Siapa di sini yang masih sering merasa kesulitan dalam membagi waktu? Ya, masalah yang satu ini, sepertinya masih kerap dialami, apalagi bagi orang yang punya aktivitas padat. Apakah kamu mengalami hal serupa?

Tak bisa dipungkiri, kesulitan membagi waktu, terkadang membuat kamu tidak dasar bahwa waktu berputar sangat cepat. Hal inilah yang membuat banyak orang tergesa-gesa dalam melakukan berbagai kegiatan, dan akhirnya tidak bisa menyelesaikannya secara maksimal.

Bahkan, terkadang kamu merasa sudah membagi waktu dengan baik, tapi masih saja merasa kekurangan waktu, sehingga pekerjaan pun tidak bisa diselesaikan. Hal ini memang terdengar menjengkelkan, ya?

Tapi, tak perlu khawatir, setidaknya ada 6 tips yang bisa kamu terapkan untuk membagi waktu, nih. Apa saja?

Yuk, langsung saja baca ulasan ini sampai habis ya!

 

 

Pastikan Kamu Bangun di Pagi Hari

Credit Image - klikdokter.com

Kalau kamu tidak ingin membuat waktumu berantakan, cobalah untuk bangun di pagi hari ya. Bahkan, orang-orang sukses di dunia pun jarang yang bangun lebih dari jam 7 pagi lho, contohnya saja CEO Twitter Jack Dorsey, yang bangun sekitar pukul 5 pagi.

Lebih dari itu, bangun pagi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Seperti, bangun pagi dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Jadi, kalau ingin waktumu tidak berantakan, maka pastikan kamu rutin bangun di pagi hari!

 

Kemudian, Buat Catatan Kegiatan

Apakah kamu yang termasuk super sibuk – sampai-sampai kesulitan dalam membagi waktu? Nah, kalau begitu, kamu membutuhkan catatan kegiatan, dengan demikian seluruh kegiatan dapat dilakukan secara maksimal.

Mulai sekarang, cobalah untuk membuat to do list, yang berisikan berbagai pekerjaan yang mesti diselesaikan. Kemudian, jika sudah dikerjakan – kamu bisa segera mencentang pekerjaan tersebut ya. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai reminder, lho.

 

Hindari Menunda Pekerjaan Juga Penting!

Credit Image - timesindonesia.co.id

Buat kamu yang masih suka menunda pekerjaan, yuk segera hentikan! Hindari kata 'nanti dulu, kan masih ada waktu'. Gantilah mindset kamu jadi 'kalau bisa sekarang kenapa harus nanti?.' Kalau terus berkata 'nanti masih ada waktu' – yang ada pekerjaan tidak ada yang bisa diselesaikan.

Menundawaktu pun bisa membuat kamu jadi pemalas, lho. Kamu tak ingin kan jadi seorang yang pemalas? Jadi, mulai sekarang, jangan ada kata  'nanti dulu, kan masih ada waktu'  ya. Yuk, biasakan hidup disiplin.

 

Atur Smartphone Menjadi Mode Fokus

Tak bisa dipungkiri, smartphone adalah salah satu benda yang paling sering membuat kamu tidak bisa untuk berkonsentrasi. Misalnya saja, ada suara notifikasi – tanpa berpikir lama, kamu langsung segera membukanya.

Nah, kamu bisa mengakalinya dengan mengatur mode fokus atau nonaktifkan smartphone mu ya. Jika memungkinkan, akan lebih baik lagi kalau smartphone dijauhkan dari jangkauan. Dengan demikian, pekerjaan pun bisa lebih cepat diselesaikan.

 

Beri “Hukuman” dan Hadian Untuk Apresiasi Diri

Credit Image - diadona.id

Memberi punishment atau hukuman yang bermanfaat – juga bisa diterapkan ketika kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, menghukum diri sendiri yang bermanfaat yaitu ketika belum bisa bahasa inggris, kamu bisa memberi hukuman pada dirimu untuk menghafal 50 kosakata dalam 1 hari. Dengan begitu, momen tersebut bisa dijadikan sebagai ajang pembelajaran. 

Tapi, jangan lupa pula untuk memberi apresiasi pada dirimu ya. Seperti, ketika hari Sabtu atau Minggu kamu bisa menonton film yang kamu suka, atau berlibur ke suatu tempat karena sudah menyelesaikan tugas dengan baik. 

 

Jangan Lupa, Luangkan Waktu Untuk Me-Time

Pastikan juga kamu sudah meluangkan waktu untuk sendiri, alias me-time – yang tidak boleh diganggu oleh siapa pun. Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti meditasi, yoga, atau berolahraga.  Lalu, cobalah me-time sembari mematikan smartphone agar tidak terganggu oleh orang-orang yang menghubungimu.

Melansir dari beberapa sumber, me time memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat menjernihkan pikiran, menurunkan tingkat stres dan bisa meningkatkan konsentrasi. Jadi, tak ada salahnya untuk me time sejenak. 

 

Menerapkan sejumlah tips di atas memang penting, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan secara maksimal, dan produktivitas pun tetap terjaga. Tapi, yang tak boleh dilupakan – pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin, sehingga semua aspek dalam urusan pekerjaan bisa dijalani dengan lancar.

 

Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit ya.

 

Mulai sekarang, yuk terapkan sejumlah tips di atas agar waktu bisa digunakan secara maksimal!

 

 

Featured Image - cermati.com