Saat ini, kebijakan bekerja di rumah – alias work from home masih diterapkan oleh sebagian besar perusahaan. Langkah tersebut dilakukan untuk membantu mengurangi laju penularan virus corona yang tengah melonjak beberapa waktu terakhir. Apakah kamu yang termasuk mendapatkan keistimewaan untuk bekerja di rumah?

Meski tidak bekerja di kantor, namun ada baiknya kamu tetap menjaga kesehatan selama work from home, lho. Tak hanya soal kesehatan fisik saja, namun menjaga kesehatan psikologis juga tak kalah penting – misalnya, mencari cara untuk mengatasi rasa bosan, kesepian, atau perasaan terisolasi.

Bukan tanpa alasan, kesehatan psikologis juga dapat memengaruhi kondisi fisik. Sebab, jika kamu merasa stres, maka kekebalan tubuh pun melemah dan menjadi rentan terserang berbagai macam penyakit. Jadi, menjaga kesehatan secara keseluruhan merupakan kunci utamanya!

Lantas, bagaimana sih cara menjaga kesehatan selama masa bekerja di rumah? Dilansir dari Medical News Today – berikut ini ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Tetap Konsumsi Makanan Sehat

Credit Image - republika.co.id

Langkah menjaga kesehatan pertama yang paling sederhana, namun sayangnya masih sering disepelekan, yaitu memerhatikan asupan makanan harian. Selama beraktivitas di rumah saja, ada baiknya kamu menerapkan pola makan yang sehat – meliputi mengonsumsi sayur dan buah, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Pola makan yang sehat juga mesti memiliki sumber karbohidrat, lemak sehat, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Selain itu, pastikan kamu membatasi makanan tinggi lemak jenuh, seperti makan olahan yang tinggi akan kandungan lemak trans.

 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selama bekerja di rumah, tak sedikit orang yang justru kurang minum, sehingga akhirnya mengalami dehidrasi. Nah, langkah menjaga kesehatan yang satu ini juga tak boleh diabaikan, yaitu tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi – hal ini bisa menyebabkan konstipasi dan perubahan suasana hati, lho. Dalam hal ini, mengonsumsi kopi, teh, maupun minuman lainnya tetap diperbolehkan, namun dalam jumlah yang sedang, hindari berlebihan ya!

 

Olahraga Secara Teratur

Credit Image - liputan6.com

Menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga juga tak kalah pentingnya, lho. Olahraga bisa memberikan manfaat baik untuk fisik dan psikologis. Selama pandemi, ada baiknya kamu berolahraga di dalam rumah saja, seperti melakukan latihan dengan dipandu video di media sosial. Cara ini merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu, The Departement of Homeland Security menyarankan agar melakukan kegiatan fisik, misalnya seperti rutin melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali, sehingga tubuh tidak hanya duduk dan diam selama work from home.

 

Seimbangkan Pula Work Life Balance

Ternyata, menjaga kesehatan selama bekerja di rumah juga meliputi aspek work life balance, nih. seperti diketahui, ketika kamu menjalani work from home, batas antara pekerjaan dan kehidupan menjadi dua hal yang sulit untuk diatur. Terkadang kamu mesti harus bekerja sampai larut malam, sehingga tak ada waktu untuk melakukan kegiatan lainnya.

Menurut The American Health Information Management Association, membuat batas-batas waktu dalam bentuk jadwal pekerjaan sehari-hari wajib dilakukan selama work from home. Hal ini mencakup waktu sederhana, seperti istirahat makan siang, istirahat di pagi hari selama 15 menit, dan istirahat sore selama 15 menit juga.

 

Tetap Terhubung Dengan Kerabat

Credit Image - suarasurabaya.net

Bekerja dari rumah memang mempersulit seseorang untuk terhubung dengan rekan-rekan kerja secara pribadi. Pastinya kamu setuju akan hal ini, kan? Selain itu, work from home juga membuat orang cenderung menyendiri sepanjang waktu, sehingga tidak dapat melakukan sosialisasi.

Hati-hati, hal tersebut dapat memengaruhi kondisi kesehatan psikologis – yang akhirnya juga bisa mengganggu kesehatan secara fisik. Untuk itu, cobalah luangkan waktu agar dapat terhubung dengan kerabat, seperti anggota keluarga, teman dekat, atau rekan kerja. Hal sederhana seperti ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, ya.

 

Konsumsi Vitamin Harian Untuk Jaga Imunitas

Sering dianggap sepele, namun menjaga kesehatan selama work from home juga meliputi rutin mengonsumsi vitamin harian, lho. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, maka kekebalan tubuh semakin terjaga, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Hal tersebut erat kaitannya dengan asupan Vitamin C – jenis vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas dan dapat membantu proses pemulihan ketika sakit. Perlu diketahui bahwa Vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen sangat dianjurkan.

Ada pun suplemen Vitamin C yang direkomendasikan untuk kamu konsumsi, yaitu multivitamin Enervon-C atau Enervon Active yang kaya akan kandungan lengkap lainnya, sekaligus pastinya baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kombinasi Vitamin C dan Vitamin B Kompleks secara ampuh dapat menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi dapat melindungi tubuh secara ekstra, sekaligus memberikan rasa segar sepanjang hari!

Lalu, bagaimana kalau punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Kamu direkomenadikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Nah, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi, yang pastinya lebih tahan lama ya. Manfaat yang satu ini pasti dapat membuat tubuh tak mudah lemas, serta kamu bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya sejumlah tips yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama bekerja di rumah. Yuk, terapkan 6 tips di atas agar tubuh tetap sehat dan fit meskipun di rumah saja!

 

 

Featured Image - kumparan.com