Tak bisa dipungkiri, kesehatan merupakan suatu hal yang paling berharga bagi setiap individu. Apalagi, di masa pandemi Covid-19, memiliki tubuh sehat adalah sesuatu yang mahal. Ketika kondisi tubuh sudah bugar, maka kamu bisa menjalani berbagai aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Kesehatan tubuh tentunya berkaitan erat dengan sistem kekebalan – yang berperan penting untuk menghalau berbagai macam penyakit agar tidak mudah menyerang tubuh. Tapi, tahukah kamu bahwa sistem imunitas dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan berserat?

Ya, makanan berserat memang dikenal dapat menjaga kesehatan pencernaan. Hal inilah yang akhirnya bisa membantu menghindari tubuh dari berbagai macam penyakit – termasuk yang berkaitan dengan saluran pencernaan, seperti GERD, tukak lambung, hepatitis, atau batu empedu. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat juga akan membantu memenuhi syarat menu 4 sehat 5 sempurna, lho.

Lantas, bagaimana bisa sih makanan berserat – ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Jaga Kesehatan Pencernaan Dengan Konsumsi Makanan Berserat

Credit Image - helpguide.org

Seperti diketahui, serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan. Nutrisi yang satu ini terdapat banyak pada sayuran dan buah. Karena sifatnya yang tidak bisa dicerna tersebut – makanan berserat akan diproses melewati usus halus, mencapai usus besar, kemudian dikeluarkan tubuh sebagai feses.

Jenis makanan berserat dikenal dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, serta mencegah terjadinya sembelit. Contohnya, serat dapat memperbanyak volume feses, membuat feses lebih lembut, dan jadi lebih mudah melewati usus. Pada akhirnya, sisa-sisa kotoran di dalam usus dapat terbuang dengan mudah dan cepat.

Selain itu, makanan berserat juga sangat baik untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, lho. Pasalnya, beberapa jenis serat dapat menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik dalam usus – kemudian, membantu bakteri tersebut untuk berkembang biak. Peran bakteri baik akan memproduksi berbagai zat yang dapat melindungi kesehatan usus.

 

Lalu, Apa Kaitan Makanan Berserat Dengan Kekebalan Tubuh?

Credit Image - wolipop.detik.com

Yang sudah pasti, makanan berserat dapat meningkatkan daya tahan tubuh – atau disebut juga sebagai sistem imunitas. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa bagian di dalam usus yang bertugas mencegah terjadinya infeksi – atau serangan patogen dari luar.

Berbagai jaringan limfoid yang kaya akan sel imun, seperti sel T, sel plasma, sel mast, sel dendritik, dan makrofag – sangat banyak ditemukan di usus. Begitu pula dengan penghalang kuat terhadap sumber penyakit, hal tersebut bisa ditemukan pada dinding usus, lho. Ditambah lagi dengan aktivitas bakteri baik yang berfungsi sebagai penguat sistem kekebalan.

Untuk itu, jika kamu terserang penyakit, ada kemungkinan sistem imun dalam usus sedang diserang. Sebab, sebagian besar sistem pertahanan tubuhmu berada di saluran pencernaan. Jadi, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsi makanan berserat – agar sistem pencernaan tetap sehat, serta terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Berdasarkan angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan serat harian seseorang bervariasi. Kebutuhan tersebut dibagi berdasarkan usia dan jenis kelamin seperti berikut ini:

  • Kebutuhan serat pria sekitar 27-37 gram per hari.
  • Kebutuhan serat wanita sekitar 27-32 gram per hari.
  • Kebutuhan serat bayi dan anak-anak sekitar 11-23 gram per hari.

Sebagai pembanding, 27 gram serat terkandung dalam 300 gram sayuran dan 100 gram buah. Sebanyak 300 gram sayuran setara dengan 3 gelas kecil. Sedangkan 100 gram buah, setara dengan 2 buah pisang ambon atau 2 buah jeruk berukuran sedang.

Beberapa jenis makanan mengandung serat lainnya yang bisa kamu konsumsi, yaitu gandum utuh serta kacang-kacangan.

 

Tips Menjaga Kekebalan Tubuh Lainnya – Juga Perlu Dilakukan!

Credit Image - reqnews.com

Tak hanya rutin mengonsumsi makanan berserat saja, tetapi untuk menjaga daya tahan tubuh, tentu perlu diimbangi dengan berbagai kebiasaan sehat lainnya. Hal yang bisa kamu lakukan – dimulai dari memiliki pola makan bergizi seimbangrutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal.

Dan pastinya, dianjurkan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C – yang memang dikenal dapat menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, risiko terserang berbagai macam penyakit bisa diminimalisir, termasuk Covid-19.

Untuk suplemen Vitamin C, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C – multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C baik dalam bentuk tablet – yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra, sekaligus bisa memberikan sensasi segar sepanjang hari. Jadi, sudahkah kamu konsumsi multivitamin Enervon-C secara rutin?

 

Nah, itulah ulasan mengenai makanan berserat yang ternyata dapat menjaga sistem imunitas tubuh. Jangan lupa, tetap imbangi dengan kebiasaan sehat lainnya agar kekebalan dapat terjaga secara optimal ya!

 

 

Featured Image - almanac.com