Tak hanya pandemi Covid-19, tetapi masyarakat Indonesia pun tengah dihadapkan oleh perubahan cuaca ekstrem yang sangat tidak menentu. Di siang hari bisa saja matahari terik menyinari – namun, menjelang sore, hujan pun turun deras. Ya, kondisi yang satu ini juga disebut sebagai musim pancaroba.

Eits, jangan disepelekan! Musim pancaroba, apalagi terjadi di tengah pandemi rentan melemahkan imunitas tubuh, lho. Belum lagi, kalau kamu punya berbagai kesibukan – menjaga kesehatan tubuh terkadang diabaikan begitu saja.

Akhirnya, tak jarang tubuh pun menjadi lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. Padahal, menjaga kesehatan di musim pancaroba tidaklah sulit dilakukan kok!

 

 

Pancaroba di Tengah Pandemi, Memangnya Berbahaya Ya?

Credit Image - suara.com

Apakah kamu termasuk yang khawatir ketika memasuki musim pancaroba di tengah pandemi? Tenang, ini wajar saja dirasakan, lho. Sebab, ada beberapa penyakit yang sering mengintai selama musim peralihan ini, seperti flu, batuk, diare, infeksi saluran pernapasan, demam berdarah, bahkan Covid-19 yang tengah mewabah.

Di sisi lain, suhu tubuh juga dapat mendadak berubah seturut perubahan iklim. Kondisi itu pada akhirnya bisa mengganggu kerja sistem organ. Daya tahan tubuh pun dapat menurun. Jadi, tak heran kalau tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit, termasuk infeksi virus corona – yang menyerang ketika imun sedang lemah.

Nah, inilah sebabnya kamu mesti menjagga tubuh tetap bugar dan sehat ya!

 

Apa yang Perlu Dilakukan?

Yang sudah pasti, kamu mesti menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun – setidaknya selama 20 detik, kemudian bersihkan lingkungan rumah secara rutin.

Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang dapat kamu terapkan untuk menghindari dampak musim pancaroba, terutama bagi imunitas tubuh, lho. Apa saja? Berikut ini di antaranya.

Rutin Berolahraga

Credit Image - theconversation.com

Pasti kamu sudah seringkali mendengar tips yang satu ini ya? Memang, olahraga memiliki sedugang manfaat baik untuk kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan daya tahan tubuh. Jadi, pastikan kamu rutin melakukan aktivitas yang satu ini!

Rutin berolahraga dapat membantu menormalkan tekanan darah, meningkatkan massa otot serta kepadatan tulang. Dan, pastinya olahraga juga terbukti dapat menunjang sistem pertahanan tubuh – asal dilakukan secara tepat dan tak berlebihan.

 

Perhatikan Asupan Makanan

Credit Image - paknutri.com

Menjaga daya tahan tubuh tak luput dari asupan makanan yang kamu konsumsi, lho. Usahakan untuk penuhi kebutuhan sayur dan buah setiap harinya – kedua jenis asupan tersebut dapat membantu kamu tetap fit meski di tengah musim peralihan dan pandemi.

Selain itu, yang perlu kamu ketahui nih – diet  tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko terkena kanker paru-paru, usus besar, payudara, leher rahim, kerongkongan, perut, kandung kemih, pankreas, dan ovarium. 

 

Minum Air yang Cukup

Credit Image - eatthis.com

Tetap terhidrasi juga menjadi kunci penting dalam mempertahankan daya tahan tubuh selama musim pancaroba di tengah pandemi. Jadi, pastikan juga kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan, minumlah setidaknya 8 gelas air mineral setiap harinya.

Nah, air merupakan komponan utama tubuh manusia dan perlu dijaga jumlahnya, lho. Hal ini juga berperan penting dalam membantu proses metabolisme, sehingga tubuh tetap memperoleh asupan energi yang cukup.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin C Ya!

Credit Image - freshojay.com

Yang tak kalah penting, kamu juga mesti memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya – apalagi, vitamin yang satu ini tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga imunitas.

Selain mampu mendukung daya tahan tubuh, Vitamin C juga baik untuk menangkal penyakit, sekaligus membantu proses penyembuhan. Bahkan, asupan Vitamin C tinggi dapat membantu penyerapan Zinc – yang juga berperan penting dalam menjaga imun tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan Vitamin C sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Tapi, apapun pilihan kamu, kedua jenis multivitamin Enervon-C tersebut – sama baiknya, dan tentunya memiliki manfaat baik untuk daya tahan tubuh ya.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara tepat mempertahankan daya tahan tubuh selama musim pancaroba di tengah pandemi. Yuk, segera terapkan sejumlah tips tersebut – agar kesehatan makin terjaga!

 

 

Featured Image - klikdokter.com