Membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi siapapun. Tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga bisa mengasah imajinasi dan melatih anak berempati. Banyak penelitian menyebutkan bahwa hobi membaca dapat membuat hidup jadi lebih Bahagia. Nah, kebiasaan membaca ini harus mulai ditanamkan sejak kecil agar terus berlanjut sampai dewasa.

Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak untuk mulai belajar membaca? Berikut 5 cara yang bisa kamu ikuti:

1. Pastikan si kecil sudah mengenal huruf alfabet

Credit: Hello Sehat

Sebelum mulai mengajarkan anak membaca, pastikan terlebih dahulu si kecil sudah akrab dengan huruf alfabet A-Z dan tahu cara melafalkannya. Jika belum, mulailah dengan mengajarkan alfabet lewat lagu, video, atau mainan. Dan setelah anak sudah fasih, kamu bisa menanyakan huruf secara acak untuk menguji ingatan anak soal alfabet.

2. Bangun rasa ingin tahu anak terhadap bacaan

Credit: Kompasiana

Membantu anak belajar membaca akan sulit jika terlalu dipaksakan. Untuk menarik perhatian anak, kamu bisa mulai cob acara membaca keras- keras sambal mengekspresikan isi bacaan lewat mimic wajah. Selain itu, buatlah bacaan dalam buku cerita seluru dan semenarik mungkin agar anak ingin terus bisa membaca.

3. Buat permainan pakai kartu membaca

Credit: Tribunnews

Jika terlalu memaksakan anak belajar akan berakhir sia- sia. Maka, kamu bisa menyiasati ini dengan cara belajar sambil bermain. Beli atau buat sendiri kartu membaca sekreatif mungkin untuk terus membangkitkan minat anak dalam membaca.

Kamu bisa membuatnya dengan kertas karton warna- warni yang dipotong sebesar pamphlet A6 dan tempelkan gambar- gambar yang mewakili kata tersebut. Dan kamu bisa membantu anak untuk belajar membaca setidaknya sekali dalam sehari.

4. Berikan hadiah atas keberhasilannya

Credit: Tribunnews

Kamu bisa memberikan anak hadiah atas keberhasilannya melewati tahap demi tahap dalam belajar membaca. Hadiah bisa menjadi dorongan bagi si kecil untuk lebih semangat dalam belajar membaca.

5. Sediakan banyak buku bacaan di rumah

Credit: Suara

Sementara anak terus belajar membaca, orangtua juga harus menyediakan bacaan yang lebih banyak dan bervariasi agar ia tidak mudah bosan. Variasi buku bacaan juga dapat membantunya memperkaya kosa kata baru.

Sediakan buku- buku cerita di kamar atau di rumah tempat anak biasa bermain. Pilih buku bacaan yang kira- kira ceritanya bisa disukai oleh anak, mulai dari kartun atau dongeng klasik. Hal ini bisa membangun rasa ingin tahu anak untuk terus belajar membaca dan menikmati isi cerita.

Tips mendampingi anak saat belajar membaca

Credit: Tribunnews
  • Saat membacakan dongeng untuk anak, pangku dirinya dan letakkan jarimu di bawah kata- kata bacaan untuk menunjukkan pada anak bahwa tiap kata memiliki sebuah arti.
  • Jangan sungkan untuk menggunakan suara- suara lucu dan suara- suara binatang saat mendongeng bersama anak. Hal ini  akan membantu anak semakin bersemangat untuk melanjutkan ceritanya.
  • Saat bercerita sambil mengeja, usahakan anak jangan terlalu focus dalam memperhatikan gambar- gambar yang ada. Sesekali, minta anak untuk mengeja kata demi kata sembari menyambungkan isi cerita.
  • Jika anak mengajukan pertanyaan, hentikan membaca sebentar untuk menjawabnya. Buku cerita dapat membantu anak mengekspresikan pikirannya dan menyelesaikan masalahnya sendiri.
  • Teruslah membaca untuk anak, bahkan setelah anak sudah bisa belajar membaca. Karena, kemampuan anak membaca kadang belum sepenuhnya tersembung dengan memahami isi cerita. Jadi, anak masih butuh bimbingan untuk memahami isi kalimat atau alur cerita yang ia baca.

 

Featured Image - Pop Mama