Setiap harinya setiap individu pasti membutuhkan asupan untuk membuat tubuh menjadi lebih semangat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung gula. Gula atau glukosa – memang dapat memberikan energi untuk tubuh, terutama untuk respirasi, irama jantung, dan lain-lainnya.

Secara tidak langsung, gula memang jadi salah satu hal yang dikonsumsi agar dapat Diabetes.

Diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang masuk ke dalam golongan komorbid Covid-19. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui pola asupan gula setiap harinya agar terhindar dari penyakit ini.

Agar bisa menghindarinya dengan tepat, simak 5 kebiasaan bisa memicu kamu terjangkit diabetes di bawah ini!

 

 

Hindari Mengonsumsi Minuman Manis dalam Kemasan

Credit Image - medium.com

Diabetes bukanlah penyakit yang bisa tumbuh dalam sehari semalam layaknya virus flu, namun diabetes dapat tumbuh karena adanya kebiasaan yang tidak sehat secara terus menerus. Meskipun tubuh membutuhkan gula, ada baiknya kamu menghindari untuk mengonsumsi minuman manis berlebih.

Hal yang sudah menjadi kebiasaan ini memang hampir susah untuk dihindari, karena adanya kebiasaan yang dimiliki ketika ingin menyegarkan tubuh untuk menghilangkan dahaga adalah membeli minuman manis dalam kemasan ataupun minuman bersoda. Faktanya, untuk menghilangkan dahaga kamu sebenarnya hanya membutuhkan air!

Thomas Horowitz, selaku ahli spesialis pengobatan di CHA Hollywood Presbyterian Medical Center di Los Angeles mengatakan bahwa kandungan gula dalam minuman kemasan sangatlah tinggi. Dalam artikelnya yang berjudul “Eat This, Not That!”, Hotowitz menyarankan untuk mengonsumsi minuman manis yang terbuat dari pemanis alami, bukan buatan seperti minuman dalam kemasan.

 

Hindari Makanan yang Mengandung Gula

Setelah menjelaskan bahwa minuman dalam kemasan terdapat gula buatan yang dapat memicu diabetes, ternyata makanan dengan banyak mengandung gula juga memiliki risiko yang sama. Diabetes merupakan penyakit yang membuat tubuh tidak bisa menyediakan insulin secara cukup dan masuk ke dalam sel-sel lapar yang ada di dalam tubuh.

Agar suplai insulin terpenuhi dengan baik, kamu bisa menghindarinya dengan melakukan diet gula. Horowitz menyarankan untuk memilih protein yang memiliki kadar gula yang cukup bagi tubuh – seperti biji-bijian, sayur, serta buah-buahan.

Seperti yang dikatakan di atas – bahwa gula alami akan lebih mudah diserap oleh tubuh dan akan lebih mudah diproses menjadi insulin. Gula alami juga akan menghasilkan energi lebih baik untuk tubuh, lho!

 

Hentikan Gaya Hidup Kurang Aktivitas

Credit Image - ilovelife.co.id

Selain pola makan, ternyata diabetes juga dapat dihindari dari gaya hidup yang tidak baik. Salah satunya adalah kurangnya aktivitas atau gaya hidup kurang bergerak. Hal ini ternyata jadi salah satu faktor utama diabetes – dan pastinya harus dihentikan.

Agar bisa terhindari, ada baiknya kamu lebih banyak bergerak dan melakukan aktivitas yang membuat tubuh lebih produktif. Aktivitas yang dimaksud bukan dengan bekerja hingga lupa waktu, ataupun berolahraga secara berlebihan – melainkan dengan berjalan kaki di pagi hari, tidak tidur sehabis makan, atau sekedar bergerak untuk membersihkan kamar atau rumah.

Dengan beraktivitas, kamu dapat meningkatkan sensivitas insulin dan juga memperlambat perkembangan diabetes. Selain itu, dengan bergerak – kamu juga bisa membuang energi yang sudah diproduksi secara alami oleh tubuh agar tidak terbuang sia-sia.

 

Jangan Terlalu Banyak Duduk

Olahraga memang jadi salah satu faktor untuk menghindari diabetes yang bisa dilakukan, namun meskipun kamu sudah berolahraga secara teratur – namun kebiasaan dengan banyak duduk bisa membuat kamu terkena diabetes, lho!

Hal ini terjadi karena dengan kebiasaan ini kamu akan memperlambat metabolisme untuk meningkatkan gula darah, melemahkan otot, serta membahayakan kesehatan jantung sendiri. Untuk mengindari hal ini, kamu bisa bergerak dengan beridri, berjalan, atau naik dan turun tangga selama 5 menit hingga 10 menit setiap jamnya.

 

Hindari Melakukan Binge Eating

Credit Image - verywellhealth.com

Salah satu kebiasaan yang juga sering terjadi adalah makan tanpa kendali atau binge eating. Kebiasaan yang satu ini akan membuat konsumsi makanan dengan kadar gula yang berlebih dan berisiko untuk terkena diabetes.

Untuk menghindari kebiasaan ini, kamu bisa melakukan pertimbangan secara sadar – apakah makanan yang akan dikonsumsi karena lapar, sekadar lapar mata, atau bahkan karena bosan saja. Dengan makan penuh kesadaran ini kamu akan bisa membatasi diri dari konsumsi makanan yang berlebih – dan tentunya harus mempertimbangkan waktu makannya juga, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tinggi di malam hari.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai hal yang dapat memicu diabetes. Hati-hati, penyakit yang satu ini juga termasuk dalam komorbid Covid-19, lho. Untuk itu, yuk lakukan sejumlah tips di atas agar risiko diabetes dapat diminimalisir!

 

 

Featured Image - popmama.com

Source - cnnindonesia.com