Sejak munculnya pandemi Covid-19 dan dianjurkan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan memunculkan kebijakan work from home atau yang biasa disebut dengan WFH, seringkali menjadikanmu sulit untuk beristirahat.

Bukan hanya pekerjaan yang tidak kunjung henti dan membuatmu mudah lelah.

Penyebab tersebut seringkali dianggap hal yang sepele – tapi ternyata cukup berpengaruh untuk kesehatan mental dan fisikmu, loh! Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari penyebab tersebut agar dapat produktif selama WFH.

Di artikel ini, kamu akan menemukan 5 hal yang menyebabkanmu mudah merasakan lelah selama WFH. Untuk mengetahui penanganan yang tepat, pastikan membaca artikel ini sampai habis, ya!

 

 

#1 – Begadang

Credit Image - bogordaily.net

Pekerjaan yang dilakukan hingga larut membuatmu secara tidak langsung memiliki kebiasaan untuk begadang. Membuat tubuh terjaga sepanjang malam tentunya dapat membuat tubuh kurang istirahat.

Hal tersebut sangat disayangkan, karena tidur merupakan salah satu cara memulihkan energi setiap harinya. Begadang dapat membuat energi tidak terpenuhi 100%, sehingga saat bangun dan beraktivitas – tubuhmu akan terasa mudah lelah.

Beristirahat dan tidur merupakan aktivitas yang diperlukan oleh tubuh. Jadi, jangan sampai kebiasaan ini menjadi penghambatmu untuk tidak produktif ya!

 

#2 – Terlalu banyak Duduk

Kegiatan WFH secara tidak langsung menjadikan kebiasaan duduk terlalu lama dan membuatmu jarang bergerak melakukan hal lainnya karena tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Kebiasaan yang satu inijuga dapat membuat tubuh mudah lelah, loh!

Kebiasaan duduk terlalu lama dapat membuat otot tubuh menjadi lebih kaku sehingga lebih mudah lelah. Agar kebiasaan ini tidak terjadi dalam jangka waktu yang panjang, ada baiknya ketika bekerja – kamu mengambil waktu sebentar untuk diselingi dengan aktivitas lain yang dapat membantumu bergerak dan berenergi.

 

#3 – Kurang Mengonsumsi Air

Credit Image - indozone.id

Tidak bisa dipungkiri, kesibukan yang dirasakan selama melakukan WFH membuat pola hidup menjadi berantakan. Salah satunya adalah kebiasaan kurang minum. Asupan air penting bagi tubuh dan juga fungsi otak.

Dehidrasi yang disebabkan karena kurangnya mengonsumsi air dapat memicu ketidakseimbangan elektrolit – sehingga energi lebih mudah hilang dan membuatmu sulit berkonsentrasi. Untuk itu, ada baiknya kamu menyiapkan segelas atau sebotol air di tempat kamu bekerja di rumah, ya!

 

#4 – Memiliki Pikiran Negatif

Ternyata, salah satu hal yang jarang disadari dan membuatmu merasa mudah lelah adalah membiarkan pikiran negatif menguasai diri. Karena ternyata,pikiran negatif yang membebanimu bisa membuat tubuh kehilangan energi.

Dengan memikirkan hal-hal yang negatif, tubuh akan membuang banyak energi – sehingga kamu akan merasa mudah lelah. Maka dari itu, hindari pikiran negatif agar energi tetap terjaga dan mengganti pikiran negatif dengan hal-hal positif yang membuatmu termotivasi.

 

#5 – Pola Makan Buruk

Credit Image - alodokter.com

Perasaan mudah lelah ketika WFH bisa terjadi karena pola makan yang buruk. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi energi dalam tubuh. Mulai dari waktu mengkonsumsinya, hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula juga dapat membuat tubuh merasa lelah. Makanan dengan kandungan sejenis ini tidak dapat memberikan energi bagi tubuh dengan jangka waktu yang panjang, sehingga membuat tubuh mudah merasa lelah.

Jadi, pastikan menerapkan pola makan yang baik serta mengonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh agar lebih berenergi, seperti mengonsumsi sayur, buah-buahan, daging, serta ikan yang membuat tubuh mudah menyerap energi dan membuatmu untuk tetap produktif.

Untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan vitamin yang ideal, ada baiknya untukmu mengonsumsi suplemen seperti Enervon Active. Multivitamin yang memiliki kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks – terdiri dari Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12, dan juga memiliki kandungan Niacinamide, Kalsium Pantotenat, serta Zinc ini dapat membantumu untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu stamina tubuh agar tidak mudah lelah.

Selain membuatmu tidak mudah lelah, kandungan vitamin dalam Enervon Active dapat membantumu untuk mempertahankan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti Covid-19.

Untuk membeli produk Enervon Active, kamu bisa mengunjungi Official Store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau bisa kunjungi apotek-apotek terdekat di daerahmu.

 

Setelah mengetahui penyebab yang membuatmu mudah lelah selama WFH ini, segera hindari kebiasaan-kebiasaan ini ya, agar kesehatan fisik dan mentalmu tetap terjaga!

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - cnnindonesia.com