menimbulkan rasa cinta tanah air pada si kecil.

Meskipun pandemi, namun bukan berarti semangat semarak hari kemerdekaan hilang begitu saja. Agar si kecil dapat merasakan euforianya, kamu bisa melakukan berbagai macam lomba di rumah loh, moms!

Hal ini juga bisa kamu lakukan agar si kecil tidak bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja karena terlalu lama berada di dalam rumah. Inspirasi lomba tersebut bisa ditemukan di bawah ini, pastikan membacanya dengan seksama ya!

 

 

Lomba Tebak Gambar

Credit Image - kumparan.com

Lomba pertama yang bisa kamu lakukan untuk bermain bersama si kecil adalah tebak gambar. Pertama, mulai memasangkan pemain. Misalnya, pasangkan si kecil dengan ayah dan si kakak dengan kamu. Kemudian secara bergiliran tiap pasangan mengarahkan gambar apa yang harus ditebak.

Agar membuat permainan lebih asik, kamu bisa menggunakan whiteboard, papan tulis atau karton besar agar terasa leluasa. Bisa juga dengan minta pemain membalikkan badan dan pasangannya menggambar di punggung. Usahakan jangan pilih gambar yang susah ya, moms.

Meskipun tampak sederhana, permainan ini juga bisa melatih imajinasi si kecil dan membuat orang tua menjadi lebih akrab dengan anak-anak.

 

Menebak Benda dalam Kardus

Lomba yang kedua ini merupakan permaianan yang cukup menegangkan dan memerlukan ketangkasan yang cukup tinggi. Menebak benda dalam kardus bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa benda yang sudah dipilih untuk ditebak oleh anak.

Moms bisa memilih benda yang biasa digunakan sehari-hari oleh si kecil, atau bahkan mainannya. Permainan ini bisa melatih sensor motorik dan indera perabanya agar lebih peka dan juga melatih imajinasi anak.

 

Lomba Mengenal Pahlawan

Credit Image - etalaseserpong.com

Apakah moms sudah pernah mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan kepada si kecil? Kalau belum, perlombaan hari kemerdekaan yang satu ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Caranya, moms bisa mengenalkan para pahwalan dari yang tertera pada uang kertas. Caranya, siapkan beberapa lembar uang kertas dan tanyakan pada anak – siapa tokoh yang ada pada uang tersebut. Kamu juga bisa meminta si kecil untuk menjelaskan asal-usulnya cerita mengenai pahlawan tersebut. Tentunya sudah diperkenalkan terlebih dahulu sebelum memainkan permainan ini ya, moms.

 

Cerdas Cermat

Permainan untuk merayakan semarak hari kemerdekaan yang satu ini bermanfaat untuk mengasah pengetahuan dan juga wawasan anak. Lomba cerdas cermat bisa disesuaikan dengan pertanyaan seusianya dan mudah dipahami ya, moms.

Bila jarak anak terlalu jauh, hindari pertanyaan terkait dengan pelajaran atau pengetahuan umum yang tidak dimengerti oleh anggota keluarga lain. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih pertanyan yang terkait dengan kebiasaan keluarga, seperti menanyakan tempat mainan di mana, makan seharusnya jam berapa, dan pertanyaan lain sejenis.

 

Ajak Si Kecil Berkreasi

Credit Image - kumparan.com

Salah satu perlombaan yang bisa diikuti oleh si kecil dan juga anggota keluarga lain adalah membuat kreasi dari barang yang sudah disediakan. Berkreasi dengan berpasang-pasangan membuat si kecil dapat mengasah kreativitasnya.

Selain itu, orang tua juga bisa mengetahui seberapa kreatif si kecil dapat membuat sebuah kreasi, tentunya akan membuat anggota lebih bonding juga. Kreasi tersebut nantinya bisa dipajang agar si kecil merasa usahanya diapresiasi.

Kamu bisa mengajak si kecil berkreasi lewat giveaway Enervon hari kemerdekaan loh, moms! Kamu bisa mengajak si kecil untuk membuat kreasi dari kemasan produk Enervon C apa saja dan mengunggahnya di Instagram Story dengan hashtag #JagaDiriUntukNegeri, lalu mention @Enervon.Id dan mention 3 orang teman. Jangan lupa juga untuk membuat highlight dari Instagram Storynya ya, moms.

Giveaway yang diadakan sejak 8-22 Agustus 2021 ini masih bisa kamu ikuti, loh. Dengan mengajak si kecil berkreasi, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik seperti Nintendo Switch, Smart TV, Logam Mulia, Ringlight & Tripod, serta Shopee Pay untuk 5 orang pemenang.

Menarik banget kan, moms? Bisa mengembangkan tingkat kreativitas anak dan di saat yang bersamaan bisa berkesempatan mendapatkan hadiah menarik. Namun, agar si kecil tetap bersemangat dalam menjalankan aktivitas di hari kemerdekaan ini moms harus memastikannya mendapatkan gizi seimbang untuk mengoptimalkan daya kerja otaknya.

Seperti dengan memberinya Enervon-C Plus Sirup yang  mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Multivitamin ini bisa membantu penuhi nutrisi di masa pertumbuhannya sekaligus menjaga imunitasnya di tengah pandemi.

Jangan sampai kehilangan euforia hari kemerdekaan, pastikan kamu merangkai dengan baik 5 aktivitas seru yang telah direkomendasikan di atas ya, moms!

 

 

Featured Image - goodnewsfromindonesia.id