Di masa pandemi hampir semua orang merasakan kesulitan. Salah satu kesulitan yang dirasakan oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia adalah masalah keuangan.

Banyak dari kita yang akhirnya mencoba peruntungan agar bisnis rumahan ternyata tidak sesulit itu, loh! Agar bisa mengelola kesulitan tersebut – di artikel ini kamu akan menemukan 7 tips agar bisnis rumahanmu bisa berhasil. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

 

 

Bangun dengan Visi dan Misi yang Jelas

Credit Image - biz.kompas.com

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya kamu memikirkan terlebih dahulu – jenis bisnis seperti apa yang ingin dibangun. Untuk memulainya, kamu bisa menentukan terlebih dahulu visi dan misinya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat visi misi adalah dengan membuatnya dengan jelas dan juga realistis. Dengan begitu, usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik serta dapat menentukan target secara tepat. Jangan sampai kamu memulai bisnis tanpa visi dan misi, ya – karena akan membuat kamu kesulitan dalam menjalaninya kelak.

 

Menghitung Keuangan secara Rinci

Modal jadi salah satu hal yang harus diperhatikan secara tepat dan jelas dalam memulai bisnis. Mengenai modal ini pastinya diperhatikan hingga rinci, karena modal merupakan bekal utama dalam memulai bisnis.

Agar mudah menghitungnya, kamu bisa memulai dengan membuat pos-pos secara terpisah. Seperti keperluan memberi barang, bahan, serta keperluan lainnya dalam modal. Setelah menghitungnya secara rinci, kamu bisa mulai menentukan bagaimana cara untuk mendapatkan modal ini – baik menggunakan pinjaman di bank, mencari investor, atau mengandalkan modal pribadi.

 

Mempelajari Administrasi

Credit Image - harmony.co.id

Administrasi dalam bisnis pastinya harus dipelajari dengan baik juga. Karena dari administrasi ini kamu akan memulai hal-hal sederhana yang bisa membuat bisnis lebih sukses. Seperti bagaimana membagi modal untuk sektor apa saja, menghitung laba-rugi, serta menghitung gaji yang akan diberikan pada karyawan atau pekerja.

Keuangan administrasi yang teratur akan memulai bisnis menjadi lebih mudah dan dipastikan kamu tidak akan mengalami kesulitan yang berkepanjangan. Pastikan kamu mencatat semua administrasi keuangan secara tertib dan rutin sekecil apapun nilainya, ya!

 

Ciptakan Keunikan Tersendiri

Sekarang waktunya kamu untuk memulai langkah pertama dalam bisnismu – yaitu menciptakan keunikan. Keunikan ini bisa dicari dengan melakukan riset dengan melihat keadaan pasar.

Tidak menjadi masalah kalau kamu merasa keunikan yang ada di pasar tidak sesuai dengan keinginanmu, itu artinya kamu harus menciptakan inovasi baru yang sekiranya diminati oleh pasar. Inovasi ini bisa dilakukan dengan kemasan, nama brand, tampilan, cita rasa, dan hal lain yang menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli produkmu.

 

Lakukan Promosi dengan Tepat

Credit Image - sisternet.co.id

Ketika sudah mempersiapkan segala hal yang ada di atas dengan tepat dan juga terinci, sekarang waktunya kamu untuk menentukan bagaimana produk dari bisnismu diterima oleh pasar dan juga audiens yang tepat.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan promosi. Dalam memulai bisnis, promosi wajib dilakukan agar lebih banyak audiens yang mengenal produkmu. Promosi juga akan memancing konsumen yang penasaran dengan yang produk yang dijual.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan strategi promosi dan juga saat melakukannya – seperti memilih media yang digunakan. Di era pandemi di mana orang lebih banyak menggunakan gadget, ada baiknya kamu memanfaatkan promosi di sosial media, Google Adwords, Facebook Ads, dan media digital lainnya untuk promosi.

 

Meminta Dukungan dari Keluarga/Kerabat

Meskipun sudah menyiapkan segala hal secara matang, memulai bisnis tidak akan berjalan lancar jika kamu hanya berjalan sendiri atau sekedar partner. Apabila kamu tidak mendapatkan dukungan yang penuh dari orang sekitarmu, kamu bisa saja kewalahan, loh!

Maka dari itu, pastikan dalam memulai bisnis ini kamu mendapatkan dukungan penuh dari orang sekitar. Selain agar mendapat dukungan moril, keluarga dan kerabat juga akan membantumu dalam menjalankannya – seperti melakukan promosi secara word of mouth.

 

Stay Positive!

Credit Image - seputarkarir.com

Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah, tapi untuk membuatnya tetap berhasil – ada baiknya kamu terus berpikiran positif dan optimis. Karena perasaan positif dan optimis ini akan perjalananmu dalam memulai bisnis menjadi lebih lancar dan juga mudah untuk dijalani.

Selain menerapkan pola pikir positif dan optimis, kamu juga memerlukan multivitamin agar membuat tubuhmu menjadi lebih kuat. Multivitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari Enervon Active – Multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah lelah. Dan pastinya, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Tak perlu khawatir, kandungan non-acidic Vitamin C dalam Enervon Active juga aman untuk lambung yang sensitif. Agar manfaatnya semakin terasa, konsumsi Enervon Active dua kali sehari ya!

 

Memulai bisnis rumahan memang bukan hal yang mudah, tapi apakah kamu tertarik untuk mencobanya, Enervoners?

 

 

Featured Image - finance.detik.com