risiko penularan virus corona, lho.

Meski terbilang lebih aman, namun bekerja di rumah dapat membuat seseorang menggunakan gadget lebih lama, seperti menatap layar laptop maupun smartphone. Hati-hati, kebiasaan yang satu ini dapat menyebabkan dampak jangka panjang, seperti munculnya masalah mata, termasuk mata, kering, kemerahan, terasa gatal, berair, dan sakit kepala.

Masalah tersebut juga dapat diperparah dengan posisi duduk yang dilakukan ketika bekerja di depan layar laptop – yang tentunya dapat membuat punggung menjadi sakit.

Tapi, kamu tak perlu khawatir ya, sebab ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata selama kamu bekerja di rumah. Apa saja sejumlah hal tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

 

Tetap Jaga Pola Makan Sehat

Credit Image - healtheatingfood.com

Dilansir dari CNN Indonesia, sejumlah dokter mata berpendapat bahwa konsumsi makanan sehat dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan mata, lho. Hal ini penting dilakukan, apalagi kamu yang terus-menerus menatap layar gawai.

Kamu dapat mulai mengonsumsi bayam, kangkung, maupun sayuran berwarna-warni lainnya. Misalnya, nutrisi Lutein dan Zeaxanthin – yang ditemukan dalam sayur berwarna hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata.

Selain itu, menurut National Institutes of Medicine, Vitamin A, yang dapat terkandung dalam sayuran berwarna kuning dan oranye, termasuk wortel dan ubi jalar, dapat meningkatkan kesehatan mata, lho. Kemudian, buah-buahan, sepert pisang, anggur, dan mangga yang kaya akan antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah penyakit mata.

Dan, dianjurkan pula mengonsumsi sumber Omega-3 yang baik untuk pembentukan air mata, sehingga tidak mudah menjadi kering. Asupan Omega-3 bisa diperoleh dari salmon – maupun ikan air dingin, serta telur ayam ya.

 

Perhatikan Pula Posisi Bekerja

Selanjutnya, yang kerap kali diabaikan, yaitu posisi kerja yang baik. Agar kesehatan mata tetap terjaga meski bekerja di rumah, cobalah untuk memindahkan layar sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Hal tersebut memungkinkan kamu melihat layar sedikit ke bawah.

Selain itu, pastikan kamu menghindari silau dari jendela dan lampu. Jika diperlukan, bisa menggunakan layar anti-silau. Dan, pilihlah kursi yang nyaman serta mendukung – agar aktivitas bekerja di rumah tetap terasa nyaman.

 

Gunakan Kacamata Anti-Blue Light Juga Disarankan

Credit Image - sehatq.com

Perlu diketahui, cahay biru yang dipancarkan oleh layar dapat berbahaya bagi mata, terutama ketika kamu terlalu lama atau sering menatap layar gadget. Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan kacamata komputer – atau, dikenal juga sebagai kacamata anti-blue light yang dapat membantu mengurangi efek buruk cahaya biru pada mata.

Lensa pemblokir cahaya biru kerap kali secara otomatis terpasang ketika kamu menggunakan gawai pada malam hari, seperti sebelum tidur – maupun di tempat yang minim cahaya. Tapi, sebaiknya hindari menggunakan gadget di tempat gelap ya! Karena, hal ini bisa memicu ketegangan mata, lho.

 

Istirahat yang Cukup

Yang juga penting dilakukan, yaitu beristirahat secara teratur dari pekerjaan secara rutin. Misalnya, cobalah menutup mata selama beberapa detik, setiap 15 sampai 20 menit sekali. Cara ini ampuh membuatmu beristirahat sejenak dari menatap layar.

Selain itu, setiap dua jam sekali, cobalah untuk memijat otot-otot di sekitar mata – atau membilas wajah dengan menggunakan air dingin. Namun, hindari menggosok mata dengan tangan, dan seringlah berkedip ketika mata kering.

Kemudian, bisa juga mencoba untuk letakkan gelas maupun snack yang jauh dari jangkauan. Hal tersebut akan memaksamu berdiri dan berhenti sejenak dari menatap layar – dan, pastinya berjalan untuk sekedar mengambil minum maupun kudapan.  Cara ini tidak hanya akan membantu mengistirahatkan mata, namun juga akan membuat tubuh sedikit bergerak, sehingga membantu mencegah gaya hidup sedentari.

 

Selalu Jaga Kelembapan Ruangan Ya!

Credit Image - kompas.com

Tahukah kamu bahwa kelembapan ruangan juga berpengaruh pada kelelahan mata yang dialami? Kalau kamu terlalu lama menghabiskan waktu dalam ruangan yang lembap – maka maka juga bisa mudah lelah, lho. Udara yang terlalu panas atau dingin sangat tidak baik untuk kesehatan mata.

Untuk mengatasinya, kamu dapat gunakan humidifier atau pelembap udara – yang bisa ditemukan di pasaran. Selain mencegah mata lelah, benda tersebut juga bisa mencegah kulit terlalu kering. Intinya, sesuaikan suhu ruanganmu ya. Hindari terlalu ekstrem!

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara menjaga kesehatan mata selama bekerja. Yuk, mulai sekarang terapkan sejumlah tips di atas!

 

 

Featured Image - orami.co.id

Source - cnnindonesia.com