Seperti diketahui, tanaman hias merupakan salah satu tumbuhan yang sedang digandrungi masyarakat. Tak hanya mudah dirawat, namun tanaman hias pun dapat digunakan sebagai interior atau dekorasi tambahan agar ruangan menjadi indah.

Apakah kamu juga termasuk yang gemar dengan tanaman hias? Nah, ternyata tanaman yang satu ini tak jauh berbeda dengan makhluk lainnya lho, yang pastinya juga membutuhkan perhatian dalam masa tumbuh kembangnya. Ketika tidak dirawat dengan baik, tanaman pun bisa perlahan layu dan mati.

Tumbuhan dapat mencerminkan kehidupan manusia dengan lebih dari satu cara – sekaligus bisa membantu untuk menyesuaikan diri selama menjalankan masa-masa sulit. Wah, ternyata cukup menarik ya?

Dalam kata lain, ada sejumlah tanaman hias yang ternyata dapat menggambarkan, serta membantu menjaga kesehatan mental. Untuk informasi lebih lanjut – yuk, simak ulasannya sampai habis!

 

 

Lidah Buaya: Sebagai Pengingat Dalam Melepaskan Orang yang Kurang Baik

Credit Image - rumah.com

Lidah buaya merupakan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki banyak manfaat. Daun lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat herbal dan mengobati luka pada kulit, seperti luka bakar, radang, dan bekas luka.

Selain itu, tanaman ini juga ampuh untuk menjernihkan udara di sekitar. Memang tidak sama dengan filter udara, tetapi bisa membantu mendetoksifikasi udara dari bahan kimia berbahaya. Lidah buaya dapat disiram setiap minggu, kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Saat kamu merawat tanaman lidah buaya, perlu memerhatikannya dan rutin memotong bagian yang telah mati. Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Ketika seseorang mengalami kehidupan berbeda, diharuskan untuk melepaskan orang yang akan menghalangi dalam proses berkembang menjadi lebih baik.

 

Lavender Untuk Memberi Rasa Rileks dan Ketenangan

Berikutnya, ada lavender yang merupakan salah satu tanaman dengan aroma wangi, sekaligus menjadi sumber minyak esensial yang terkenal. Lavender pun memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, seperti  aroma yang dikeluarkan dapat mengurangi rasa kecemasan dan membuat hati lebih tenang.

Selain itu, lavender juga bisa menambah rutinitas kecantikan karena memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Untuk menenangkan hati, kamu dapat menutup mata dan tarik napas dalam-dalam ketika merasa lelah, serta ingin istirahat malam yang nyenyak.

Lavender biasanya diletakkan di kamar, sehingga dapat dilihat sebelum memutuskan untuk tidur. Tanaman ini tergolong tanaman yang tidak memerlukan air banyak, hanya disiram saat tanah sudah mengering.

 

Tanaman Bunga Lili yang Bisa Menjaga Keseimbangan Hidup

Credit Image - agrarindo.com

Kemudian, ada pula bunga lili yang dapat meningkatkan aliran energi di dalam rumah. Ini dikarenakan bunga lili dapat menetralkan bahan kimia di dalam ruangan yang berbahaya. Bahkan, bunga ini juga dipercaya mampu membantu seseorang untuk berkembang secara mental, fisik dan spiritual.

Bunga lili sendiri melambangkan simbol kedamaian, ketenangan, kemakmuran, permunian, dan kesendirian. Bunga ini pun memiliki simbolisme yang kuat, lho. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin mengucapkan kata-kata positif kepada tanaman ya.

Tanaman ini termasuk ke dalam tumbuhan yang tidak memerlukan sinar matahari secara langsung dan pemberian air hanya sekali dalam seminggu.

 

Tanaman Ular: yang Bisa Bertahan Hidup dan Berkembang di Masa Sulit

Tanaman ular terkenal karena dapat memberikan energi pelindung yang kuat di dalam ruangan dan bersifat tahan lama dengan memberi perhatian sedikit. Tanaman ini cukup unik, yaitu mampu mengubah karbondioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Tanaman ini berfungsi sebagai pengingat bahwa ketika kamu sedang merasa sendirian atau berada di dalam masa sulit, masih bisa memilih untuk bertahan dalam situasi apapun. Dapat dibuktikan, kalau tanaman ular hanya membutuhkan perhatian sedikit dan masih dapat berkembang di bawah sedikit.

Pada umumnya, tanaman ular akan disimpan di dalam kamar tidur. Cara merawatnya pun cukup mudah dengan memberikan air setiap beberapa kali dalam seminggu agar tanah tetap lembap.

 

Kayu Putih, Tanaman Untuk Mengobati Tubuh yang Sedang Sakit

Credit Image - bobo.grid.id

Tanaman kayu putih ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat ya. Kayu putih dikenal memiliki aroma yang khas dan menyenangkan, serta mampu untuk mengobati asma, pilek serta hidung tersumbat.

Selain itu, tanaman kayu putih dapat dijadikan sebagai pengingat untuk lebih menghargai masa kini dan apa yang dibawa hari ini. Untuk melektakannya, kamu dapat membuat sebuah buket mandi kayu untuk dibawa ke kamar mandi. Jika kamu meletakannya di atas pancuran air, akan mengeluarkan aroma yang segar dan menyenangkan.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya sejumlah tanaman hias yang baik untuk kesehatan mental. Jadi, apakah kamu ingin memelihara salah satu dari tanaman tersebut?

 

 

Featured Image - twopeasinacondo.com