Di tengah lonjakan kasus positif Covid-19, tak sedikit perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk menerapkan kembali work from home alias WFH. Namun sayangnya, tak semua pekerja dapat menikmati aturan tersebut lho, masih ada yang harus bekerja di kantor. Apakah kamu termasuk?

Seperti diketahui, ada sebagian pekerja yang tetap masuk kantor seperti biasa, di mana perusahaan juga telah menyiapkan beragam skenario untuk menjaga keamanan, termasuk menerapkan protokol kesehatan ketat dan sistem kerja shift.

Dilansir dari CNN Indonesia, bagi kamu yang masih harus bekerja di kantor selama masa genting pandemi Covid-19 – ada sejumlah hal yang perlu diterapkan untuk membantu meminimalisir risiko penularan virus.

Apa saja? Yuk, langsung scroll artikel ini sampai habis ya!

 

 

Pastikan Memakai Masker

Credit Image - klikdokter.com

Hal pertama yang tentunya tidak boleh dilupakan, yaitu menggunakan masker. Ini merupakan benda wajib yang harus dikenalan, terutama ketika bepergian keluar rumah, dalam perjalanan menuju tempat kerja, dan selama bekerja.

Kamu dapat menggunakan masker ganda untuk proteksi maksimal – dengan lapisan dalam masker medis di dalam, dan masker kain di bagian luar. Selain itu, pastikan juga masker yang digunakan sudah memiliki ukuran yang pas, bisa menutup hidung, mulut, dan dagu.

 

Hindari Menyentuh Barang di Tempat Umum!

Tanpa disadari, kamu pasti sering menyentuh barang atau benda di tempat umum, seperti tombol lift, gagang pintu, maupun pegangan tangga. Jika masih melakukan kebiasaan ini, yuk segera hentikan! Kalau harus menyentuh benda-benda tersebut, seperti membuka pintu, kamu bisa mendorongnya menggunakan siku ya.

Ketika terpaksa harus menyentuh benda, seperti finger print di mesin absensi, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun – atau gunakan hand sanitizer. Selain itu, kamu juga dianjurkan rutin membersihkan keyboard komputer, mouse, atau telepon yang digunakan untuk bekerja – ini bisa menggunakan tisu basah.

 

Jangan Lupa, Bawa Hand Sanitizer

Credit Image - tokopedia.com

Selanjutnya, pastikan pula kamu sudah membawa hand sanitizer yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan – usai menyentuh benda-benda. Tapi, hand sanitizer tetap tidak bisa menggantikan cuci tangan, lho. Ini hanya digunakan ketika benar-benar tak bisa mencuci tangan ya!

Sediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Namun upayakan untuk rajin mencuci tangan setidaknya tiap empat jam sekali. Mengapa demikian? Kadang orang merasa tangan dalam keadaan bersih tetapi cuci tangan memastikan tak ada kuman atau virus menempel.

 

Tetap Jaga Jarak Dengan Rekan Kerja

Ketika harus bekerja di kantor, kamu wajib menerapkan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak dengan rekan kerja. Setidaknya, kamu mesti mengambil jarak sampai 2 meter – yang sesuai dengan anjuran WHO.

Selain itu, hindari pula yang memungkinan ada banyak orang berkumpul, seperti antre toilet atau berada di dalam lift. Biasanya kantor menyediakan denah lokasi berdiri agar jarak terpantau dan tidak saling berhadapan.

 

Segera Bersih-Bersih Usai Pulang Kerja

Credit Image - tribunnews.com

Setelah pulang kerja, kamu juga perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti segera mencuci tangan, mandi, kemudian ganti pakaian bersih. Selain itu, dianjurkan pula mencuci rambut agar kuman maupun virus yang dapat menempel pun bisa hilang.

Hindari segera menyentuh benda-benda di rumah, atau berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya, sebelum membersihkan diri dan mengganti pakaian ya. Lalu, dianjurkan pula membersihkan barang bawaanmu dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

 

Perhatikan Pula Asupan Makanan

Perhatikan juga asupan makanan harian, penting untuk mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, imbangi dengan waktu istirahat yang cukup, rutin olahraga, dan memenuhi kebutuhan cairan.

Untuk kebutuhan cairan jika dicermati kebutuhan tiap orang akan berbeda menyesuaikan jenis kelamin, berat badan, juga aktivitas. Hanya saja, lanjut rata-rata kebutuhan cairan untuk laki-laki sebanyak 2,5-2,7 liter sedangkan perempuan sebanyak 2,2-2,5 liter.

Dan, yang tak kalah penting, yaitu memenuhi kebutuhan vitamin. Selain dari makanan, asupan ini juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks.

Direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan tersebut dapat menjaga daya tahan tubuhmu selama pandemi Covid-19, serta mampu mengoptimalkan stamina tubuh, sehingga tidak mudah lelah ketika harus beraktivitas seharian!

 

Apakah kamu masih harus pergi ke kantor? Yuk, tetap waspada akan risiko penularan virus, terapkan protokol kesehatan, dan tetap jaga imunitas tubuh!

 

 

Featured Image - forbes.com