Meningkatnya kasus Covid-19, terutama di DKI Jakarta, mengharuskan berbagai perusahaan menerapkan kembali work from home untuk sementara waktu. Apakah kamu juga harus menjalani aturan ini? Setidaknya, dengan bekerja di rumah – kamu sudah dapat meminimalisir risiko penularan virus, lho.

Meskipun lebih aman, namun sayangnya bekerja di rumah termasuk hal yang melelahkan. Setuju, nggak nih? Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan fenomena kelelahan work from home – yang bisa menyebabkan burnout, sebagai penyakit internasional terbaru, lho.

Penyakit ini ditandai dengan tiga gejala, yaitu perasaan lelah, terasing dari pekerjaan, dan kinerja yang memburuk di tempat kerja. Lantas, memangnya mengapa sih kamu sering merasa kelalahan ketika bekerja di rumah?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini – beserta cara untuk mengatasinya!

 

 

Sering Merasa Kewalahan

Credit Image - halodoc.com

Ketika bekerja di rumah, kamu pasti kerap kali merasa kewalahan ya? Masalah yang satu ini – menjadi salah satu penyebab mudah lelah ketika work from home, lho. Meskipun, kamu berada di rumah saja, tapi bukan berarti bisa bersantai.

Justru, selama di rumah, pekerja dituntut untuk multitasking, seperti harus membagi waktu dan prioritas antara urusan domestik dan pekerjaan. Berbagai hal yang dilakukan tersebut, tak jarang membuatmu kehabisan energi.

Untuk itu, cobalah pahami kebutuhan pribadi, mencari solusi yang tepat, serta mendapatkan dukungan yang dibutuhkan. Lalu, pastikan kamu juga sudah meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak – untuk melakukan kegiatan relaksasi.

 

Pekerjaan Terlalu Banyak: Sebabkan Rasa Lelah Juga, Lho

Setiap orang pasti merasakan tekanan untuk mempertahankan, sekaligus meningkatkan produktivitas di rumah – dengan demikian, tak jarang hal tersebut membuatmu mendorong diri sendiri untuk bekerja lebih ekstra.

Memang, hal ini bukanlah masalah. Meski demikian, gangguan pekerjaan dapat muncul kapan saja, karena tidak adanya batasan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Kalau sudah begini, work life balance pun tak bisa diperoleh, lho. Jadi, tetap terapkan batasan – yang menjadi poin penting, terutama untuk urusan dengan anggota keluarga.

 

Rapat Virtual Pun Bisa Menyebabkan Kelelahan Berlebihan Selama WFH!

Credit Image - 88office.id

Selama work from home, ada banyak rutinitas harian yang berubah. Mulai dari duduk di depan laptop sepanjang hari, sampai meeting yang akhirnya dilakukan secara online – sayangnya, kegiatan ini seringkali diadakan tanpa henti!

Dengan adanya rapat virtual terus menerus, tentunya dapat menyebabkan kelelahan, kan? Untuk itu, pastikan kamu mengatur waktu istirahat yang tepat ya. Lalu, jangan merasa harus selalu berpartisipasi dengan video, jika memungkinkan untuk menggunakan suara saja.

 

Kondisi Kurang Mendukung Juga Perlu Diperhatikan

Kamu sering merasa mudah lelah ketika bekerja di rumah? Selain sejumlah faktor yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi yang kurang mendukung – juga bisa menjadi penyebab rasa lesu sering menghampiri, lho.

Tanpa adanya ruang dan peralatan yang mendukung, bekerja dari rumah mungkin saja menjadi kurang efektif. Bahkan, tugas yang dilakukan pun tidak bisa berjalan lancar, apalagi kalau situasinya kurang kondusif. Untuk itu, cobalah memiliki ruangan khusus untuk bekerja, serta membuat batasan yang bisa membantumu mengurangi rasa lelah.

 

Pola Hidup yang Kurang Sehat

Credit Image - jamesclear.com

Karena work from home, tak sedikit orang yang lebih sering begadang, serta mengonsumsi makanan tidak sehat, termasuk junk food. Padahal, kebiasaan buruk ini harus segera dihentikam, sebab dapat menimbulkan risiko penyakit tidak menular.

Apalagi, jika kamu tidak rutin melakukan olahraga – maka, tubuh pun menjadi kurang gerak, mengakibatkan aliran darah tidak lancar, sehingga timbul rasa lesu dan lemas sepanjang hari. Nah, mulai sekarang, yuk perhatikan kembali asupan makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga secara teratur ya!

Untuk mengoptimalkan energi dan stamina tubuh, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, lho.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah. Manfaat yang ini tentu diperoleh dari kandungan Vitamin B Kompleks – yang berperan penting dalam proses metabolisme.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C dalam Enervon Active mampu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak gampang terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai sejumlah faktor yang bisa membuatmu gampang lelah selama work from home – dan, cara untuk mengatasinya. Jadi, untuk kamu yang tengah bekerja dari rumah, yuk perhatikan lagi sejumlah hal tersebut!

 

 

Featured Image - brinknews.com