Dalam proses pemulihan pasien Covid-19, salah satu hal yang harus diperhatikan, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh agar virus semakin mudah dilawan.

Memang, makanan yang disantap tersebut tidak akan langsung menyembuhkan pasien dari infeksi Covid-19, namun yang pasti hal ini dapat membantu, apalagi bagi pasien yang gejala tidak semakin memburuk.

Ketika menjalani isolasi mandiri, usahakan menghindari makanan instan kemasan, sebab memiliki kalori yang tinggi. Jenis makanan tersebut juga punya nutrisi yang rendah, serta tinggi gula, lemak, dan garam. Jadi, pasien tak boleh makan sembarangan!

Sebaiknya, pasien mengonsumsi 4 jenis makanan tertentu yang bisa membantu memenuhi asupan gizi – untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Makanan Tinggi Protein

Credit Image - tfclarkfitnessmagazine.com

Jenis makanan pertama yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasien Covid-19, yaitu makanan tinggi protein. Asupan ini dibutuhkan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat serangan virus. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai zat pembangun sel dan dapat menjaga sistem imun.

Ada pun sumber protein yang dapat dikonsumsi, seperti sumber hewani dan nabati dengan total 60 sampai 120 gram dalam sehari. Pilihlah sumber protein baik, termasuk daging merah, ikan, ayam, telur, dan produk olahan susu.

Lalu, sumber protein lain bisa diperoleh dari Omega-3 dan lemak nabati yang juga dianjurkan dikonsumsi selama masa penyembuhan Covid-19.

 

Kaya Akan Karbohidrat Kompleks

Credit Image - jovee.id

Tak hanya makanan tinggi protein, pasien Covid-19 juga perlu mendapat asupan karbohidrat kompleks selama masa pemulihannya. Ya, seperti diketahui, karbohidrat dapat merupakan sumber energi, sehingga tubuh bisa menjalani berbagai kegiatan.

Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang terkandung dalam biji-bijian dan umbi-umbian, seperti beras, singkong, talas, kentang, dan oat gandum. Beberapa makanan ini juga mengandung serat yang baik untuk mikrobioma usus – atau bakteri baik di dalam sistem pencernaan.

 

Tetap Cukupi Kebutuhan Cairan

Credit Image - eatthis.com

Pasien Covid-19 juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya setiap hari. Cairan terbaik yang bisa diperoleh, yaitu dengan minum air putih – atau air yang tidak mengandung kalori. Selain itu, kebutuhan cairan dapat dipenuhi dengan minum susu maupun sayuran berkuah, termasuk sup.

Jika pasien ingin minum susu, maka pilihlah susu yang rendah lemak. Tak hanya air putih atau susu saja, tapi pasien juga bisa meminum air kelapa – yang mengandung elektrolit dan rendah gula, sehingga aman dikonsumsi bagi pasien Covid-19. Atau, bisa minum air madu secukupnya, paling tidak 2 sendok teh dan larutkan dalam air.

Namun, konsumsi madu tidak disarankan berlebihan karena mengandung gula yang juga tinggi kalori sehingga kita tak perlu minum madu atau air larutan madu setiap hari.


Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral

Credit Image - timesofindia.indiatimes.com

Dilansir dari CNN Indonesia, WHO menyarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang – yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan sekitar 2 porsi dan sayuran sebanyak 5 porsi per harinya. Jenis makanan ini dikenal dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selama masa penyembuhan, pasien juga disarankan untuk tetap memerhatikan asupan suplemen tertentu, seperti Vitamin C, Vitamin D, dan Zinc. Umumnya, pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri pun direkomendasikan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan yang lengkap.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin yang perlu dipenuhi, pasien direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi yang dapat membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – Zinc yang juga dapat membantu proses pemulihan pasien Covid-19.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya.

 

Itulah keempat jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi pasien Covid-19. Bagi kamu yang tengah menjalani isolasi mandiri, yuk coba lengkapi sejumlah asupan di atas agar proses pemulihan bisa berjalan dengan maksimal!

 

 

Featured Image - danceinforma.com

Source - cnnindonesia.com