Semua jenis sayur sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan sang buah hati. Namun, jenis sayur tertentu dianggap lebih baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena kandunga nutrisi di dalamnya. Lalu, apa saja sayuran tersebut? Berikut penjelasannya.

Berapa banyak kebutuhan sayur untuk anak?

Credit: Healthline

Sebelum mengetahui jenis sayuran terbaik untuk anak, sebaiknya kamu perlu mengetahui berapa banyak kebutuhan sayur si kecil. Kebutuhan sayur setiap anak berbeda- beda, tergantung usia dan jenis kelamin anak. Berikut adalah jumlah sayuran yang harus dikonsumsi si kecil dalam sehari berdasarkan kedua faktor tersebut:

  • 1 hingga 2 tahun: 2-3 sajian
  • 2 hingga 3 tahun: 2,5 sajian
  • 4 hingga 8 tahun: 4,5 sajian
  • 9 hingga 11 tahun: 5 sajian
  • 12 hingga 18 tahun: laki-laki 5,5 sajian, sementara perempuan 5 sajian

Satu sajian sama dengan 75 gram sayuran atau setara dengan setengah mangkuk kecil.

Jenis sayur terbaik untuk pertumbuhan anak

Setelah mengetahui jumlah kebutuhan sayur anak, sekarang saatnya memberikan si kecil jenis sayuran terbaik. Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Wortel

Credit: Healthline

Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang baik untuk anak. Sayur yang satu ini kaya akan kandungan beta- karoten. Beta- karoten adalah bahan baku vitamin A yang sangat penting dalam pertumbuhan anak, terutama untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel- sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, wortel juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B1 membantu tubuh memproduksi energi, vitamin B3 bermanfaat bagi perkembangan otak, sementara vitamin B6 diperlukan dalam perkembangan sistem saraf.

2. Brokoli

Credit: Simply Recipes

Brokoli adalah salah satu jenis sayur terbaik untuk pertumbuhan anak karena kaya akan vitamin A, vitamin C, dan folat. Vitamin A pada brokoli dapat menunjang kesehatan mata serta melindungi sel- sel tubuh anak dari kerusakan.

Selain itu, vitamin C berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh. kemudian, kandungan folat dalam brokoli diperlukan dalam proses pembelahan dan perkembangan sel- sel baru yang menyusun tubuh.

3. Jagung manis

Credit: Eatingwell.com

Jagung manis memang dikenal sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Padahal, sayuran ini juga mengandung protein yang berperan penting dalam pertumbuhan anak.

Protein memiliki beragam fungsi dalam proses pertumbuhan anak, seperti berfungsi untuk membentuk struktur sel, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membangun massa otot, mengatur jaringan dan otot, serta membentuk enzim dan antibody.

4. Bayam

Credit: BBC Good Food

Jika kamu mencari jenis sayur yang mengandung vitamin dan mineral terbaik untuk anak, bayam adalah salah satunya. Sayuran ini mengandung vitamin A, C, E, asam folat, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi.

Kombinasi seluruh zat gizi tersebut bermanfaat untuk perkembangan mata, melindungi sel tubuh dari kerusakan, produksi energi, kesehatan pencernaan, serta menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan anak.

5. Jamur

Credit: Organic Facts

Nutrisi yang paling banyak terdapat dalam jamur adalah protein, vitamin B12, kalsium, dan zat besi. Selain itu, jamur juga mengandung vitamin D yang biasanya terdapat pada susu dan produk turunannya. Kandungan vitamin D dan kalsium pada jamur sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain itu, kalsium juga membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

Memberikan jenis sayur terbaik untuk anak tentu akan sangat membentu proses tumbuh kembangnya. Berbagai nutrisi penting di dalamnya tentu akan membawa banyak manfaat untuk anak. Dengan begitu, kamu perlu mengenalkan sayur- sayuran ini sejak dini agar anak mendapatkan manfaatnya secara optimal.

 

Featured Image - Woman's Day