Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aktivitas dan kebiasaan sehari-hari – biasanya, kegiatan menjadi lebih terbatas, karena sebagian besar dilakukan di rumah. Kondisi tersebut pun dialami anak-anak, yang tetunya rentan membuat mereka merasa stres.

Bagaimana tidak? Jika biasanya anak selalu pergi ke sekolah, kemudian bermain bersama teman-teman, sekarang ia masih harus menjalani kegiatan belajarnya di rumah. Untuk itu, orangtua memiliki peran yang besar dalam mengatasi rasa stres yang dialami Si Kecil.

Ingatlah bahwa semakin semakin dideteksi, maka semakin cepat pula penanganan tepat yang dapat diambil. Dengan demikian, dampak buruk dari rasa stres, seperti daya tahan tubuh menurun pun tidak dialami oleh anak.

Lantas, bagaimana cara tepat untuk mengatasi stres pada anak selama pandemi Covid-19? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

Tanda Stres pada Anak Selama Pandemi, Perlu Diperhatikan!

Credit Image - bbc.com

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) setidaknya ada 13 tanda yang dapat terjadi ketika anak sedang mengalami stres, yaitu:

  • Adanya perubahan perilaku atau gestur yang tidak biasanya.
  • Emosi anak menjadi tidak stabil, mudah marah, atau mudah menangis.
  • Tidak bisa tenang.
  • Tampak sedih yang berlebihan.
  • Mudah putus asa.
  • Menarik diri dari lingkungan.
  • Tampak murung.
  • Hilang rasa percaya diri.
  • Terus menempel pada orang tua atau pengasuh.
  • Mengalami gangguan tidur, seperti sulit tidur, sering terbangun, sulit tidur setelah terbangun, dan mimpi buruk.
  • Sulit fokus atau berkonsentrasi.
  • Nafsu makan menurun.
  • Pada sebagian anak sering mengompol, padahal sudah bukan usianya lagi.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Credit Image - jatim.idntimes.com

Jika Si Kecil tengah mengalami stres di tengah pandemi, setidaknya ada 4 tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini di antaranya.

Pahami Dengan Tenang

Kunci untuk memahami anak-anak, yaitu dengan mendengarkan, menghibur, dan menyakinkan dirinya bahwa semuanya akan baik-baik saja. Di saat seperti ini, orangtua bertanggung jawab untuk meyakinkan anak bahwa masa sulit akan segera berakhir.

Jadi, kesulitan yang tengah dihadapi Si Kecil di masa sekarang akan segera selesai, terutama ketika ia dapat belajar beradaptasi dengan cepat. Beri tahu pula pada anak bahwa masa sulit tersebut akan berganti dengan hal-hal baik.

 

Memberikan Apresiasi

Dibanding harus memarahi anak terus-menerus – atau memperbaiki kesalahannya, cobalah untuk memuji anak sesekali. Kritik konstan sangat membebani anak, apalagi di kondisi pandemi Covid-19. Jadi, pastikan kamu tetap memberinya apresiasi, dan bersikap fleksibel ketika menghabiskan waktu bersamanya.

 

Tetap Dampingi Anak

Lebih banyak di rumah saja merupakan waktu yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, termasuk melakukan berbagai macam kegiatan. Misalnya, kamu bisa mengajak anak untuk melakukan permainan, menonton bersama, atau mengajaknya memasak.

Pastinya, anak akan langsung merasa excited dan menghargai kehadiran orangtua di tengah situasi yang sulit seperti sekarang ini. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu anak untuk meringankan stres yang tengah dirasakan.

 

Kembangkan Sisi Kreatif Si Kecil

Kemudian, orangtua juga dapat mengajak anak untuk melakukan aktivitas lainnya yang dapat mengembangkan kreativitas, seperti menggambar, membuat sketsa, maupun bernyanyi bersama. Sejumlah kegiatan tersebut merupakan ide yang bagus, lho!

Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan bahwa dirimu mau berbagi minat dengan anak. Bahkan, hal ini bisa membuat Si Kecil mulai mempertimbangkan orangtua sebagai teman.

 

Stres Bisa Lemahkan Imunitas Anak, Perkuat Dengan Cara Ini Ya!

Credit Image - id.theasianparent.com

Mesti diwaspadai, stres dapat melemahkan imunitas anak, lho. Untuk itu, kamu mesti mengajak anak untuk melakukan berbagai kebiasaan yang dapat menjaga daya tahan tubuhnya tetap maksimal, sehingga tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Adapun pola hidup sehat yang perlu diajari pada anak, yaitu perbanyak konsumsi makanan bernutrisi tinggi, mengajaknya untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, serta pastikan Si Kecil sudah mendapat waktu tidur yang cukup ya.

Untuk mendukung gaya hidup sehat yang dianjurkan selama pandemi Covid-19 – lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan buat Si Kecil?

Direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup secara rutin untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin anak. Multivitamin andalan ini memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit, menjaga anak tetap aktif selama masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, sekaligus dapat membantu pembentukan tulang dan gigi.

 

Jadi, apakah anak kerap mengalami stres di masa pandemi? Yuk, coba terapkan 4 tips di atas untuk mengatasinya!

 

 

Featured Image - klubwanita.com

Source - kompas.com