Dalam bekerja tentunya perusahaan mengharapkan pekerjanya untuk memiliki banyak keterampilan dan juga kemampuan yang tidak terbatas. Bukan hanya hard skill, tentunya sebagai pekerja kamu diharapkan untuk bisa memiliki soft skill yang bisa diandalkan.

Di era yang serba maju seperti sekarang ini, soft skill dianggap kemampuan mutlak yang harus dibutuhkan sebagai seorang pekerja – karena pemahaman secara akademis dan keterampilan tidak cukup, terlebih semenjak pandemi melanda banyak perusahaan yang lebih mengedepankan soft skill dibandingkan dengan hard skill.

Untuk itu, ada baiknya kamu melatih soft skill yang dimiliki agar dapat bersaing di tempat kerjamu. Tenang, tidak perlu bingung untuk melatih soft skill-mu– karena di artikel ini kamu akan menemukan cara untuk membantumu mengasah soft skill yang dimiliki. Pastikan kamu membacanya sampai habis ya!

 

 

Mengikuti Kursus Sesuai Bidang

Credit Image - edumerson.com

Soft skill memang bukan keterampilan yang bisa diasah secara belajar di bidang akademis selayaknya ilmu mutlak pada umumnya. Namun untuk mengasah soft skill, kamu bisa mengikuti kursus yang sesuai dengan bidang yang diminati, loh!

Belajar tidak hanya dilakukan di tempat formal, kamu juga bisa belajar di tempat lain, seperti program kursus. Jika memiliki ketertarikan dan ingin berkarier dalam berbicara di tempat umum, kamu bisa mengikuti kursus pelatihan public speaking yang menyiapkan materi di bidang tersebut. Sehingga dapat membantumu mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk berbicara secara fasih di tempat umum.

 

Aktif dalam Organisasi

Untuk mengembangkan soft skill, ternyata kamu bisa melakukan hal sederhana untuk membuat hal tersebut menjadi terasah. Salah satunya adalah dengan aktif berorganisasi. Karena berorganisasi akan membantumu mengembangkan potensi lewat pengembangan diri.

Dalam organisasi, kamu akan dituntut untuk mengembangkan potensi melalui kegiatan yang ada. Seperti memberikan gagasan baru, mengungkapkan pendapat saat diskusi dalam forum, dan hal-hal lainnya yang membuatmu cenderung bekerja menggunakan soft skill.

 

Mencari Pendamping atau Mentor

Credit Image - generali.co.id

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – untuk mengembangkan soft skill, kamu bisa memulainya dengan mengasah satu hal yang sesuai dengan minat dan bidangmu. Untuk membantu hal tersebut, Kamu bisa menemukan mentor yang sesuai dengan bidang yang ingin diasah.

Mentor yang dimaksud adalah orang yang berpengalaman lebih lama dalam bidang tersebut, agar dapat membantumu untuk mengembangkan, membimbing, dan juga mengevaluasi kemampuanmu secara obyektif. Mentor ini juga nantinya yang akan menilai seberapa jauh bidang yang diminati tersebut sudah dikuasai.

Cara termudah untuk mengembangkan soft skill dengan cara ini ialah dengan meminta orang yang ada di sekitarmu dan sekiranya sudah memiliki pengalaman dan mahir di bidang diinginkan. Seperti senior atau pemimpin dalam tim.

 

Menjadi Volunteer

Sebuah institusi, organisasi, atau perusahaan seringkali membuka lowongan sebagai relawan atau volunteer dalam sebuah project atau program kerja. Dengan mendaftarkan diri jadi relawan, secara tidak langsung dapat mengasah soft skill yang dimiliki, loh.

Saat melakukan kegiatan sebagai volunteer, kamu akan dituntut untuk beradaptasi dengan dunia baru. Hal ini yang membuatmu dapat melatih berkomunikasi antar tim, bekerja sama, dan hal-hal lainnya untuk menjalankan project tersebut hingga berhasil. Untuk menjadi volunteer juga menjadi celah baru untukmu yang baru ingin mengenal dunia baru dan juga memperluas relasi.

 

Magang untuk Memperluas Peluang

Credit Image - pwc.com

Sebelum bekerja, banyak dari kita yang mencoba peruntungan dengan mencoba magang sebelum akhirnya terjun di dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan magang, kamu juga bisa melatih soft skill, karena akan membuatmu merasakan langsung realita dunia kerja.

Magang dapat dijadikan peluang untuk mendapatkan pengalaman yang bermanfaat, karena akan melatih skill berkomunikasi yang dimiliki. Dengan bertemu banyak orang dengan latar belakang yang berbeda, kamu dilatih untuk lebih bertanggung jawab dan juga beradaptasi pada lingkungan yang cepat. Ada banyak soft skill yang bisa dikembangkan dari pengalaman magang.

Untuk melatih soft skill, tentunya harus memiliki stamina yang cukup serta energi yang baik agar mendapatkan hasil yang seimbang. Untuk itu, penting bagimu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh – seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menerapkan pola hidup sehat.

Nutrisi tersebut juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi multivitamin. Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang membantu menjaga stamina, sehingga tubuhmu tidak mudah lelah. Pastinya, Enervon Active juga dapat mempertahankan kekebalan agar tetap kuat, ya.

Selain itu, multivitamin Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya, lho.

Untuk memperoleh produk Enervon Active kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Itulah kelima hal yang bisa membantumu untuk melatih soft skill agar menjadi pribadi yang lebih berkembang – karena hal ini penting untuk dilakukan. Jadi, pastikan kamu memanfaatkannya dengan baik ya!

 

 

Featured Image - entrepreneur.com