Tak bisa dipungkiri, menerapkan sistem kerja sama di rumah memang dapat meringankan beban dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Apalagi, jika kegiatan tersebut melibatkan anak, ternyata aktivitas yang satu ini bisa menjadi seru dan menyenangkan, lho.

Mengikutsertakan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga pun juga dapat membuatnya lebih dipercaya – sekaligus melatih rasa tanggung jawab dan kemandiriannya. Tapi ingat moms, hindari memaksanya dalam menjalani berbagai pekerjaan tersebut ya.

Sebelum melibatkan anak dalam urusan kerja sama di rumah, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu – kira-kira pekerjaan apa yang akan ia lakukan. Untuk pemula, moms bisa memberikannya tugas yang ringan dahulu, nantinya jika anak sudah terbiasa, barulah memberikannya pekerjaan yang lebih menantang ya.

Lantas, apakah moms sudah penasaran apa saja sih bentuk kerja sama di rumah yang dapat dilakukan oleh anak? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Membersihkan Tempat Tidur

Credit Image - magiclean.co.id

Bentuk kerja sama di rumah pertama yang dapat dilakukan oleh Si Kecil, yaitu membersihkan tempat tidurnya sendiri. Tenang, pekerjaan ini cukup mudah untuk dilakukan, kok. Merapikan kamar tidur dapat diajarkan sejak Si Kecil berusia 2 tahun ya, moms.

Kegiatan yang paling mudah sudah pasti melipat selimut – atau meletakkan bantal dan guling ke posisi semula. Nah, untuk anak yang berusia 5 tahun, kamu dapat mengarahkannya untuk merapikan seprei, menyapu lantai di area kamar, serta bertanggung jawab atas kerapian kamar tidurnya sendiri.

 

Merapikan Mainannya Sendiri

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama di rumah yang paling sederhana, namun penting untuk diajari sejak dini, lho. Aktivitas merapikan mainan pun bisa dilakukan oleh anak usia 2 tahun. Apakah kamu sudah mengajari Si Kecil kegiatan yang satu ini?

Dalam mengajari anak dalam merapikan mainan sendiri, pastikan kamu sudah memberikannya arahan yang jelas. Misalnya, mengenai pengelompokkan mainan bedasarkan fungsinya, meletakkan buku-buku cerita di atas rak, atau memasukkan mainan berupa mobil-mobilan ke dalam boks.

 

Mencuci, Melipat, dan Menyimpan Baju

Credit Image - orami.co.id

Dalam hal mencuci, moms bisa mengajak anak untuk menggunakan mesin cuci – yang bisa memudahkannya untuk membantu mengerjakan tugas rumah yang satu ini. Kegiatan ini bisa dimulai dengan mengajari anak untuk memilah jenis pakaian, baik berdasarkan warna atau bahan tertentu.

Kemudian, biarkan Si Kecil untuk memasukkan sabun dan memutar waktu pencuciannya ya. Namun, jika kamu tak menggunakan mesin cuci, maka yang dapat dilakukan anak, yakni menjemur pakaian.

Selain itu, moms juga bisa melibatkan anak dalam proses menyetrika pakaian, lho. Tapi dalam pekerjaan rumah ini, ada baiknya mengajari anak untuk melipat – dan menyimpan baju yang sudah disetrika. Bentuk kerja sama di rumah tersebut sangat baik untuk melatih motorik halus anak. Jadi, kamu bisa mengajarkannya sejak ia berusia 2 tahun.

 

Ajari Pula Anak Untuk Menyiram Tanaman

Moms, ingin mengajak Si Kecil untuk melakukan pekerjaan rumah yang lebih menyenangkan? Nah, kamu bisa meminta anak untuk menyiram tanaman, lho. Jadi, cobalah untuk membiarkan Si Kecil membantumu merawat tanaman.

Selain itu, pastikan kamu sudah memberi tahu jenis tanaman apa saja yang memerlukan banyak air – dan, jenis tanaman yang justru tak boleh disiram terlalu banyak. Kemudian, kamu juga bisa mengajak anak untuk memotong rumput bersama. Pastinya bentuk kerja sama di rumah yang satu ini terasa seru, kan?

 

Kegiatan Membersihkan Kaca – Menjadi Pilihan Lainnya

Credit Image - dekoruma.com

Bentuk kerja sama di rumah selanjutnya yang dapat dilakukan, yaitu membersihkan kaca. Tak perlu khawatir, sebab pekerjaan rumah yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan, ya? Termasuk jika diterapkan oleh anak-anak.

Yang perlu kamu lakukan, yaitu memberikannya lap bersih – serta cairan pembersih kaca. Kemudian, instruksikan bagian mana saja yang boleh dibersihkan, seperti kaca jendela, kaca cermin, atau kaca lemari pakaian. Jangan lupa, minta anak untuk mencuci tangan usai melakukan aktivitas yang satu ini ya.

Nah, dalam hal mengajak anak agar terlibat dalam urusan kerja sama di rumah – pastinya ia harus memiliki energi yang cukup, sehingga berbagai aktivitas bisa dilakukan secara maksimal. Moms, pasti setuju, kan?

Dalam hal ini, kamu disarankan untuk memberikan makanan sehat, seperti buah dan sayur yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi. Sebagai pelengkap, moms dapat memberikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk Si Kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai berbagai bentuk kerja sama di rumah yang dapat dilakukan oleh Si Kecil. Yuk, moms coba ajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah tersebut, sehingga ia bisa belajar bertanggung jawab!

 

 

Featured Image - dekoruma.com