tepat menggunakannya? Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

  • Hindari menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Karena, masker ini tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan. Masker medis yang digunakan 2 lapis juga tidak meningkatkan filtrasi, maupun kesesuaian masker
  • Hindari menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Jenis masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri, dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun
  • Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi menjadi celah masuknya virus
  • Selain itu, gunakan masker yang terdapat kawat untuk menyesuaikan bentuk hidung. Penyangga tersebut bisa digunakan agar masker dapat digunakan secara sempurna dan menyesuaikan bentuk wajah.

Kemudian, pengguna juga dapat mengikat karet telinga dan melipat sisa masker – jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah. Dengan demikian, masker dapat menutupi bagian hidung dan mulut secara sempurna.

 

Lakukan Bersamaan Dengan Protokol Kesehatan Lainnya

Credit Image - lokadata.id

Selain menggunakan masker – beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan rutin mengonsumsi suplemen, terutama Viitamin C. Kamu direkomendasikan minum multivitamin dari Enervon setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi yang menginginkan perlindungan ekstra, bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg. Cocok diminum bagi masyarakat yang sudah sering beraktivitas di luar rumah!

Dan, untuk yang punya aktivitas padat, disarankan minum Enervon Active – mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh tetap optimal agar tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas tubuh.

Baik penggunaan masker maupun langkah pencegahan lainnya mesti dilakukan secara tepat dan disiplin, sehingga risiko penularan virus dapat diminimalisir!

 

 

Featured Image - beritaku.id

Source - instagram.com/@pandemictalks