Diabetes yang ditandai dengan kenaikan insulin dan kadar gula darah dapat memicu berbagai kerusakan organ dan gangguan fungsi tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuh pun dapat menurun dan penderitanya cenderung lebih rentan terkena berbagai jenis penyakit lainnya.

Daya tahan tubuh penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2, rentan menurun karena tubuh mengalami peradangan kronis. Ini terjadi akibat peningkatan sitokin yang dipicu oleh penggunaan hormon insulin yang tidak efektif. Penurunan daya tahan tubuh membuat kamu tidak mampu menangkal penyakit dengan optimal. Selain itu, gangguan aliran darah karena sudah kebanyakan kadar gula membuat tubuh penderita diabetes lebih rentan mengalami infeksi.

Lalu bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh bagi penderita diabetes? Berikut beberapa caranya:

1. Atur asupan karbohidrat dan kalori

Credit: Hello Sehat

Kenaikan gula darah merupakan hal yang paling sering dialami oleh penderita diabetes, terutama setelah mengonsumsi makanan tertentu. Itulah sebabnya pengendalian kadar gula darah dengan membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi merupakan hal penting bagi penderita diabetes.

Pastikan kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan karbohidrat yang cepat meningkatkan gula darah. Selalu seimbangkan porsi makanmu dengan sumber protein, vitamin, serat, dan mineral. Misalnya dari telur, sayur, dan buah.

2. Konsumsi makanan penambah imun

Credit: Food Network

Berikut beberapa bahan makanan yang tempat yang bisa kamu tambahkan ke menu harian untuk menjaga daya tahan tubuh:

  • Bawang bombai dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini merupakan sumber antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan kuman penyebab penyakit dan mencegah infeksi.
  • Jamur juga mengandung antioksidan tinggi sekaligus berperan sebagai antivirus dan antibakteri alami. Di samping itu, jamur mengandung beberapa nutrisi yang diperlukan untuk daya tahan tubuh seperti mineral selenium dan tembaga serta vitamin B.
  • Yogurt memiliki kandungan utama bakteri baik yang merangsang kerja sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan penyakit.
  • Jahe merah adalah bahan makanan dengan kandungan antiradang yang cukup tinggi. Kandungan jahe merah juga diketahui membantu mengeluarkan racun yang mengganggu kekebalan tubuh.

3. Tidur yang cukup

Credit: msn.com

Kurang tidur bisa menurunkan kekebalan tubuh, terutama bagi penderita diabetes. Karena, kurang tidur akan mengacaukan keseimbangan hormon dan zat kimia lainnya dalam tubuh yang berperan penting dalam menjaga sistem imun. Tidur yang cukup juga akan membantu memperbaiki kerusakan pada beragam sel serta jaringan tubuh.

4. Olahraga teratur

Credit: Healthline

Rutin berolahraga merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka, orang diabetes sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur atau selalu aktif bergerak. Olahraga dengan intensitas yang rendah sekalipun mampu meningkatkan asupan oksigen dan melancarkan aliran darah.

5. Berhenti merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol

Credit: cnbc.com

Merokok dapat meningkatkan kerentanan saluran pernapasan terhadap infeksi bakteri serta gangguan pada pembuluh darah. Sedangkan alcohol dapat mengganggu daya tahan tubuh karena dapat menekan kerja sistem imun. Karena itu, usahakan untuk berhenti merokok dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

 

Featured Image - Medical News Today