Saat ini, salah satu klaster penyebab penularan virus corona semakin masif, yaitu klaster keluarga. Seringkali dianggap remeh, hal tersebut seringkali disebabkan oleh kegiatan menerima tamu – alias, ada orang yang dikenal mengunjungi rumah.

Memang, klaster keluarga bukanlah hal yang baru. Meski demikian, kondisi ini harus semakin diwaspadai, sebab transmisi virus corona yang terjadi dalam rumah lebih mudah terjadi.

Klaster keluarga merupakan penularan Covid-19 di dalam rumah. Yang disebabkan oleh satu anggota terinfeksi, kemudian menularkan anggota keluarga lainnya. Dengan adanya kondisi ini – penyebaran virus dikhawatirkan semakin masif, bahkan bisa menularkan ke tetangga.

Lantas, amankah menerima tamu di rumah ketika pandemi? Lalu, jika ingin menolaknya, hal apa ya yang perlu dilakukan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

Menerima Tamu Selama Pandemi, Amankah Dilakukan?

Credit Image - suara.com

Sayangnya masih banyak yang berpikiran bahwa aman untuk menerima tamu di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, tak sedikit pula yang mengatakan kalau “Pasti aman kok, dia kan saudaraku….” Atau “Tidak apa-apa, dia kan temanku”.

Padahal kamu tidak akan pernah tahu sepenuhnya sistem imunitas – dan juga riwayat perjalanan seseorang yang ditemui. Jadi menerima tamu ketika pandemi, sebaiknya sangat dihindari. Sebab, hal ini memiliki risiko tinggi akan transmisi virus, yang akhirnya bisa menyebabkan klaster keluarga.

 

Jika Ingin Menolak Tamu ke Rumah, Apa yang Perlu Dilakukan?

Credit Image - parade.com

Mencegah lebih baik daripada mengatakan maaf! Sebaiknya, jika tidak karena urusan mendesak, hindari menerima tamu di rumah selama pandemi ya. Nah, untuk memudahkanmu menolak keinginan tersebut – berikut ini tips yang bisa dilakukan agar penolakan bisa dilakukan secara sopan.

  • Kamu dapat berikan alasan jujur, misalnya tidak menerima tamu karena menjaga kesehatan orangtua.
  • Memberikan alternatif, seperti mengajak silaturahmi melalui telepon atau video call.
  • Menawarkan untuk memberikan hampers. Katakan bahwa sebelum bisa bertemu, kamu akan mengirimkan makanan atau barang untuk teman maupun saudara.

Nah, tapi jika terpaksa harus menerima tamu – pastikan kamu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, perhatikan pula faktor Ventilasi-Durasi-Jarak, yaitu memilih untuk bertemu di teras – di ruang terbuka, atau di tempat yang sirkulasi udaranya baik.

Kemudian, batasi waktu bertemu di bawah durasi 15-30 menit. Dan, tetap menerapkan jaga jarak setidaknya 2 meter antar individu. Yang pasti, tetap gunakan masker ketika harus menerima tamu – dan, melakukan interaksi dengan orang tersebut.

 

Pertahankan Daya Tahan Tubuh Untuk Optimalkan Perlindungan

Credit Image - kompas.com

Yang tidak kalah penting, selain menerapkan protokol kesehatan, menjaga imunitas juga penting dilakukan. Kamu sangat dianjurkan menjalani gaya hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga — aktif bergerak bisa kurangi risiko infeksi virus, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik.

Selain itu, optimalkan pula kekuatan imunitas tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin lengkap – kaya akan vitamin yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan! Untuk itu, kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap harinya, lho.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, bisa juga minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah kebiasaan baik tersebut pun mesti terus diterapkan, walaupun nantinya kamu sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

 

Jadi, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya bahwa menerima tamu ketika pandemi sebaiknya dihindari terlebih dahulu! Yuk, tetap lindungi diri sendiri dan keluarga agar risiko infeksi virus dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - goodhousekeeping.com

Source - instagram.com/@pandemictalks