Seperti diketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta – atau disebut juga sebagai komorbid yang dapat memperburuk kondisi pasien virus corona. Pasalnya, diabetes dapat melemahkan sistem imun tubuh, sehingga virus semakin sulit dilawan, yang akhirnya menimbulkan risiko komplikasi, hingga kematian.

Bahkan, penderita komorbid diabetes juga termasuk dalam kelompok yang rentan terinfeksi virus corona, lho. Untuk itu, penting sekali mengelola sekaligus tetap memantau kondisi kesehatan pada orang dengan diabetes.

Dilansir dari CNN Indonesia, diabetes merupakan salah satu penyakit penyerta terbanyak pada pasien Covid-19. Di Wuhan – tempat pertama kalinya Covid-19 terdeteksi, diabetes menempati posisi kedua, sebagai komorbid terbanyak setelah hipertensi.

Artinya, pengendalian dan pencegahan Covid-19 pada orang dengan komorbid yang satu ini penting sekali dilakukan guna mengurangi risiko infeksi parah – sampai kematian. Lantas, apa saja sih yang perlu diterapkan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, Enervoners!

 

 

1. Tetap Patuhi Prokes

Credit Image - hellosehat.com

Tidak hanya bagi orang yang memiliki komorbid diabetes saja, namun protokol kesehatan 5M wajib diterapkan oleh semua masyarakat – termasuk yang sudah mendapatkan vaksinasi sekalipun. Ingatlah bahwa vaksin tidak sepenuhnya mampu membuat seseorang menjadi kebal terhadap infeksi virus corona, jadi jangan sampai lengah, ya!

Pasien komorbid diabetes mesti mengikuti anjuran pencegahan Covid-19, yakni selalu mengenakan masker – disarankan menggunakan masker ganda, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta dianjurkan pula untuk tetap berada di rumah saja.

 

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi yang memiliki komorbid diabetes, mengendalikan sekaligus memantau kadar gula darah merupakan hal yang penting dilakukan, terutama di masa pandemi Covid-19. Gula darah yang terkendali dapat mencegah timbulnya komplikasi dan kerusakan organ, lho. Tapi, apa yang harus dilakukan agar gula darah terkendali?

Pasien diabetes perlu menerapkan pola makan yang tepat, memilih makanan dengan indeks glikemik rendah, serta menjaga berat badan tetap seimbang. Jika kadar gula yang dimiliki bagus, maka risiko terinfeksi virus akan semakin rendah, bahkan risiko kematian juga ikut menurun.

Selaikn itu, pasien komorbid diabetes juga dianjurkan untuk lebih sering memantau gula darah agar tetap terkontrol dengan baik. Jika terjadi perubahan yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera konsultasikan dengan petugas medis untuk mendapat perawatan yang tepat, ya.

 

3. Pastikan Kondisi Jantung dan Ginjal Stabil

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Dalam merawat kondisi komorbid diabetes, pasien juga diminta untuk memastikan bahwa kondisi jantung dan ginjal sudah stabil. Bukan tanpa alasan lho, pasalnya komorbid yang satu ini punya kaitan erat dengan kedua organ vital tersebut.

Untuk itu, pastikan kamu sudah selalu memerhatikan keadaan jantung dan ginjal – dalam keadaan baik dan stabil, sehingga risiko komplikasi, sakit yang parah, serta kerusakan organ dapat diminimalisir. Dengan cara ini, risiko kematian pada pasien Covid-19 dengan diabetes pun bisa menurun.

 

4. Perhatikan Asupan Makanan

Yang sudah pasti perlu dijalani oleh pasien komorbid diabetes, yakni memastikan asupan makanan yang dikonsumsi sudah sehat dan bergizi seimbang. Cara ini merupakan langkah tepat untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, sehingga bisa menghalau virus masuk ke dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa diabetes dan kadar gula dapat dipengaruhi oleh asupan makanan, ya. Untuk itu, penderita komorbid ini harus memilih makanan yang rendah gula – atau, setidaknya tidak menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Lalu, selalu konsumsi makanan yang seimbang dan tidak berlebihan.

 

5. Rutin Latihan Fisik

Credit Image - womantalk.com

Berolahraga memang dikenal sebagai salah satu aktivitas yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, termasuk bagi yang memiliki komorbid diabetes. Aktivitas ini pun merupakan cara tepat untuk menjaga kadar gula darah dengan baik.

Dengan rutin berolahraga, pemilik komorbid diabetes juga bisa menjaga berat badan – yang menjadi salah satu faktor penting pada penderita diabetes. Namun, sebaiknya tetap sesuaikan olahraga dengan kemampuan tubuh masing-masing, jangan sampai dipaksa untuk melakukan olahraga yang berat, ya!

 

6. Kendalikan Stres Dengan Baik

Di tengah pandemi Covid-19, perasaan stres dan cemas memang merupakan hal yang wajar, bahkan sering dialami oleh banyak orang. Nah, dalam hal ini, pasien komorbid diabetes mesti selalu mengendalikan rasa stresnya, lho. Sebab, stres bisa memperburuk kondisi diabetes.

Menjaga sistem kekebalan memang tidak hanya dari aspek fisik saja, tetapi juga berkaitan dengan kesehatan mental. Kondisi psikologis yang baik merupakan hal yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mengurangi rasa stres selama pandemi, sebaiknya hindari memendam banyak pikiran, hindari cemas secara berlebihan, dan atasi dengan melakukan berbagai kegiatan favorit – maupun aktivitas yang bisa membuat pikiran lebih rileks.

 

7. Konsumsi Multivitamin yang Punya Kandungan Lengkap

Credit Image - fineartamerica.com

Memenuhi kebutuhan vitamin juga perlu diperhatikan, terutama di masa pandemi Covid-19. Tubuh yang sudah mendapat asupan vitamin yang cukup, maka sistem imunitas pun bakal semakin terjaga. Dalam hal ini, yang paling penting, yaitu asupan Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan Zinc.

Mengapa demikian? Sebab, kombinasi kedua vitamin dan mineral tersebut secara ampuh dapat menjaga daya tahan tubuhmu, lho. Sayangnya, baik Vitamin C, Vitamin B, maupun Zinc tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga penting untuk mendapat asupannya dari makanan maupun multivitamin dengan kandungan lengkap.

Untuk asupan multivitamin, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C atau Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu, nih.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, ya.

 

Wah, itulah keenam tips yang bisa diterapkan bagi penderita komorbid diabetes guna menjaga daya tahan tubuh tetap prima selama masa pandemi Covid-19. Yuk, terapkan sejumlah hal di atas agar tetap terlindungi dari infeksi virus corona!

 

 

Featured Image - primadaily.com