Istirahat 5 Menit Setelah Bekerja Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

TAGS : Karir
font size A Ǎ

Jangan hanya karena dikejar deadline kantor, kamu jadi melewatkan waktu beristirahat. Meski terlihat sepele, istirahat cukup sekitar 5-10 menit setelah bekerja bisa membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari. Benarkah? Berikut ulasannya.

Istirahat cukup setelah bekerja bantu tidur lebih nyenyak di malam hari

Istirahat 5 Menit Setelah Bekerja Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Credit: Well And Good

Pekerjaan yang menumpuk atau deadline yang semakin dekat, bahkan rekan kerja yang menjengkelkan bisa membuatmu uring- uringan di kantor. Tidak jarang, hal ini pada akhirnya membuat kamu stress yang malah menurunkan produktivitas kerja. Tanpa disadari, stress di kantor bisa ikut terbawa sampai rumah dan bikin tidur jadi tidak nyenyak.

Sebelum menyalahkan bos atau rekan kerja, coba ingat- ingat dulu apakah kamu menyempatkan diri untuk istirahat yang cukup sewaktu dikantor. Jika tidak, maka kamu sebaiknya meluangkan waktu untuk beristirahat di kantor. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Orang- orang yang bisa meluangkan waktu sejenak untuk melepaskan penatnya di kantor, seperti dengan berjalan- jalan, mendengarkan music, melakukan peregangan, menonton video lucu, hingga ngobrol, tertawa atau pergi sebentar dengan teman kerja bisa tidur lebih nyenyak daripada pekerja yang tidak sempat melakukan hal- hal tersebut.

Mereka yang memaksakan untuk terus bekerja dalam suasana hati buruk sekalipun, justru cenderung lebih sering mengalami insomnia dan juga mudah terbangun beberapa kali di tengah malam.

Istirahat yang cukup setelah kerja juga dapat mencegah penyakit kronis

Istirahat 5 Menit Setelah Bekerja Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Credit: Fimela

Dalam jangka panjang, stress berat terkait pekerjaan dapat berdampak negative pada kesehatan tubuh, termasuk memicu timbulnya penyakit kardiovaskular, naiknya tekanan darah, dan sindrom kelelahan kronis.

Sebuah penelitian dari Baylor University’s Hankamer School of Business di Texas menunjukkan bahwa pekerja kantoran yang menyempatkan istirahat cukup setelah bekerja akan jauh lebih produktif, memiliki kepuasan kerja yang lebih tinggi, bahkan mampu mengembalikan mood yang sudah terkuras habis.

Singkatnya, selain bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak, menyempatkan istirahat yang cukup setelah bekerja bisa membantu meningkatkan produktivitas serta motivasi dan kepercayaan diri yang bisa dengan mudah mempengaruhi kondisi kesehatanmu.

 

Featured Image - CNBC.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!