Pandemi mengharuskan kita untuk menjadi pribadi yang lebih waspada – baik dengan diri sendiri, keluarga, dan terlebih si kecil. Seperti yang diketahui, tidak hanya orang dewasa saja yang bisa terpapar Covid-19, namun juga anak-anak.

Untuk itu, moms – penting untukmu mengetahui serta perawatan jika si kecil terpapar Covid-19 sesuai anjuran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) agar si kecil lebih cepat pulih.

Namun, jangan sampai itu terjadi, ya. Lebih baik, moms melakukan pencegahan terlebih dahulu pada si kecil agar tetap terjaga dari paparan Covid-19 ini. Untuk itu, simak 5 cara pencegahannya di bawah ini ya, moms!

 

 

Kenali Cara Penularannya & Gejalanya

Credit Image - alodokter.com

Cara pencegahan pertama yang bisa dilakukan oleh moms untuk melindungi si kecil adalah mengenali terlebih dahulu cara penularan dari virus ini dan juga gejalanya bila si kecil terserang. Gejala Covid-19 yang bisa menyerang anak-anak tidak bisa disamaratakan – karena cenderung berbeda antara satu sama lain.

Namun, anak-anak yang terinfeksi Covid-19 walaupun tanpa gejala yang signifikan tetap akan berpotensi menularkan virus pada orang lain. Cara penularan virus ini biasanya melalui droplet dari bersin, batuk, pilek, ataupun berbicara. Selain itu, virus ini juga bisa tertular melalui udara (aerosol).

Jadi, ketika orang yang sehat menghirup udara dari orang yang terinfeksi Covid-19, virus pun akan masuk ke paru-paru. Penularan virus ini juga dapat terjadi saat seseorang menyentuh permukaan tempat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Mengingat gerakan si kecil yang seringkali tidak menentu, kamu harus tetap selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya ya, moms.

 

Pastikan Selalu Menggunakan Masker

Berdasarkan pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menganjurkan penggunaan masker untuk anak 2 tahun ke atas adalah wajib. Hal ini dikarenakan anak-anak di bawah usia 2 akan berisiko mengalami kesulitan bernapas. Jadi solusinya, sebisa mungkin tidak perlu ke luar rumah jika tidak ada urusan yang mendesak.

Jika ada hal-hal mendesak yang mengharuskan keluar rumah – maka moms bisa menggunakan face shield untuk wajah atau penutup yang ada di stroller sehingga mencegah penularan aerosol. Saat ini, Centers for Disease Control merekomendasikan penggunaan double mask. Dengan masker medis di bagian dalam dan menggunakan masker kain di bagian luar untuk perlindungan yang lebih tinggi dari paparan varian Delta.

 

Rajin Mencuci Tangan

Credit Image - hellosehat.com

Cara pencegahan pada anak yang bisa moms selanjutnya lakukan yaitu dengan membiasakan si kecil untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun akan lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer loh, moms.

Mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya dilakukan selama 20 detik. Moms juga bisa mengajari cara ini dengan cara yang menyenangkan dan juga unik. Misalnya, menggunakan lagu dan bernyanyi bersama anak. Hal ini dilakukan agar mencuci tangan terasa lebih menyenangkan dan membuat si kecil bersemangat untuk menjaga kebersihan.

 

Membatasi Mobilitas dan Menjaga Jarak

Tidak jarang si kecil merasa bosan atau kesepian karena terlalu lama berada di rumah. Namun, hal ini tidak bisa dihindari demi kita semua terjaga dari paparan Covid-19. Maka dari itu, berikan pemahaman pada anak untuk selalu menjaga jarak ketika beraktivitas di luar ruangan agar terhindar dari penularan.

Batasan jarak yang disarankan ialah 2 meter – karena semakin dekat dan banyaknya kontak dengan orang lain ketika di luar rumah, maka akan semakin tinggi kemungkinan untuk terinfeksi virus. Untuk mendukung hal tersebut, sebaiknya membatasi mobilitas si kecil untuk beraktivitas di luar rumah ya, moms.

 

Jaga Kesehatan dan Imun Si Kecil

Credit Image - orami.co.id

Menjaga kesehatan serta imunitas tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar terhindar dari paparan virus. Karena ketika imunitas sudah terbentuk dan terjaga, tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Menjaga kesehatan dan memperkuat imunitas bisa dilakukan dengan vaksinasi untuk anak yang saat ini sedang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Namun selain itu, kamu bisa membangunnya dengan menjalani gaya hidup sehat dengan memberikan asupan seimbang, istirahat yang cukup, serta rutin menjalani olahraga.

Gizi dan asupan yang seimbang ini bisa kamu lakukan dengan memberi si kecil Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup bisa membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan. Pastikan moms selama pandemi memberinya asupan vitamin yang cukup agar kekebalan imun tubuhnya tetap terjaga, ya!

 

 

Featured Image - ibupedia.com

Source - orami.co.id