5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Kehamilan membuat sang ibu harus mengubah pola makan. Ibu hamil biasanya harus lebih banyak makan makanan yang beragam, termasuk sayur dan buah. Karena, di dalam sayur dan buah terdapat berbagai macam nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin.

Lalu apa saja kebutuhan vitamin yang penting dipenuhi oleh ibu hamil? Berikut penjelasannya.

1. Vitamin C

5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Credit: Tribunnews

Vitamin C dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini kemudian dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi, yang dapat membantu ibu hamil terhindari dari anemia.

Kebutuhan vitamin C ibu hamil adalah sebesar 85 mg. kebutuhan ini bisa dipenuhi dari berbagai macam sayur dan buah, seperti jeruk, stroberi, papaya, mangga, brokoli, tomat, paprika merah dan hijau, serta kentang.

2. Vitamin D

5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Credit: Hello Sehat

Vitamin D dibutuhkan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih di dalam kandungan. Vitamin D bertugas mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh.

Selain dari sinar matahari, kebutuhan vitamin D bisa dipenuhi melalui makanan, seperti ikan berlemak (salmon, tuna, makarel, sarden, dan herring), telur, dan daging merah. Tidak hanya itu, beberapa makanan juga ada yang sudah diperkaya dengan vitamin D, seperti susu, sereal, dan jus buah.

3. Vitamin B Kompleks

5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Credit: Tribunnews

Vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 merupakan jenis vitamin B yang perlu dipenuhi kebutuhannya oleh ibu hamil. Berikut ini merupakan fungsi dari tiap vitamin B kompleks:

  • Vitamin B1, berfungsi untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf.
  • Vitamin B2, berfungsi untuk mempertahankan energi, menjaga penglihatan agar tetap baik dan sehat, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Vitamin B3, berfungsi untuk mendukung kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan.
  • Vitamin B6, diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mengatasi morning sickness.
  • Vitamin B12, berperan dalam sintesis DNA dan membantu mencegah bayi lahir cacar.

Selain vitamin B yang disebutkan di atas, asam folat juga merupakan salah satu bentuk vitamin B yang diperlukan untuk mendukung fungsi plasenta dan mencegah bayi dari cacat lahir. Kamu bisa mendapatkan vitamin B kompleks dari berbagai macam sayur dan buah, serta telur, ikan, seafood, daging, gandum, dan lain sebagainya.

4. Vitamin E

5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Credit: Medcom

Untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot, tubuh membutuhkan asupan vitamin E yang cukup. Kebutuhan vitamin E ibu hamil adalah 15 mg perhari. Dan ibu hamil bisa memperoleh vitamin E dari minyak sayur, kacang- kacangan,  bayam, dan sereal yang diperkaya dengan vitamin E.

5. Vitamin A

5 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil

Credit: Dokter Sehat

Vitamin A berfungsi untuk mendukung perkembangan penglihatan janin. Selain itu, vitamin A juga mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu, sehingga tidak mudah jatuh sakit. Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan vitamin A dalam bentuk betakaroten yang banyak terdapat pada buah dan sayur. Contohnya seperti wortel, bayam, brokoli, kale, mangga, paprika merah, dan ubi.

Kebutuhan vitamin A ibu hamil adalah 800-850 mcg, dan asupan maksimal vitamin A dalam sehari adalah 1000 mgc. Dan perlu diingat bahwa hindari mengonsumsi vitamin A melebihi angka maksimal, karena dapat membahayakan janin.

 

Featured Imagge - Pop Mama


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!