Tahukah kamu bahwa cara menghilangkan stres menjadi pencarian yang paling utama ketika harus tetap berada di rumah selama pandemi? Ya, seperti diketahui, meningkatnya kasus positif virus corona membuatmu meminimalisir risiko terpapar Covid-19.

Selain berada di rumah saja, WHO pun menyarankan untuk menerapkan jaga jarak, bekerja di rumah, menggunakan masker ketika bepergian, rajin mencuci tangan, serta menghindari kerumunan. Hal tersebut memang sebaiknya dipatuhi – untuk membantu memutus rantai penularan.

Tanpa disadari, keadaan tidak pasti selama pandemi membuatmu lebih mudah panik dan stres – setuju? Kalau sudah begini, apa yang mesti dilakukan agar diri tetap merasa tenang? Berikut ini ada 5 tips yang dapat membantumu.

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Lakukan Aktivitas Seperti Biasanya

Credit Image - cnnindonesia.com

Baik tidur, olahraga, maupun makan – sebisa mungkin lakukan aktivitas tersebut seperti biasanya. Tidur yang cukup, olahraga teratur, serta makan sehat dapat membantumu mengatasi stres selama pandemi, mengurangi rasa cemas, dan tentunya dapat mempertahankan imunitas yang kuat.

Mulai sekarang, cobalah sempatkan waktu seperti 15 menit setiap harinya untuk membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran. Ini menjadi salah satu cara mengatasi stres yang paling ampuh, lho. Lakukan aktivitas fisik setiap harinya, meskipun hanya jalan-jalan di sekitar rumah saja.

Selain itu, kamu juga dapat mengikuti berbagai latihan online yang sudah banyak tersedia, termasuk di YouTube – atau mengikuti kelas yoga online yang baik untuk kesehatan fisik dan mental.

 

Menarik Napas yang Dalam

Perlu diketahui bahwa orang yang tertekan cenderung mengambil napas yang cepat dan pendek – hal ini dapat memperburuk respons tubuh, jadi perlu dihentikan segera! Bahkan, kalau dibiarkan dalam waktu lama, sistem pencernaan dapat terganggu, serta kekebalan tubuh akan melemah.

Untuk memperoleh rasa tenang, cobalah bernapas secara perlahan dan dalam, sebanyak lima sampai enam napas dalam satu menit. Kamu dapat melakukannya selama seperempat jam – atau lebih dalam sehari. Cara mengatasi stress satu ini juga cocok untuk mengatur suasana hati dan perasaan cemas.

 

Cobalah Untuk Berpikir Jangka Pendek

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Sebagian dari kamu pasti masih banyak yang memikirkan “kapan ya pandemi akan segera usai?”, namun menurut jurnal dari Personality and Individual Differences, berpikir jangka pendek merupakan cara yang efektif untuk menangani stres, serta memberikan rasa tenang terhadap pikiran.

Misalnya, kamu dapat memetakan dan mengikuti rencana untuk satu minggu ke depan – atau untuk hari berikutnya. Hal ini bisa membantu mengontrol rasa stres yang dialami. Seorang psikolog klinis Paula A. Madrid, dari New York City – menyarankan untuk membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti menelepon teman, mencoba resep baru, atau berkebun.

 

Tetap Berkomunikasi Dengan Kerabat

Memang saat ini kamu disarankan untuk tetap di rumah saja, namun tak perlu khawatir – sebab ada teknologi yang dapat memudahkanmu agar tetap terhubung dengan orang lain. Tentunya, hal ini dapat mencegah diri mengalami stres dan memberikan rasa tenang.

Misalnya, lakukan sesi olahraga online, berkabar dengan keluarga – atau teman melalui video call maupun menggunakan layanan konferensi video seperti Google Hangouts, Skype, atau Zoom, yang gratis. Tetap terkoneksi dengan orang terdekat terbukti menjadi cara mengatasi stres yang ampuh, lho.

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial, sehingga kehidupan berhubungan dan berinteraksi menjadi salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi. Dengan tetap berkomunikasi, kamu pun bisa berbagi emosi dan pengalaman, memberikan – atau menerima dukungan yang membuat diri merasa lebih tenang.

 

Menikmati Udara Luar

Credit Image - suara.com

Penelitian menunjukkan bahwa melihat pemandangan alami, seperti pohon, halaman, dan taman, dapat mengurangi gejala stress. Jadi, cobalah untuk menghabiskan waktu di alam – karena,  banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Menghabiskan 20 menit untuk berhubungan dengan alam dapat membantu menurunkan kadar hormon stres. Tapi, bagaimana melakukan kegiatan ini selama pandemi? Kamu dapat berjalan di taman sekitar rumah, atau bercocok tanam di halaman rumah.

Bahkan, duduk di dekat jendela yang terpapar sinar matahari pun juga dapat memberikan manfaat baik, termasuk meningkatkan kualitas tidur.

 

Wah, bagaimana nih? Cukup jelas ya ulasan mengenai 5 cara untuk membantu membuatmu merasa tenang, sekaligus meredakan stres selama pandemi. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image - berkeluarga.id

Source - orami.co.id