Setiap pasien yang terinfeksi Covid-19 pasti memiliki ringan, berat, bahkan ada pula yang tidak merasakan gejala sama sekali. Adanya perbedaan gejala yang dialami juga turut dirasakan oleh ibu hamil.

Dikutip dari CNN Indonesia, menurut Prof. Dr. dr Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH, dari Departemen.KSM Obestetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa gejala Covid-19 pada ibu hamil biasanya bersifat ringan – dan umumnya, muncul secara bertahap. Pada beberapa kasus, pasien tidak mengalami gejala dan tetap merasa sehat.

Sejatinya, ada beberapa gejala Covid-19 umum yang paling sering dirasakan, yaitu demam, rasa lelah, batuk kering, dan ruam kulit.

Namun, bagi ibu hamil ada beberapa gejala yang lebih sering dialami, lho. Apa saja gejala tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Gejala Covid-19 pada Ibu Hamil

Credit Image - popmama.com

Masih dilansir dari CNN Indonesia, kebanyakan ibu hamil merasakan gejala Covid-19, seperti flu ringan sampai sedang. Namun, terkadang gejala-gejalanya sangat tidak jelas, ada yang hanya merasakan nyeri otot, sakit tenggorokan, atau meriang saja.

Meski demikian, ada beberapa gejala paling umum yang dialami oleh pasien Covid-19 ibu hamil, yaitu:

  1. Demam – 68%
  2. Batuk – 34%
  3. Malaise – 13%
  4. Sesak napas – 12%
  5. Nyeri otot – 10 %
  6. Nyeri tenggorokan – 7%
  7. Diare – 6%

Yang perlu diketahui, ibu hamil dengan penyakit penyerta juga memiliki risiko lebih tinggi untuk merasakan gejala yang lebih berat, peningkatan morbiditas, dan mortalitas dibandingkan dengan yang tidak memiliki komorbid.

Pada ibu hamil, kondisi yang bisa memperparah kondisi dan wajib diwaspadai adalah anemia. Menurut data, 50 persen ibu hamil di Indonesia mengalami anemia – dan kondisi tersebut bisa memperberat sakit ketika positif Covid-19.

 

Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Corona pada Ibu Hamil?

Credit Image - health.detik.com

Untuk mencegah paparan Covid-19 pada ibu hamil, ada beberapa langkah yang penting dilakukan. Mulai dari menjalani protokol kesehatan, seperti mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker dengan benar – dianjurkan memakai masker ganda, serta menjaga jarak dan berupaya untuk tetap di rumah kecuali untuk hal mendesak.

Selain itu, penting pula untuk menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, hingga mendapatkan vaksinasi – saat ini, menerapkan protokol kesehatan agar perlindungan terhadap tubuh semakin optimal.

Ibu hamil juga memerlukan berbagai dukungan untuk mencegah stres. Dukungan tersebut meliputi dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk mereduksi stres dan latihan fisik lainnya. Kesehatan mental yang baik dapat menjaga kesehatan fisik, terutama yang berkaitan dengan sistem imun.

 

Ibu Hamil Juga Wajib Perkuat Imunitas Tubuh!

Credit Image - sehatq.com

Selain menerapkan protokol kesehatan dan mendapat vaksin, imunitas tubuh juga tetap harus dipertahankan, sehingga infeksi virus tidak mudah terjadi. Mudahnya, dianjurkan untuk menjalani berbagai kebiasaan sehat, seperti:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Berkaitan dengan multivitamin, direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki sejumlah kandungan vitamin, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan mampu membuat tubuh merasa segar sepanjang hari.

Atau, buat yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekaligus mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh, multivitamin Enervon Active juga bisa membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks dalam kedua multivitamin tersebut.

Namun, bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke petugas kesehatan – atau dokter terkait sebelum mengonsumsi jenis vitamin tertentu, ya.

 

Itulah ulasan mengenai gejala Covid-19 pada ibu hamil. Untuk meminimalisir risiko infeksi virus, selalu terapkan prokes, hindari bepergian kecuali untuk urusan mendesak, serta jaga selalu daya tahan tubuh agar tetap prima!

 

 

Featured Image - ruangmom.com

Source - cnnindonesia.com