Tak bisa dipungkiri, aktivitas bekerja di rumah seringkali membuat badan terasa pegal maupun kaku. Untuk itu, disarankan melakukan peregangan alias stretching secara rutin. Meskipun terbilang ringan, namun peregangan dapat memberikan manfaat baik untuk tubuh, lho.

Sayangnya, masih banyak nih yang lupa – atau justru malas untuk mempraktikkannya sehari-hari. Apakah kamu juga termasuk? Biasanya, ini terjadi karena terlalu fokus pada pekerjaan, sekaligus tidak sempat melakukannya. Ingat, padahal dari gerakan kecil tersebut, kamu sudah bisa langsung merasakan manfaat baiknya!

Nah, biar kamu termotivasi dan semangat dalam melakukan peregangan secara rutin, apalagi ketika bekerja di rumah – ini beberapa alasan penting yang perlu diketahui.

Yuk, simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

Peregangan Dapat Bantu Otot Menjadi Tidak Kaku

Credit Image - health.detik.com

Terlalu lama melakukan aktivitas di suatu tempat, misalnya duduk di depan komputer, dapat menyebabkan otot menjadi kaku. Hal ini baru akan disadari ketika hendak berpindah tempat, atau saat ingin menggerakkan anggota tubuh.

Tanpa peregangan, fleksibilitas otot bisa menurun, sehingga anggota tubuh akan lebih mudah merasakan pegal. Dilansir Harvard Health Publishing, peregangan sangat penting untuk mencegah kekakuan pada anggota tubuh, serta menjaga agar otot-otot tetap fleksibel, kuat, dan sehat.

Pegal-pegal yang dirasakan akibat kurangnya peregangan bisa dialami oleh bagian tubuh mana saja, termasuk tengkuk, dan punggung. Maka, tak heran kalau banyak orang yang mengeluh sakit punggung setelah bekerja seharian.

 

Bantu Mengurangi Risiko Cedera

Sebenarnya, setiap individu punya risiko mengalami cedera ketika melakukan aktivitas. Ingatlah bahwa kondisi ini tidak memandang usia, lho. Tapi, risiko cedera akan meningkat, ketika kamu jarang melakukan peregangan, apalagi sebelum melakukan olahraga, terutama aktivitas fisik yang berat.

Untuk itu, peregangan sangat dianjurkan – tidak hanya membuat otot menjadi lebih fleksibel, namun kegiatan ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan otot, kemudian menyebabkan tubuh merasa “kaget” saat beraktivitas.

 

Membuat Postur Tubuh Jadi Lebih Baik

Credit Image - tribunnews.com

Jika kamu sering duduk atau berdiri dalam waktu lama, biasanya postur tubuh akan cenderung berubah. Kondisi tersebut akan memicu otot menjadi lebih pendek, lho. Akibatnya, jika dibiarkan dalam waktu lama – ini akan merubah postur tubuhmu secara permanen.

Nah, dengan rutin melakukan peregangan, maka risiko yang satu ini bisa diminimalisir. Sebab, berarti kamu memberikan tubuh kesempatan untuk memperbaiki kondisi otot, kemudian mengembalikannya ke postur yang seharusnya.

 

Peredaran Darah Pun Lebih Lancar

Tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa kaku pada bagian otot saja, namun peregangan juga memiliki dampak baik terhadap peredaran darah – yang bakal semakin lancar, kalau kamu rajin stretching secara rutin!

Mengapa demikian? Peregangan dapat melemaskan otot-otot – yang juga dapat membantu membuka jalan di pembuluh darah, sehingga alirannya menjadi makin lancar. Selain itu, aliran oksigen dalam darah pun ikut meningkat, jadi tubuh terasa lebih segar.

 

Membantu Kurangi Stres dan Menenangkan Pikiran

Credit Image - ekrut.com

Kamu sering berpikir kalau peregangan sebaiknya dilakukan di pagi, maupun siang hari saja? Ternyata ini kurang tepat! Ternyata, kegiatan yang satu ini juga disarankan dilakukan di malam hari. Dengan adanya manfaat melancarkan peredaran darah, maka stretching di malam hari bisa mendatangkan kebaikan.

Seperti, ketika kamu sudah lelah beraktivitas seharian – dengan melakukan peregangan, pikiran pun akan menjadi lebih tenang. Kemudian, hal ini juga berdampak pada kualitas tidur, yang semakin meningkat, karena tidur bisa lebih nyenyak.

 

Wah, dari penjelasan di atas – melakukan gerakan peregangan, apalagi kalau bukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nah, biar aktivitas olahraga makin maksimal, yuk jaga stamina tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit ya.

 

Wah, bagaimana nih? Itulah kelima manfaat peregangan yang bisa diperoleh. Mulai sekarang, yuk rajin lakukan stretching – dan rasakan sejumlah dampak baiknya!

 

 

Featured Image - vuuzletvindonesia.com

Source - idntimes.com