Ketika seseorang dinyatakan positif Covid-19, serta mengalami gejala ringan, biasanya akan dirujuk untuk melakukan isolasi mandiri, setidaknya selama 14 hari. Tujuannya agar kesehatan pasien dapat segera pulih. Untuk yang tengah mengalami kondisi tersebut – yuk, tetap semangat ya! Mari sama-sama lawan Covid-19 agar rantai penularan segera terhenti.

Meski demikian, kondisi isolasi mandiri tak jarang membuat seseorang justru malas bergerak, lho. Bahkan, tak sedikit yang lebih senang untuk rebahan saja. Padahal, untuk mempercepat proses pemulihan, perlu dilakukan berbagai kegiatan agar tubuh tetap bugar.

Tidak hanya soal fisik saja, namun kebugaran secara mental juga penting diperhatikan, mengingat ketika isolasi mandiri – pasien diharuskan seorang diri. Lantas, apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran selama masa isolasi?

Yuk, simak 5 tipsnya berikut ini!

 

 

Tetap Rajin Minum Air Putih Ya

Credit Image - topmedia.co.id

Hal pertama yang perlu diterapkan, yaitu rajin minum air putih. Memang sih hal ini bukanlah penjamin bisa lekas sembuh dari Covid-19, meski demikian menjaga tubuh agar tetap terhindari sangatlah penting, lho. Tak jauh-jauh, rajin minum air putih dapat membantu mempertahankan daya tahan tetap optimal.

Dengan mengonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas setiap harinya, fungsi ginjal, kesehatan jantung, maupun keseimbangan elektrolit tubuh dapat terjadi. Selain itu, kebiasaan ini pun dapat berdampak baik pada kesehatan kulit!

Jadi, selama isolasi mandiri, minum air yang cukup penting dilakukan ya. Pastinya, kamu tak ingin selama isolasi malah menambah penyakit baru hanya karena dehidrasi, kan?

 

Yuk, Rajin Berolahraga!

Sedang karantina mandiri? Ingat, ini bukanlah alasan menjadi malas bergerak, lho! Usahakan untuk tetap berolahraga, atau melakukan kegiatan fisik lainnya, misalnya membersihkan kamar – intensitas ringan saja sudah cukup kok.

Beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan, yaitu yoga, jogging di tempat, senam aerobik, Zumba, maupun olahraga kardio lainnya. Tapi ingat, sesuaikan kembali dengan kemampuan tubuhmu ya, jangan terlalu dipaksakan! Dengan rutin olahraga, kesehatan secara fisik maupun mental makin terjaga.

 

Jangan Lupa, Latih Pula Kekuatan Tubuhmu

Credit Image - athletico.com

Ternyata, ada banyak manfaat untuk melatih kekuatan tubuh, mulai dari dapat meningkatkan kekuatan, keseimbangan, sampai meningkatkan fleksibilitas tubuh. Namun, hal tersebut dapat diperoleh apabila rutin melakukannya ya.

Selama isolasi mandiri, kamu pun tetap boleh melakukan latihan kekuatan, lho. Jenis olahraga yang bisa menjadi opsi, seperti push up – atau bisa juga sit up. Lakukan olahraga sebanyak dua sampai empat set dengan 15 kali repetisi.

Jangan lupa, usai melakukan latihan kekuatan, berikan jeda selama 2 sampai 3 menit di setiap sesinya agar tubuh dapat beristirahat sejenak.

 

Lakukan Hal yang Digemari

Sebelum isolasi mandiri, mungkin saja kamu tak memiliki banyak waktu untuk sekedar menjalani hobi – atau melakukan aktivitas favorit lainnya. Nah, selama isolasi pasti ada waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk menghidupkan kembali hobi tersebut.

Misalnya, apakah kamu suka menulis? Maka selama isolasi boleh melakukan kegiatan tersebut. atau, justru kamu suka menari? Silahkan lakukan aktivitas yang sekaligus bisa menjaga kebugaran tubuh kamu ya!  Intinya, usahakan untuk selalu membangun suasana hati yang senang agar tubuh semakin cepat pulih.

 

Tetap Konsumsi Vitamin Untuk Tingkatkan Kekebalan

Credit Image - beaumont.org

Selain menerapkan berbagai tips di atas, selama masa isolasi mandiri, pastikan pula kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin harian yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun vitamin yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi, yaitu Vitamin C.

Jika biasanya kamu disarankan mendapat asupan Vitamin C dari sumber makanan, agar makin maksimal, dianjurkan pula mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki sejumlah kandungan vitamin, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Atau, kamu dapat konsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Wah, itulah kelima tips yang dapat diterapkan untuk bantu meningkatkan kebugaran selama masa isolasi mandiri. Apakah kamu tengah menjalani karantina? Yuk, terus semangat dan yakinlah bahwa kondisi ini akan segera berlalu!

 

 

Featured Image - hrsolutions-uk.com

Source - popmama.com