Seperti diketahui, risiko terserang berbagai macam penyakit, tak terkecuali virus corona.

Penderita komorbid, termasuk jantung, menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Kumparan, seseorang yang sakit akibat infeksi virus atau bakteri, maka sistem imun tubuhnya perlu ditingkatkan. Hal ini termasuk dalam menangani Covid-19, sehingga pasien dapat segera pulih.

Lantas, apa saja sih yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh bagi penderita komorbid? Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Konsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Credit Image - klikdokter.com

Hal pertama yang pastinya perlu diterapkan oleh penderita komorbid agar daya tahan tubuh tetap terjaga, yakni dengan mengonsumsi asupan makanan sehat bergizi seimbang. Jenis makanan kaya nutrisi merupakan cara lain untuk membangun imun kuat agar dapat menghalau virus masuk ke dalam tubuh.

Dalam memenuhi nutrisi tubuh, penderita komorbid perlu mendapatkan sejumlah asupan penting, seperti karbohidrat – yang dapat diganti dengan nasi merah, protein yang bisa diperoleh dari telur, tempe, tahu, dan kacang-kacangan, konsumsi sayur dan buah yang bisa memberikan serat bagi tubuh, serta memilih makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

 

Atur Asupan Karbohidrat dan Kalori

Bagi penderita komorbid penting sekali untuk mengatur asupan karbohidrat dan kalori, terutama bagi yang memiliki penyakit diabetes. Diketahui, kenaikan gula darah merupakan hal yang paling sering dialami oleh penderita diabetes, terutama usai mengonsumsi makanan tertentu.

Untuk itu, mengendalikan kadar gula darah, salah satunya dengan membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi merupakan hal penting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada baiknya mengganti jenis karbohidrat dengan alternatif yang lebih sehat, misalnya dari nasi putih menjadi nasi merah.

Selain itu, seimbangkan juga dengan asupan nutrisi lainnya agar daya tahan tubuh tetap terjaga secara optimal!

 

Aktif Bergerak yang Dapat Meningkatkan Kekebalan

Credit Image - sps.org.py

Berolahraga secara rutin dikenal dapat menjaga daya tahan tubuh, termasuk bagi penderita komorbid. Namun, hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat ya. Sebaiknya, tetap sesuaikan olahraga yang memang cocok dengan kemampuan diri.

Sayangnya, memang masih banyak yang menganggap remeh kegiatan yang satu ini. Padahal, olahraga bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di masa pandemi Covid-19, lho. Jadi, cobalah rutin beraktivitas fisik, setidaknya 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Lalu, lakukan olahraga dengan durasi minimal 30 menit di setiap sesinya ya!

Untuk jenis olahraga ringan yang direkomendasikan, penderita komorbid bisa melakukan jalan kaki ringan yang bisa menyehatkan jantung, tai chi, latihan angkat beban, yoga – untuk bantu mengurangi stres, dan berolahraga dengan menggunakan sepeda statis agar jantung dan paru menjadi lebih kuat.

 

Cukupi Waktu Istirahat

Hati-hati, kekurangan waktu tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh, apalagi bagi penderita diabetes. Sebab, kurang tidur bisa mengacaukan keseimbangan hormon – serta zat kimia lainnya dalam tubuh yang berperan penting untuk menjaga kekebalan.

Namun, hal ini masih sering dianggap remeh, lho. Bahkan, tidak sedikit orang yang masih gemar begadang. Mulai sekarang, cobalah hindari kebiasaan buruk tersebut dan tidur dengan cukup. Buat orang dewasa, disarankan untuk beristirahat selama 7 sampai 8 jam dalam semalam ya.

Selain itu, perhatikan juga kualitas tidurmu dengan menyetel suhu pendingin yang tidak berlebihan, atau bisa juga dengan mematikan lampu sehingga suasana tidur yang tenang dan nyaman bisa diperoleh.

 

Hindari Beban Pikiran dan Stres

Credit Image - helpguide.org

Bagi penderita komorbid, menjaga imunitas tidak hanya dari aspek fisik saja lho, tapi juga berkaitan dengan kesehatan mental. Kondisi psikologis yang baik – dan tidak stres merupakan hal penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebaliknya, ketika sedang stres, tubuh akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa menghambat kemampuan sistem imun dalam memerangi infeksi virus serta peradangan. Untuk mengurangi rasa stres, sebaiknya kurang mengurusi hal-hal yang tak penting, jangan memendam banyak pikiran, hindari cemas berlebih, serta atasi dengan melakukan hobi atau kegiatan favoritmu.

 

Optimalkan Dengan Konsumsi Suplemen

Memang, memenuhi kebutuhan vitamin penting untuk dilakukan, apalagi selama pandemi Covid-19. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, maka sistem kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga, lho. Hal ini juga berkaitan erat dengan asupan Vitamin C.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh, serta dapat membantu proses pemulihan ketika sakit. Sayangnya, vitamin yang satu ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga imunitas.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan Vitamin C sangat dianjurkan diperoleh dengan Enervon-C – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Selain itu, multivitamin Enervon-C juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya ya.

 

Itulah tips untuk menjaga daya tahan tubuh bagi penderita komorbid. Yuk, terapkan kiat di atas agar tubuh tak mudah terserang berbagai macam penyakit!

 

 

Featured Image - klikdokter.com