Setiap orang pasti setuju kalau pekerja membutuhkan soft skill yang dapat bersaing di dunia kerja. Ya, memang dalam urusan pekerjaan – kemampuan yang satu ini tak boleh disepelekan, lho. Bahkan, soft skill juga wajib dimiliki oleh para millennial.

Seperti diketahui, setiap profesional muda dituntut untuk memiliki soft skill dalam dunia kerja. Pasalnya, nilai akademik dan hard skill saja tidaklah cukup. Belum lagi, di zaman yang penuh dengan kompetisi – tanpa adanya kemampuan tersebut, kamu bisa kalah saing dengan orang lain. Tentunya, kamu tidak hal tersebut terjadi, kan?

Untuk itu, jangan sepelekan soft skill ya! Ada baiknya persiapkan dengan matang, sehingga kamu bisa unggul di lingkungan kerja. Lantas, apa saja sih kemampuan yang perlu dimiliki tersebut? Berikut ini ada 6 di antaranya.

Yuk, kita lanjut bahas di bawah ya!

 

 

Mampu Berpikir Kritis

Credit Image - qubisa.com

Soft skill pertama yang penting dimiliki oleh millennial, yakni kemampuan untuk berpikir kritis. Hal yang satu ini dapat dilatih dengan dua hal, lho – pertama, dengan membaca buku, kemudian melakukan debat dan diskusi. Kedua cara tersebut dapat membantumu dalam mengembangkan soft skill berpikir kritis.

Membaca bisa membuatmu mengenal lebih banyak kosa kata, membuka wawasan, serta memperdalam pembelajaran mengenai berbagai topik. Selain itu, kamu juga perlu melakukan banyak debat dan diskusi – yang bisa dilakukan bersama keluarga, teman, atau rekan kerja.

Tak perlu membahas hal yang terlalu berat kok, kamu dapat sedekar mendiskusikan isu-isu hangat di sekitarmu, misalnya film maupun buku yang baru selesai dibaca. Mudah untuk dilakukan, ya?

 

Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Tak bisa dipungkiri, soft skill yang satu ini juga sangat penting, baik diterapkan dalam lingkungan kerja maupun di kehidupan sehari-hari. Kemampuan berkomunikasi dapat diasah dengan menjadi pendengar yang baik. Seperti, ketika seseorang lain berbicara – simak dengan seksama. Pasalnya, saat ini banyak orang yang lebih fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan apa yang sedang dibicarakan.

Lewat belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, kamu juga bisa belajar berbicara secara lebih baik lagi. Nantinya, ketika kedua hal tersebut bisa dikuasai dengan baik, maka kamu sudah bisa menjadi komunikator yang handal, lho.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi, yakni dengan cara merekam percakapan yang kamu lakukan. Setiap didengarkan, kamu akan tahu apa saja yang kurang dari kemampuan komunikasi yang dimiliki.

 

Rasa Ingin Tahu, Kreatif, dan Inovatif – yang Perlu Dimiliki

Credit Image - yooreka.id

Ketiga soft skill tersebut sangat berkaitan satu sama lain – dan pastinya mesti dimiliki oleh para millennial, nih! Perlu diketahui, rasa ingin tahu merupakan awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan inovasi.

Selain itu, ketiga kemampuan ini sangat berguna dalam menyelesaikan sebuah masalah. Ketika kamu menghadapi masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu dapat membuatmu tidak berhenti mencari sumber permasalahan hingga berhasil menemukannya.

Ketika sudah tahu sumber masalah tersebut, maka kamu juga harus memikirkan solusi yang tepat dan efektif. Benar, kan? Nah, kreativitas dan inovasi akan sangat membantu untuk mencari solusi yang efisien – sehingga, masalah bisa teratasi dengan baik!

 

Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Memang, tidak semua orang suka menjadi seorang pemimpin. Namun, dalam urusan pekerjaan, soft skill ini harus dimiliki untuk membantu kesuksesan karir, lho. Lagi pula, tidak ada yang berharap selamanya akan bekerja di posisi yang sama, kan?

Setiap pekerja pastinya menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam karirnya. Untuk itu, kamu tidak bisa menghindar untuk menjadi seorang pemimpin. Untuk melatihnya, kamu harus menjadi seseorang yang berani terlebih dahulu. Jadi, kamu sudah siap untuk menjadi pemimpin – kapan pun kesempatan tersebut datang.

Misalnya, ketika diberikan kesempatan untuk memimpin sebuah proyek, terimalah tantangan tersebut ya. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa merekomendasikan dirimu sendiri.

 

Mampu Beradaptasi Dalam Segala Situasi

Credit Image - jobstreet.co.id

Dunia kerja memang jauh lebih keras dibanding dunia perkuliahan – setuju, kan? Dalam hal ini, kamu mesti mampu bertahan, salah satunya dengan cara memiliki soft skill untuk beradaptasi dengan baik dalam segala situasi.

Setiap pekerjaan mungkin akan terasa berat di awalnya, apalagi kalau kamu belum terbiasa dan banyak hal yang harus dipelajari. Tapi, jangan putus asa dulu! Dengan kemampuan beradaptasi, kamu pasti bisa melewati masa sulit tersebut, kok. Soft skill yang satu ini bisa membantumu melewati segala situasi di dunia kerja.

 

Kemampuan Public Speaking – yang Tak Kalah Penting!

public speaking merupakan kemampuan yang cukup sulit dimiliki bagi sebagian besar orang. Banyak yang merasa tidak mampu berbicara di depan umum, sehingga memilih untuk tidak melakukannya.

Namun, kalau kamu ingin menjadi seseorang yang sukses, soft skill yang satu ini harus dikuasai, lho. Memang, di awalnya public speaking akan terlihat menakutkan. Tak bisa dipungkiri harus berbicara di depan banyak orang – membuatmu lebih gampang gugup, ya? Tapi, lakukan hal tersebut sesering mungkin, hingga akhirnya kamu terbiasa.

 

Melatih soft skill memang bukan perkara mudah – tapi, jangan menyerah dahulu ya! Tetap berpikir positif dan optimis untuk mencapai kesuksesan yang kamu impikan. Selain itu, pastikan pula energi tubuh sudah terjaga – yang bisa membantu meningkatkan produktivitasmu!

Untuk itu, tetap penuhi kebutuhan nutrisi harian, terutama dengan mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap. Direkomendasikan untuk minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat jaga daya tahan tubuhmu.

Yang pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi. Dijamin, kamu bakal makin produktif, dan aktif sepanjang hari!

 

Nah, itulah keenam soft skill yang perlu dimiliki oleh para millennial – agar sukses dalam dunia kerja. Lantas, sudahkah kamu memilikinya?

 

 

Featured Image - pelatihanpengembangansdm.co.id