Memiliki kesibukan yang padat memang membuat banyak orang akhirnya memilih jalan yang serba instan, termasuk dalam hal memilih makanan. Kesibukan yang dialami sehari- hari membuat banyak orang sulit untuk memasak, menyiapkan makanan sehat, atau bahkan menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Tapi jangan khawatir, untuk memudahkanmu beraktivitas dan tetap menjaga kesehatan tubuh, berikut tips untuk tetap menerapkan kebiasaan hidup sehat di tengah kesibukan yang kamu jalani sehari- hari.

1. Siapkan porsi makanan

Credit: Hello Sehat

Ketika kamu memiliki waktu untuk memasak, terutama di akhir pekan, kamu bisa memanfaatkan sebaik- baiknya. Masaklah makanan sehat dalam porsi besar untuk beberapa hari ke depan. Lalu, bagi setiap makanan ke dalam wadah secara terpisah dan simpan persediaan makanan pada sebuah wadah yang kedap udara agar makanan tidak cepat basi. Mengontrol porsi makanan adalah cara termudah untuk mengetahui berapa banyak kalori yang kamu konsumsi sehari- hari.

2. Hindari menunda makan

Credit: Fimela

Aturan yang paling penting adalah hindari menunda makan. Hal yang sering terjadi ketika jam makan siang datang namun kamu sedang diburu deadline adalah kamu lebih memilih untuk tidak makan dan menahan rasa lapar. Hal tersebut justru dapat membuat rasa lapar dan keinginanmu untuk makan semakin tinggi. Tidak hanya itu, bekerja dalam keadaan lapar malah membuat kamu lelah dan tidak produktif.

3. Hanya pesan makanan sehat

Credit: Food Detik

Buatlah program makanan sehatmu lebih mudah dengan cara memesan makanan sehat dari catering atau rumah makan favoritmu. Setelah lelah bekerja seharian, kamu pasti tidak ingin menghabiskan waktu untuk memasak di dapur. Selain itu, memesan makanan sehat dan segar bisa membuat hidupmu lebih mudah. Karena, makanan diantar ke rumah dan kamu bisa menghemat waktu hingga 15 jam per minggu untuk masak dan belanja kebutuhan di pasar.

4. Memadupadankan warna

Credit: Honest Docs

Ternyata warna memiliki pengaruh besar dalam kebiasaan makan kita. Karena, ternyata warna bisa mempengaruhi nafsu makan. Contohnya, warna merah mampu meningkatkan nafsu makan, sedangkan warna biru justru mampu menahan nafsu makan.

Ketika sedang di kantor atau di dapur, buatlah area makanmu dengan sentuhan warna biru dan gunakan warna piring yang kontras dengan warna makanan. Hal ini akan membuat mata terfokus pada warna makanan yang mampu mempengaruhi pikiran seberapa banyak makanan yang akan kamu konsumsi.

5. Mengubah ukuran piring

Credit: Hello Sehat

Percaya atau tidak, rasa kenyang itu dikontrol oleh persepsi seberapa banyak makanan yang kamu konsumsi. Mengubah ukuran piring saji akan membuat ilusi visual yang mampu mengarahkan pikiran mengenai seberapa banyak makanan yang akan dikonsumsi. Untuk selanjutnya, kamu bisa coba untuk menyiapkan sayuran di piring yang besar dan jenis makanan apapun yang tidak sehat di piring yang lebih kecil.

6. Siapkan camilan sehat

Credit: Pop Bela

Rasa lapar adalah respon natural dari tubuh ketika kamu tidak makan selama 3-4 jam, dan seringnya malah memicu konsumsi makanan yang tidak sehat saat jam makan. Dengan mengonsumsi camilan akan membantu melewati rasa lapar sesaat sebelum waktu makan.

Usahakan makan makanan yang mengandung setiaknya 200 kalori dan hindari makanan yang mengandung banyak gula. Makanan rendah gula akan melepaskan energi kamu secara perlahan seperti yogurt bebas lemak, buah beri, kacang- kacangan, atau biji- bijian.

7. Matikan gadget

Credit: Republika

Orang yang sering terdistraksi oleh teknologi di jam makan, akan mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan mereka yang mematikan gadgetnya sejenak dan focus pada makanannya. Luangkan waktumu untuk mematikan gadget  saat makan agar kamu fokus, sehingga nafsu makan juga dapat lebih terkontrol dengan baik.

 

Featured Image - Dokter Sehat