Di tahun ini, Indonesia menginjak usia kemerdekaan yang ke 76. Seluruh masyarakat Indonesia merayakannya dnegan caranya masing-masing. Meskipun suasananya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang bisa dirayakan bersama-sama dengan warga sekitar. Suasana yang berbeda ini membuat kita, sebagai orang tua merasa sulit untuk menanamkan rasa cinta tanah air pada si kecil.

Memupuk rasa cinta tanah air pada si kecil merupakan hal yang penting – karena hal ini akan membuatnya lebih mengenal negaranya dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara. Meskipun tidak bisa melakukan upacara bendera ataupun lomba 17 Agustus-an, kamu bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air tersebut dengan cara lain loh, moms.

Cara yang dikutip dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Ditjen PAUD, dan Dikmas Kemendikbud ini bisa membantu moms untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada si kecil. Untuk itu, pastikan moms membaca 4 cara di bawah ini dengan seksama, ya!

 

 

Berikan Dongeng Kisah Pahlawan

Credit Image - beritagar.id

Jika moms memiliki kebiasaan untuk membacakan si kecil dongeng sebelum tidur, maka hal ini bisa menjadi momen yang tepat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam dirinya. Kamu bisa mencoba untuk berdongeng tentang kisah pahlawan Indonesia dan perjuangannya dalam memerdekakan Indonesia, loh!

Moms bisa memilih cerita tentang sejarah kemerdekaan, perjuangan para pahlawan, dan segala hal lainnya mengenai Indonesia yang menarik. Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air tersebut, ajak si kecil untuk berdiskusi mengenai dongeng yang dibacakan dan tanyakan pahlawan yang didambakan.

 

Mengajak Menyanyi Lagu Nasional

Credit Image - halodoc.com

Pasti banyak sekali anak yang suka menyanyi – apakah anakmu salah satunya, moms? Jika ia, ini dapat memudahkanmu untuk menumbuhkan cinta tanah air padanya untuk belajar lebih dalam mengenai Indonesia.

Moms bisa mengenalkannya dengan memutarkan lagu-lagu kebangsaan, lagu nasional, atau lagu daerah. Ajak ia menyanyi bersama dan tanyakan jika pada beberapa lagu yang diputar, adakah yang menarik perhatiannya. Dengan cara ini, anak akan semakin merasa dekat dengan budaya Indonesia dan hafal akan lagu-lagu nasional. Sehingga, rasa cinta tanah air akan tertanam.

 

Mengenalkannya lewat Buku yang Menarik

Credit Image - review.bukalapak.com

Moms tentunya sudah tahu betapa pentingnya mengenalkan buku kepada anak sedini mungkin, terutama buku bergambar yang mudah disukainya. Untuk menanamkan rasa cinta tanah air, moms bisa memilih buku dengan gambar menarik tentang pahlawan.

Buku bergambar tentang pahlawan dan perjuangan bangsa Indonesia dengan gambar dan cerita yang menarik bisa mudah dipahami oleh si kecil dan membuatnya tertarik. Lewat gambar, si kecil akan mudah mengingat gambar dan jalan cerita dari Indonesia – baik dari perjuangan kemerdekaan, pahwalan, dan budaya Indonesia.

 

Kenalkan pada Tempat Bersejarah

Credit Image - etalasebintaro.com

Selain menyanyi, hal lain yang juga digemari oleh anak-anak adalah jalan-jalan. Namun mengingat pandemi yang saat ini masih melanda, kamu tetap bisa menjadikan hal ini sebagai momen untuk mengajari menunnbuhkan cinta tanah air pada anak tentang sejarah Indonesia, loh!

Moms bisa mengajak Si Kecil berwisata ke museum atau tempat-tempat bersejarah lewat virtual tour yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh museum-museum sejarah di Indonesia. Saat ini, terhitung sudah 16 museum yang bisa diakses secara virtual loh, moms!

Dengan melakukan virtual tour ini, kamu bisa sambil menjelaskan banyak hal tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Cara berdongeng lewat virtual tour ini bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air pada si kecil, loh!

Dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air, penting juga untuk memberikan asupan gizi yang seimbang agar si kecil mendapatkan gizi lengkap untuk mengoptimalkan daya kerja otaknya, seperti mengonsumsi suplemen dengan memberinya  Enervon-C Plus Sirup – yang  mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Multivitamin ini bisa membantu penuhi nutrisi di masa pertumbuhannya sekaligus menjaga imunitasnya.

Selain itu, untuk menyambut hari kemerdekaan ini kamu juga bisa ajak si kecil untuk mengikuti Giveaway Spesial Hari Kemerdekaan dari Enervon loh, moms! Caranya mudah, dengan membuat kreasi dari kemasan produk Enervon-C apa saja dan mengunggahnya di Instagram Story dengan hashtag #JagaDiriUntukNegeri, lalu mention @Enervon.Id dan mention 3 orang teman.

Kamu berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik seperti Nintendo Switch, Smart TV, Logam Mulia, Ringlight & Tripod, serta Shopee Pay untuk 5 orang pemenang. Tunggu apalagi, segera ikuti kompetisinya dan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dalam dirinya.

Setelah mengetahui 4 cara menumbuhkan rasa cinta tanah air pada si kecil di atas, pastikan melakukannya dengan menarik juga ya, moms – agar hal yang dilakukan dapat melekat dalam benaknya dan membuanya menjadi pribadi yang nasionalis.

 

 

Featured Image - klikdokter.com