Siapa di sini yang sedang berniat untuk mengundurkan diri alias resign dari tempat kerjanya? Wah, jangan asal ya! Sebab, sebelum memutuskan resign – kamu harus memastikan sudah memiliki sejumlah hal berikut ini, lho.

Mungkin, kamu pernah mendengar bahwa banyak orang yang ingin resign usai lebaran. Ternyata, hal ini memang benar adanya. Faktanya, memang banyak karyawan yang mengundurkan diri di momen setelah lebaran. Hal tersebut didorong oleh beberapa faktor, tapi yang utama, yaitu menunggu THR, serta banyaknya lowongan kerja – yang dibuka setelah hari raya tersebut.

Lantas, apakah kamu sedang merencanakan resign dari tempat kerja sekarang? Sebelum “ketuk palu”, ada sejumlah hal yang perlu dimiliki terlebih dahulu, hingga akhirnya memutuskan untuk meninggalkan kantor.

Apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Memiliki Alasan yang Baik dan Profesional

Credit Image - sisternet.co.id

Ingat, resign bukanlah hal yang dapat diputuskan dalam waktu semalam saja, lho. Ada banyak pertimbangan yang perlu kamu pikirkan, dan harus ada pula alasan yang kuat – dan sudah ditentukan jauh-jauh hari.

Sebelum datang menemui atasan, pastikan kamu sudah memiliki alasan resign yang baik dan profesional ya. Biasanya, alasan yang sering digunakan, seperti faktor gaji, ketidaknyamanan, sampai adanya konflik di kantor.

Sampaikan alasan tersebut dengan baik, karena ini menyangkut profesionalitas dan jenjang karirmu ke depannya.

 

Miliki Dana Darurat Juga Penting!

Dilansir Kumparan, Perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andy Nugroho, kamu disarankan untuk memiliki dana darurat atau dana emergency. Berbeda dengan tabungan, dana darurat harus disimpan sendiri dengan rutin mensisihkan 10% dari gaji yang kamu peroleh.

Nantinya, dana tersebut dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan, jika setelah resign belum mendapatkan pekerjaan baru, atau sebagai modal usaha untuk memulai bisnis. Jangan sampai dalam beberapa waktu kedepan finansialmu belum membaik karena belum ada sumber penghasilan baru dan harus dibantu anggota keluarga atau kerabat untuk memenuhi biaya hidup.

 

Carilah Sumber Penghasilan Baru

Credit Image - artikel.bibit.id

Meninggalkan pekerjaan yang sekarang, sama saja dengan meninggalkan penghasilan rutinmu, lho. Untuk itu, akan lebih baik kalau kamu sudah rencana karir sebelum memutuskan untuk resign. Misalnya, jika ingin menjadi wirausaha – pastikan kamu tahu rencana bisnis yang ingin dijalani.

Atau, lebih baik kalau kamu juga sudah memiliki calon kantor yang baru. Perlu kamu ketahui, dilansir dari Kompas, Perekrut berlisensi Dawn Graham menemukan, kandidat yang masih bekerja punya peluang lebih besar mendapat panggilan wawancara.

 

Pastikan Punya Reputasi yang Baik di Tempat Kerja Sekarang

Sayangnya, banyak karyawan yang memutuskan untuk resign, namun performa kerjanya malah menurun. Bahkan, tak sedikit karyawan yang justru tidak menjaga reputasinya, lho. Pastikan hal ini tidak terjadi padamu ya!

Meskipun kamu akan segera pindah dari kantor yang sekarang, tetap tidak ada alasan untuk meninggalkan kesan buruk pada rekan, maupun atasanmu. Hindari image tercoreng hanya karena kesalahan kecil saja.

Pastikan kamu tetap menjaga produktivitas dan performa sampai hari terakhir bekerja. Karena yang pasti, saat status masih karyawan, kamu masih punya tanggung jawab menyelesaikan semua tugas dengan baik.

 

Miliki Pengalaman dan Skill Baru

Credit Image - brilio.net

Bekerja merupakan perjalanan karir yang seharusnya kamu manfaatkan untuk mengambil banyak pelajaran di setiap tempat. Bahkan, perusahaan yang dirasa kurang baik mempekerjakan karyawannya pun punya nilai positif yang bisa diambil.

Perpindahan dari satu pekerjaan ke pekerjaan baru, harus membawamu ke level yang lebih tinggi, baik dari segi jabatan, penghasilan, atau lainnya. Karena itu diperlukan juga peningkatan skill dan pengalaman agar karirmu terus berkembang.

Sudah sampai di titik mana karirmu sekarang? Dan, pencapaian apa saja yang sudah diperoleh? Tapi, kalau kamu merasa belum cukup, atau masih jauh dari tujuan karir – jangan berkecil hati, karena tiap orang punya waktu dan jalan yang berbeda untuk mewujudkan impiannya.

 

Jadi, apakah kamu sedang merencanakan untuk resign di tempat kerja sekarang ini? Yuk, pastikan kamu sudah memiliki kelima hal di atas terlebih dahulu ya!

 

 

Featured Image - kumparan.com