Tak bisa dipungkiri, pandemi telah menyebabkan sebagian besar orang merasa sepi – yang akhirnya dapat menimbulkan masalah kesehatan mental, termasuk depresi. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, sebanyak 47 persen responden mengaku mengalami gejala depresi.

Hal serupa pun ditunjukkan di media sosial, di mana para pekerja kerap mengeluh akan kondisi burnout – yang kerap terjadi akibat kebijakan work from home. Hal ini memang wajar terjadi, karena selama pandemi mobilitas masyarakat menjadi sangat terbatas.

Memang, mungkin awalnya terasa sulit karena kamu harus beradaptasi dengan kondisi yang serba tidak pasti. Jika dahulunya masih bisa bertemu orang dengan mudah – kini, selama pandemi, kondisi harus berbanding terbaik.

Untuk mengatasi rasa stres, cemas, maupun depresi – ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan agar pikiran tetap positif, serta kamu pun bisa berdamai dengan situasi masa kini. Lantas, apa saja kegiatan tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Luangkan Waktu Untuk Berolahraga

Credit Image - jasindo.co.id

Berada di rumah saja, bukan berarti kamu boleh malas untuk melakukan aktivitas fisik, lho. Bahkan, bukan rahasia lagi, kalau masyarakat semakin menggandrungi olahraga, seperti tren bersepeda – yang bertahan hingga saat ini.

Tapi, tetap aktif bergerak tak harus mengikuti tren olahraga melulu, lho. Kamu bisa memilih kegiatan fisik yang sesuai dengan kebutuhan, serta kemampuanmu. Misalnya, cobalah berolahraga sederhana, seperti jalan kaki, atau jogging di daerah yang cukup aman – dan pastinya tidak ada kerumunan.

Bergerak dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan berdampak baik pada mood bahagia. Apalagi, kamu akan fokus menikmati pergerakan badanmu dan lingkungan sekitar, sehingga lebih bisa mindful.

 

Mendekatkan Diri Dengan Alam

Tahukah kamu bahwa ada konsep “forest bathing” asal Jepang yang mengajakmu untuk menikmati suasana pepohonan? Ya, aktivitas yang satu ini ternyata sudah terkenal, bahkan bisa membantumu menurunkan stres, menenangkan diri, serta memberikan pikiran yang lebih positif.

Apalagi, kalau kamu sudah di rumah selama 24 jam berhari-hari. Tentu saja rasa jenuh dan penat sering menghampiri, kan? Tapi, jia ingin melakukan kegiatan ini, tetap patuhi protokol kesehatan ya! Hindari keramaian, dan cobalah habiskan waktu selama 30 sampai 60 menit berada di tengah pepohonan.

 

Bertukar Kado Dengan Keluarga dan Teman

Credit Image - berkeluarga.id

Meskipun terhalang jarak, tapi ini bukanlah alasan untuk tidak berkomunikasi, lho. Kamu dapat menyampaikan salam – dan kasih sayang melalui kado makanan delivery, benda favorit teman atau keluarga, maupun hampers cantik.

Menyayangi, mengayomi, dan terhubung kepada orang terdekat adalah naluri alamiah manusia. Jika biasanya kamu melakukannya melalui tatap muka, kini kamu bisa melakukannya melalui jarak jauh, kan? Ucapan terima kasih dan kebahagiaan dari keluarga maupun teman pun bisa membuatmu merasa tidak sendiri lagi.
 

Memasak Menu yang Belum Pernah Dicoba

Wah, siapa sangka kalau memasak bisa menjadi aktivitas yang tepat untuk melepaskan rasa stres, cemas, maupun mengobati rasa kesepian? Bahkan, kegiatan yang satu ini dapat menjadi meditasi bagi banyak orang, lho.

Menikmati setiap irisan pisau di sayuran atau meracik bumbu agar menjadi santapan berkualitas bisa membuatmu lebih tenang dan lega. Energi berlebihan akibat rasa kesepian bisa tersalurkan melalui kegiatan positif dengan bonus makanan lezat.

 

Tidur Tepat Waktu Juga Bisa Membantu

Credit Image - ab-eyes.com

Sudah diketahui bahwa tidur yang cukup – dan pastinya berkualitas dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa membantu mempertahankan sistem kekebalan, sehingga tubuh tak mudah sakit.

Tapi, tahukah kamu bahwa tidur tepat waktu juga bisa bantu mengatasi rasa cemas dan stres? Pikiran negatif yang sering muncul ketika kelelahan, kurang tidur, dan masih terbangun di malam hari – menjadi salah satu penyebab timbulnya stres, lho. Jadi, hindari menunda waktu untuk tidur. ingatlah bahwa badan yang sehat berpengaruh terhadap kesehatan mental yang kuat.

 

Nah, itulah kelima kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk membantu mengusir depresi dan rasa sepi selama pandemi. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image - wellnessed.com

Source - kompas.com