Di zaman sekarang ini, aspek work life balance sepertinya masih jarang dimiliki oleh para pekerja. Apakah kamu setuju? Kondisi tersebut dapat dibuktikan dalam riset Gore Remotely, yang menyatakan bahwa 94 persen profesional di dunia menghabiskan lebih dari 50 jam setiap minggunya hanya untuk bekerja saja, lho.

Wah, mesti diperhatikan, sebab hal ini cukup berbahaya. Kehidupan kerja dan personal yang tidak seimbang dapat merasa lebih gampang lelah ketika di tempat kerja.

Di satu sisi, pekerja bisa saja terlalu sibuk bekerja, sampai mengabaikan kehidupan personalnya – atau, justru malah terlalu fokus pada kehidupan pribadi, sehingga tugas dan tanggung jawab di kantor pun menjadi terbaikan. Nah, kedua hal ini tak boleh dibiarkan begitu saja ya.

Lantas, apa saja sih hal yang harus dilakukan untuk mencapai work life balance? Setidaknya, ada lima tips yang bisa kamu terapkan.

Yuk, scroll sampai habis untuk tahu informasi lengkapnya!

 

 

Pertama, Kurangi Sikap Perfeksionis

Credit Image - kumparan.com

Ingin mencapai work life balance? Coba deh kurangi dahulu sikap perfeksionis yang kamu miliki. Sebenarnya, sikap yang satu ini tidak salah kok untuk dimiliki. Bahkan, penting untuk memotivasimu dalam memberikan kinerja yang baik.

Tapi, jika kebiasaan yang satu ini dibiarkan, maka sikap perfeksionis bisa saja mengganggu kehidupan pribadi, lho. Kalau sudah begini, waktu bisa dihabiskan untuk membuat pekerjaan sempurna, kan? Padahal, kesalahan dan kekurangan itu wajar dialami. Apa pun yang kamu lakukan, pastinya sudah dikerjakan dengan baik.

 

Kurangi Penggunaan Gawai, Penting Diterapkan Nih!

Selalu berinteraksi dengan gadget bisa menjadi penyebabmu tidak memiliki work life balance yang baik, lho. Menurut Mayo Clinic, kebiasaan terhubung dengan teknologi mendorong karyawan untuk menghabiskan waktu di rumah dengan bekerja. Hasilnya, karyawan tidak bisa santai dan justru tidak bisa meluangkan waktu di rumah untuk beristirahat.

Hal yang satu ini bisa diperparah, terutama dengan sistem kerja work from home yang masih diterapkan selama masa pandemi. Untuk itu, kamu dapat mengurangi penggunaan gadget, misalnya setelah bekerja – usahakan tak menggunakan barang elektronik lebih dari pukul 8 malam.

Atau, di hari libur, misalnya, luangkanlah waktu bersama keluarga – dan melakukan berbagai hobi yang tertunda. Gunakan gadget hanya untuk berkomunikasi dengan teman saja.

 

Aktif Berolahraga Pun Juga Diperlukan

Credit Image - review.bukalapak.com

Selanjuntnya, work life balance juga bisa diperoleh dengan aktif berolahraga. Sebab, menyayangi diri sendiri – juga termasuk poin penting dalam mencapai aspek tersebut. Tak hanya beristirahat dengan cukup, berolahraga rutin juga diperlukan ya.

Olahraga bisa menjadi cara tepat untuk mendorong semangat dan produktivitas. Misalnya, kamu dapat lakukan lakukan meditasi – sebagai aktivitas yang bisa menjaga kebugaran tubuh.

Intinya, tujuan olahraga adalah membuat diri lebih tenang, serta fokus dalam berbagai hal yang akan dikerjakan nantinya.

 

Memiliki Prioritas Bisa Bantu Capai Work Life Balance

Tips yang juga perlu kamu terapkan, yaitu menentukan prioritas untuk bantu mencapai work life balance. Dilansir dari The Muse, trik yang satu ini cukup efektif lho, sehingga kamu memiliki waktu luang, meskipun jadwal kerja cukup padat, atau punya banyak deadline.

Misalnya, kamu dapat mengerjakan tugas-tugas yang lebih berat terlebih dahulu. Kemudian, barulah kamu sedikit santai, dan akhirnya menyelesaikan pekerjaan yang lebih mudah. Dengan begini, pekerjaan pun lebih cepat selesai, semakin produktif, dan work life balance bisa dimiliki!

 

Bekerja Cerdas, Bukan Kerja Keras!

Credit Image - liputan6.com

Apakah kamu masih berpikir kalau bekerja keras itu lebih menguntungkan? Sayangnya, hal ini masih kurang tepat. Karena, menurut Work to Live, bekerja keras ternyata tidak seefektif ketika kamu menerapkan kerja cerdas.

Seperti, dengan menentukan prioritas dan mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada orang lain, kamu dapat menghemat waktu – sekaligus lebih fokus terhadap tugas-tugas yang ada. Jadi, dengan bekerja cerdas, work life balance bukanlah hal mustahil untuk kamu peroleh, lho.

 

Wah, sepertinya aspek work life balance memang terlihat penting dimiliki ya? Nah, biar kegiatan harianmu semakin maksimal, yuk jaga stamina, sekaligus energi tubuhmu dengan memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain dari makanan, kebutuhan vitamin juga bisa kamu penuhi dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra.

Selain dapat menjaga imun, kandungan Vitamin B Kompleks di dalam Enervon-C pun dapat membantu proses proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi bagi tubuh.

 

Jadi, apakah kini kamu sudah miliki work life balance? Kalau belum, yuk coba sejumlah tips di atas untuk mewujudkannya!

 

 

Featured Image - runiprobe.id