Siapa di sini yang seringkali merasa insecure dalam dunia kerja? Ya, perasaan yang satu ini, sepertinya kerap dirasakan oleh para pekerja – mungkin, termasuk kamu salah satunya. Sadar atau tidak – insecure ketika bekerja menjadi salah satu penghambat produktivitas, lho.

Bahkan, sering merasa tidak percaya diri, membuat kamu sulit menyelesaikan suatu pekerjaan. Akhirnya, tak jarang kalau tugas menjadi menumpuk. Setiap kali terasa tidak aman, seseorang pun cenderung lebih berfokus pada perasaan tersebut. Wah, kalau begini pekerjaan bisa berantakan.

Tapi, memangnya apa sih hal yang menyebabkan pekerja kerap mengalami insecure? Nah, biar nggak lagi penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Tak Punya Ide Bisa Sebabkan Insecure

Credit Image - id.linkedin.com

Hal pertama yang bisa menyebabkan kamu merasa insecure dalam pekerjaan, yaitu tidak memiliki ide – apalagi, saat menjalani rapat. Menurut Forbes, setiap karyawan tentu saja ingin mendapat nilai tambah, salah satunya dengan menyampaikan ide-ide ketika meeting berlangsung.

Lantas, bagaimana sih cara tepat mengatasi masalah yang satu ini? Sebenarnya, mendatangi meeting tanpa ide bukanlah masalah yang besar, lho. Tapi, jika kamu ingin menyampaikan sesuatu, pastikan sudah memahami agenda rapat dari jauh-jauh dari, kemudian cari ide yang perlu dipersiapkan ya.

Misalnya, kalau akan segera menghadiri meeting mengenai market research, maka kamu dapat pelajari riset pasar dengan tekun, kemudian cari hal-hal lain yang menjadi penunjang.

 

Kurang Memahami Pembicaraan Ketika Rapat

Kemudian, insecure juga dapat disebabkan karena merasa bingung dengan topik yang dibicarakan ketika meeting. Apakah kamu kerap mengalami hal yang satu ini? Tak perlu berkecil hati, ternyata tidak sedikit karyawan yang tidak mengetahui sama sekali pembicaraan saat rapat, lho.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memaksakan diri bertanya mengenai apapun kepada rekan kerja, maupun atasan – ini juga termasuk hal-hal yang tidak dimengerti ketika rapat. Ingat, jangan takut bertanya ya. Sebab, lebih baik menjadi orang yang terus ingin tahu, daripada pura-pura sok tahu, lho. Malas bertanya, sesat dijalan!

 

Menyinggung Seseorang Dengan Tidak Sengaja

Credit Image - kumparan.com

Terkadang, ketika sedang presentasi, maupun berbincang dengan rekan kerja, kamu mungkin pernah menyinggung secara tidak sengaja – baik dalam bentuk perkataan, maupun perbuatan. Ternyata, hal ini pun sering menyebabkan rasa insecure ketika bekerja.

Namun, jangan terlalu khawatir ya, karena hal tersebut dapat memicu produktivitas kerja menurun. Tentu saja, kamu tak ingin ini terjadi, kan? Untuk itu, cobalah untuk segera meminta maaf kepada orang yang bersangkutan, jika sudah menyinggung – baik itu sengaja maupun tidak disengaja.

 

Merasa Tidak Dihargai

Sudah bekerja semaksimal mungkin, tetapi hasil pekerjaan tidak dihargai oleh rekan kerja, atau atasan? Wah, hal tersebut dapat menimbulkan rasa insecure. Bahkan, kamu pun mungkin bertanya-tanya, kira-kira apa yang salah, sampai pekerjaan tidak dihargai oleh orang lain?

Sebenarnya, penyebab yang satu ini cukup jarang terjadi. Umumnya, setiap atasan selalu menghargai hasil pekerjaan karyawannya. Maka dari itu, kamu harus dapat menekan perasaan tersebut, sampai akhirnya ada buktinya.

 

Email Tidak Dibalas? Juga Bisa Sebabkan Rasa Insecure

Credit Image - strategimanajemen.net

Kalau kamu pernah mengirimkan email kepada manajer maupun klien, namun tidak kunjung dibalas – mungkin, hal seperti ini pun bisa menimbulkan rasa insecure ketika bekerja. Tak jarang, berbagai skenario pun menghantui pikiranmu.

Tapi, jangan terlalu khawatir! Bisa saja manajer, klien, maupun orang yang kamu kirimi email sedang sibuk, sehingga belum sempat membalas. Nah, jika mengalami keadaan ini, kamu dapat melakukan follow-up untuk mengingatkan mereka ya.

 

Jangan Biarkan Insecure Turunkan Produktivitasmu!

Kalau kamu sudah mengetahui sejumlah penyebab insecure, yuk jangan biarkan perasaan tersebut menurunkan produktivitasmu. Pastikan kamu selalu fokus dalam menyelesaikan pekerjaan, serta dapatkan energi yang cukup untuk menjalani segudang aktivitas.

Jadi, dukung produktivitas dan selalu jaga energi tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin – yang tentunya memiliki kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu – sehingga tak gampang terserang penyakit.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat bantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi – bisa diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai penyebab insecure yang kerap dialami oleh para pekerja. Jika kamu sedang mengalaminya, yuk segera atasi, sehingga produktivitas tak lagi terganggu!

 

 

Featured Image - topcareer.id