Setiap pekerjaan memang memiliki risiko kesehatan masing- masing. Misalnya, pekerja pabrik berisiko tinggi mengalami gangguan pernapasan dan penyakit jantung karena lingkungan pekerjaannya yang juga berbeda dengan pekerja kantoran pada umumnya.

Meski terlihat enak dan nyaman, duduk di kursi seharian penuh dan tidak melakukan aktivitas berat, ternyata bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, dari yang ringan hingga berat sekalipun. Tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, performa kerja pun bisa terganggu. Apa saja masalah kesehatan yang sering dialami oleh pekerja kantoran? Berikut penjelasannya.

1. Masalah otot dan rangka

Credit: Alodokter

Pekerjaan sehari- hari yang menuntutmu untuk duduk lama di depan komputer dapat mengubah postur tubuh, sehingga menyebabkan masalah otot dan rangka seperti nyeri pada punggung dan leher.

Selain itu, membungkuk ke depan selama bekerja untuk melihat komputer juga bisa membuat leher menjadi stress, terutama pada bagian yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala. Postur yang buruk juga merusak otot punggung dan bahu, karena otot ini memanjang secara berlebihan untuk membungkuk dalam waktu yang lama. Masalah pada otot dan rangka juga bisa terjadi pada lengan, terutama pada pergelangan tangan yang terus menerus dipakai untuk mengetik.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Perbaiki postur tubuh ketika duduk. Usahakan untuk duduk dengan posisi punggung tegak dan jangan membungkuk. Selain itu, buat bahumu menjadi rileks.
  • Jika kamu bekerja di depan komputer selama seharian, maka sebaiknya posisikan komputer mu lurus dengan pandangan mata. Jadi, tidak membuatmu harus mendongak atau menunduk. Karena hal ini bisa membuat otot- otot bagian leher menjadi cepat lelah.
  • Jangan lupa membiasakan diri melakukan olahraga rutin. Selain olahraga, kamu juga bisa melakukan gerakan- gerakan sederhana selama duduk di kantor agar otot tidak tegang.

2. Masalah kesehatan mata

Credit: Merdeka

Masalah kesehatan juga sering dialami oleh pekerja kantoran terutama mata memerah, kelopak mata bengkak, mata iritasi, penurunan kemampuan penglihatan, sakit kepala dan pusing. Sebagian besar kondisi ini disebabkan oleh penerangan ruangan yang tidak baik, misalnya ruangan kerjamu yang terlalu gelap dan komputermu memiliki pencahayaan yang terlalu terang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa perbaiki penerangan ruangan di kantormu. Bila lampu ruangan terlalu redup, maka sebaiknya ganti dengan lampu cahaya yang lebih terang. Selain itu, usahakan untuk menggunakan pelapis monitor yang membuat cahaya dari komputer tidak langsung merusak mata.

Kamu juga sebaiknya memeriksakan kesehatan mata setidaknya 1-2 kali dalam satu tahun. Terutama, jika kamu menggunakan kacamata, maka risiko masalah kesehatan mata yang mungkin kamu alami akan semakin besar.

3. Masalah pendengaran

Credit: Cosmopolitan

Pekerja kantoran juga berisiko mengalami masalah pendengaran akibat hiruk pikuk suara yang terdengar saat bekerja. Beberapa penyebab yang mungkin membutmu mengalami gangguan pendengaran yaitu seperti suara hingar bingar, dering telepon, maupun peralatan elektronik yang mengeluarkan suara dan sering digunakan. Atau bisa juga diakibatkan oleh penggunaan headset dengan volume yang terlalu kencang ketika kamu ingin focus bekerja tanpa gangguan.

Jika kamu menggunakan headset sebagai peredam suara- suara yang mengganggu, pastikan bahwa kamu tidak menyalakan lagu terlalu kencang agar tidak merusak telinga. Dan jangan lupa untuk mengistirahatkan telingamu dari heaset  yang digunakan, lepas headset sesekali untuk memberikan telinga waktu untuk bernapas.

 

Featured Image - Hello Sehat