Seperti diketahui, dongeng merupakan salah satu media yang digunakan untuk memperkenalkan kebiasaan membaca kepada Si Kecil sejak dini. Apakah moms juga kerap membacakan dongeng, termasuk dongeng sebelum tidur? Wah, kebiasaan tersebut dapat memberikan banyak manfaat baik, lho.

Ketika membacakan dongeng sebelum tidur, mungkin anak belum mengerti hal yang sedang kamu bicarakan. Tapi jangan khawatir ya, pasalnya sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa tidak ada istilah terlalu dini untuk membiacakan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak.

Tak diragukan lagi, membacakan dongeng sebelum tidur dapat membantu meningkatkan tumbuh kembang anak. Setiap orangtua pasti ingin buah hatinya perkembang secara optimal, kan? Untuk itu, moms bisa mencoba membaca dongeng setiap malamnya.

Selain dapat meningkatkan tumbuh kembang anak, membacakan dongeng sebelum tidur juga bisa memberikan berbagai manfaat lainnya. Moms sudah penasaran akan hal tersebut? Yuk, kita lanjut bahas di bawah ya!

 

 

Hubungan Anak dan Orangtua yang Semakin Erat

Credit Image - orami.co.id

Meluangkan membaca dongeng sebelum tidur dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mempererat hubungan orangtua dan anak, lho. Kegiatan ini juga merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama anak. Memangnya, mengapa demikian?

Ketika kamu membacakan anak dongeng, proses komunikasi yang interaktif akan terjalin, meskipun Si Kecil masih bayi. Tanpa disadari, hal ini akan memunculkan kehangatan antara kedua belah pihak. Suara orangtua yang didengarkan anak pun bisa membuatnya merasa diperhatikan dan dicintai. Dari sinilah hubungan orangtua dan anak bisa semakin dekat.

Manfaat membaca dongeng sebelum tidur yang satu ini juga didukung oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics. Dalam penelitian disebutkan bahwa membangun kebiasaan mendongeng sejak dini akan mempererat hubunganmu dengan anak.

 

Memperkaya Kosakata Si Kecil

Mengajarkan membaca sejak bayi dapat membuat anak akan memiliki kosakata yang lebih banyak – sekaligus kemampuan berhitung yang lebih baik, dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak diajarkan membaca sejak kecil.

Manfaat yang satu ini bisa diperoleh dengan rutin membacakan dongeng sebelum tidur, moms. Semakin banyak kata yang Si Kecil dengar ketika kamu mendongeng, maka semakin baik pula kemampuan bahasanya. Jadi, seiring bertambah usia, anak akan semakin lancar untuk berbicara dan berbahasa. Sebab, otaknya akan terus dirangsang untuk memperkaya kata serta gaya bahasa yang berbeda-beda.

 

Memperkenalkan Bentuk Objek Baru

Credit Image - tokopedia.com

Pada anak yang masih bayi, biasanya matanya akan lebih fokus melihat pola-pola sederhana dalam buku cerita yang kamu tunjukkan. Dengan membacakan dongeng sebelum tidur, secara tidak langsung anak akan semakin mengenali bentuk objek, kata, dan berbagai macam warna sejak dini, lho.

Moms pun tak perlu membeli buku kumpulan dongeng yang terlalu tebak – atau berharga mahal kok. Sebaiknya, kamu justru memilih buku sederhana, namun berisi banyak bentuk karakter dan dihiasi dengan berbagai warna cantik. Dengan demikian, anak akan lebih tertarik dengan buku dongeng tersebut.

 

Dongeng Juga Dapat Membantu Mengolah Emosi

Membacakan dongeng sebelum tidur di hadapan anak dapat membuatnya memerhatikan dengan seksama – bagaimana kamu menyampaikan emosi di setiap tokoh, seperti bahagia, marah, atau takut dengan wajah serta suara yang berbeda.

Hal ini dapat membantu anak belajar bagaimana cara meluapkan perasaan marah, sedih, demam, rasa bersalah, bahkan rasa malu. Perlu diketahui, anak yang mampu mengutarakan perasannya cenderung lebih mungkin untuk mengolah emosi secara bijak, lho.

 

Membantu Proses Bicara Si Kecil

Credit Image - ibudanbalita.com

Membaca dongeng sebelum tidur juga mampu merangsang perkembangan otak anak. Ketika kamu mendongeng, maka anak akan menerima berbagai macam informasi dan mulai belajar mengenai suara, bunyi, kata, dan kalimat.

Nah, karena itu, anak-anak yang terbiasa membaca atau mendengarkan cerita sejak dini biasanya dapat lebih cepat berbicara, sekaligus bisa menyampaikan keinginannya secara lebih baik. Dalam kata lain, kebiasaan membaca dongeng sebelum tidur dapat membantu Si Kecil lebih mudah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

 

Kemampuan Berpikir Anak yang Semakin Meningkat

Jangan salah, membaca dongeng sebelum tidur juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir Si Kecil, lho. Kegiatan ini dapat menjadi cara untuk melatih kemampuan berpikirnya. Ketika dibacakan dongeng, anak akan belajar memahami atau menghafal setiap kata yang moms sampaikan.

Informasi yang anak terima juga bisa membantu mengembangkan sisi kreatif otaknya, karena ia akan terpancing untuk memiliki rasa ingin tahu yang lebih dalam. Hal tersebut akan membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas mengenai banyak hal.

Tapi, untuk memaksimalkan proses tumbuh kembangnya, sekaligus yang berkaitan dengan kemampuan berpikir, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Pastikan moms sudah memberikan vitamin yang baik untuk pertumbuhan, sekaligus bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Vitamin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, lho. Tapi, sebagai pelengkap moms juga dapat berikan multivitamin untuk Si Kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah keenam manfaat membacakan dongeng sebelum tidur – yang tentunya berkaitan erat dengan proses perkembangan Si Keci. Jadi, apakah moms sudah rutin melakukan kegiatan yang satu ini?

 

 

Featured Image - klikdokter.com