Enervoners, apakah saat ini kamu tengah berencana untuk memulai bisnis baru? Mungkin, hal ini bukan perkara yang mudah, apalagi jika berkaitan dengan modal – atau dengan ide usaha kreatif yang tak kunjung ditemukan. Memiliki usaha kreatif penting lho, dengan demikian bisnis yang kamu jalani terlihat lebih menarik dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Namun sayangnya, tidak jarang pebisnis yang justru langsung memulai usaha tanpa adanya perencanaan dan ide bisnis yang matang. Jangan sampai kamu melakukan hal ini, ya! Sebab, tanpa disertai dengan ide usaha kreatif, bisnis kamu berisiko sepi pembeli dan akhirnya gulung tikar. Tentunya, kamu tidak ingin hal tersebut terjadi pada usaha yang dijalani, kan?

Tak perlu khawatir, karena tidak selalu sulit kok untuk menemukan ide usaha kreatif – yang pastinya juga inovatif. Untuk memudahkanmu, berikut ini ada 5 tips yang dapat diterapkan, lho. Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

 

 

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Credit Image - apa.org

Hal pertama yang perlu diterapkan dalam menemukan ide usaha kreatif, yaitu melakukan riset terlebih dahulu. Riset mencakup produk maupun bisnis yang akan kamu jalani, ya. Melakukan penelitian merupakan suatu langkah yang perlu diterapkan untuk memastikan produk dan bisnis yang akan diluncurkan bisa mendapat “tempat” di pasar.

Kamu dapat memanfaatkan media internet melalui fasilitas browsing, yang pastinya mudah digunakan untuk melakukan riset. Cukup mengetik kata kunci yang berkaitan dengan ide usaha kreatif, maka kamu pun sudah bisa menemukan aneka produk sejenis – atau hal yang terkait dengan bisnis kamu.

Dari penelusuran tersebut, kamu dapat lebih mudah untuk memadukan beberapa produk yang sudah ada, kemudian dibentuk kembali menjadi sebuah usaha kreatif dan inovatif. Wah, memang internet punya peran penting, termasuk untuk memastikan ide bisnis benar-benar orisinil. Langkah ini termasuk mudah dilakukan, kan?

 

Belajar dari Kesuksesan Bisnis Lainnya!

Berbagai bisnis yang telah berhasil sukses pasti punya sejumlah keunggulan. Nah, kelebihan yang dimiliki tersebut dapat kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran, lho. Konsep sederhananya, yaitu amati, tiru, dan modifikasi. Jadi, kemana saja kamu pergi, setiap menjumpai ide usaha kreatif yang menarik, maka kamu bisa menirunya – dan dimodifikasi menjadi bisnis yang semakin berkembang.

Pada tahap yang satu ini, kamu juga dapat memikirkan bagaimana cara meniru sebuah bisnis yang telah eksis, kemudian mengganti brand-nya dengan nama yang disukai. Tapi, hindari 100 persen menirunya, kamu tetap dituntut untuk memberikan “nilai tambah” pada usaha kreatif tersebut agar tetap berbeda dari yang lain.

 

Belajar Pula Dari Kesalahan Orang Lain

Credit Image - kerjayuk.com

Menemukan ide usaha kreatif juga dapat dilakukan dengan mempelajari serta menganalisa masalah yang telah dialami pebisnis lainnya, lho. Dari sini, kamu bisa mengetahui hal apa saja yang harus dihindari – dan yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, bisnis bisa berkembang secara maksimal, dan kesuksesan bukan lagi impian semata!

Di tahap ini, kekuatan data yang berisi masukan dari setiap pelanggan juga menjadi hal yang penting. Jika masukan customer baik melalui testimoni langsung, email, chatting, maupun komplain dapat dianalisa dengan tepat, maka kamu pun bisa memunculkan sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran. Jadi, jangan sampai melewatkan langkah yang satu ini, lho.

 

Amati Trend yang Sedang Berkembang

Mencari ide usaha kreatif pastinya tidak luput dari trend yang tengah berkembang sekarang ini. Metode ini pun sudah pasti akan diterapkan oleh setiap pebisnis, ya. Tak hanya yang baru ingin membangun usaha saja, namun bagi yang sudah menjalankan bisnis pun hal ini masih wajib dilakukan. Bukan tanpa alasan, mengikuti perkembangan trend dapat membuat usaha kreatif semakin inovatif dan tidak ketinggalan zaman, nih.

Trend merupakan sesuatu hal yang sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang – dan kejadiannya berdasarkan fakta. Jadi, kamu bisa mengamati trend di lingkungan sosial, politik, atau lingkungan terdekatmu. Kemudian, jadikan trend tersebut menjadi sebuah inspirasi untuk menjalani usaha kreatif yang inovatif.

 

Berpikir Out of The Box

Credit Image - fimela.com

Yang terakhir dan pastinya tidak kalah penting, yaitu menerapkan pola pikir out of box. Mungkin, masih ada yang menganggap sepele langkah yang satu ini, padahal cara berpikir yang berbeda dapat membantumu menemukan ide usaha kreatif – dan juga unik, lho.

Ide-ide kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir normal yang sering kamu jumpai, nih. dalam proses menemukan ide usaha kreatif, maka kamu disarankan untuk berpikir di luar kotak – atau sering juga disebut sebagai out of box thinking. Prinsipnya adalah memikirkan hal yang belum pernah terpikirkan oleh orang lainnya. Jadi, kalau kamu tengah mencari ide usaha kreatif, pastikan sudah melakukan langkah yang satu ini, ya!

Tapi, sebagai pebisnis pastinya kamu memerlukan energi ekstra yang membuatmu tetap aktif dan produktif sepanjang hari. Untuk itu, direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan salah, nutrisi lengkap bisa membantu tubuh tetap berenergi sepanjang hari, lho.

Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active, multivitamin yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc ini mampu menjaga daya tahan tubuhmu di tengah sibuknya bekerja, Loh!

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon Active mampu mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh – sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi, yang tentunya dapat membuatmu produktif dan aktif sepanjang hari dalam menjalani usaha kreatif.

 

Nah, untuk kamu yang tengah berencana membangun bisnis, yuk terapkan 5 tips di atas agar mudah menemukan ide usaha kreatif. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - lifepal.co.id